Menulis di Platform Digital

150 6 0
                                    

Pemateri rizkitaramadan 

Minggu, 26 Juli 2020


Sebagai seorang penulis di era modern ini, kita sudah dimanjakan dengan berbagai platform digital yang memudahkan untuk menuangkan segala ide, dan kreatifitas dalam membuat sebuah karya melalui tulisan. Namun, pertanyaannya adalah, sudahkah kita merasakan manfaat yang sesungguhnya dari berbagai platform tersebut? Untuk itu, di sini aku ingin mengajak teman-teman semua mengulik lebih dalam lagi tentang macam- macam platform digital dan beragam kelebihannya.

Ada banyak sekali platform digital di luaran sana yang memberikan sarana bagi seorang penulis untuk menuangkan karyanya. Aku nggak bisa bahas semuanya, karena bisa sampai subuh nanti kelas kita. Jadi di sini aku hanya akan bahas beberapa di antaranya yang lumayan umum dan populer di kalangan penulis ya—sebenernya populer di antara penulis yang aku kenal aja sih, hehe

1. Wattpad

Nggak usah ditanya lagi, aku yakin semua yang berada di kelas ini pasti sudah kenal dengan aplikasi ini. Menurutku pribadi, wattpad merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan untuk menulis dan membaca. Nggak pakai ribet. Selain mudah, wattpad juga lapak yang paling cepat untuk menarik pembaca. Kalau dilihat di play store, ada lebih dari 100 juta pengguna yang sudah men-download aplikasi ini. Jadi nggak akan sulit untuk mempromosikan cerita dari wattpad.

Susah dapat views di wattpad?

Jangan sedih, ada banyak grup kepenulisan berbasis wattpad yang tujuan utamanya adalah saling feedback, contoh; 300 Days Challenge. Dengan begitu, ceritamu akan mendapat jumlah views yang nantinya akan menarik pembaca- pembaca baru bermunculan. Percayalah, ini sudah kualami.

Selain mudah mendapatkan views, wattpad juga menjadi ajang bagi penulis- penulis baru memulai karya mereka. Karena menulis di wattpad tidak perlu dipusingkan dengan pengajuan sinopsis dll. Yang penting, mulai aja dulu.


2. Storial.co

Storial.co adalah platform menulis dari Indonesia yang memiliki desain yang manis dan nyaman dilihat. Keunggulan dari Storial yaitu, menyediakan fitur storial premium chapter. Di mana penulis bisa memberi harga pada bab yang dikehendaki dan mendapat penghasilan dari penjualan bab tersebut.

Bagaimana cara kerja penjualan bab di Storial?

Storial menggunakan coin sebagai alat tukar untuk bab yang ingin dibaca oleh readers, yang bisa didapatkan dengan berbagai metode yang mereka disediakan.

Seru, 'kan, bisa dapat penghasilan dari hobi menulis?

Eits, tapi nggak semudah itu untuk membuat ceritamu jadi premium di storial. Ada tahapan yang harus dipenuhi, yang pertama adalah mengajukan sinopsis kepada editor melalui email beserta tiga bab pertama dari naskahmu. Nantinya editor akan mengurasi naskahmu untuk dinyatakan lolos dan bisa menjadikan naskah premium.


3. Mangatoon/Noveltoon

Mangatoon/Noveltoon merupakan platform digital paket lengkap kalau menurutku. Tidak hanya novel, MT juga menyediakan bacaan berupa komik yang cukup menarik. Jadi pembaca bisa membaca novel dan komik hanya dengan satu aplikasi. Selain pembaca, tentunya Mangatoon memberikan keuntungan kepada author. Karena karya yang diterbitkan di platform mereka, akan mendapatkan pendapatan dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Untuk mendapatkan banyak keuntung di Mangatoon, penulis dapat mengajukan kontrak yang harus memenuhi beberapa persyaratan. di antaranya:

Seminar Kepenulisan bersama 300 Days ChallengeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang