Pemateri HygeaGalenica
Minggu, 28 Februari 2021
Malam semuanya. Perkenalkan, saya Alfi aka. Hygea Galenica. Saya adalah penulis yang suka genre misteri, horor, dan thriller. Namun suka membaca segala jenis genre cerita.
Malam ini kita akan membahas lebih dalam terkait penokohan. Bedanya, kita akan mempelajari lebih detail bagaimana membuat tokoh yang bisa menarik perhatian pembaca walau mereka sudah menutup buku kita dan menyelesaikannya hingga tamat.
Banyak orang atau penulis yang membagi kriteria tokoh dalam cerita dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang membaginya berdasarkan peran seperti protagonis, antagonis, dan gonis-gonis lainnya. Padahal, kita bisa membaginya menjadi dua bagian saja; tokoh utama dan tokoh pendamping.
Tokoh utama tidak selalu jumlahnya satu, bisa dua, tiga, atau sepuluh kalau mau. Kunci utamanya merekalah yang menggerakan plot cerita dari segi eksternal (konflik utama) maupun internal (konflik tokoh). Sedangkan tokoh pendamping adalah yang mendukung agar jalan cerita berkembang menjadi satu kesatuan yang lebih kokoh.
Lalu, bagaimana caranya membuat tokoh yang kuat, realistis, dan membekas diingatan pembaca?
Tenang saja, aku berhasil mendapatkan formula yang bisa kalian gunakan saat membuat tokoh. Apa itu?
Simpel ... jawabannya adalah biodata tokoh!
Hah? Cuman gitu doang? Itu mah, semua penulis sudah tau cara membuat biodata tokoh, Kak.
Tunggu dulu, para penulis yang budiman ....
Biodata yang berhasil aku dapatkan ini berasal dari salah satu penulis yang cukup eksis di YouTube dan dia berbaik hati memberikannya kepada sesama penulis. Lalu, kegunaan biodata tokoh tidak semata-mata kalian berikan kepada pembaca. Bukan, Zeyeng. Kegunaan biodata tokoh adalah untuk menjadi outline pengembangan tokohmu di dalam cerita. Jangan berikan biodata ala selembar kertas Q&A ke pembaca, tapi kembangkan biodata itu untuk membuat konflik internal. Jika konflik eksternal adalah konflik utama dalam cerita, maka konflik internal adalah pengembangan tokoh atau konflik yang dialami masing-masing tokoh utama dalam ceritamu.
Berikut biodata tokoh utama yang digunakan:
(Sumber, Abbie Emmons. Bisa kalian cek di youtube)
A. THE BASICS
· Nama:
· Peran:
· Deskripsi fisik:
· Umur:
· MBTI/Enneagram Personality Type (tidak wajib):
B. INTERNAL
(Hal-hal penting yang harus kamu ketahui tentang tokohmu)
· Apa ketakutan terbesarnya? (contoh, dia takut kehilangan kekayaannya)
· Apa ambisi terkuatnya? (misal, menguasai dunia)
· Apa pandangannya yang dia percaya akan dunia? (seperti dia percaya uang adalah segalanya)
· Pelajaran kehidupan apa yang harus dia pahami? (misalnya uang tidak bisa membeli cinta dan nyawa)
· Kejadian seperti apa yang membuatnya bahagia?
· Kejadian seperti apa yang membuatnya sedih?
· Apa yang sering membuatnya kecewa kepada lingkungannya/orang lain?
KAMU SEDANG MEMBACA
Seminar Kepenulisan bersama 300 Days Challenge
No FicciónBerbagi ilmu pengetahuan tentang kepenulisan dan dunianya.