One Shot: Gibran's POV

294 65 32
                                    

Saat itu, saat di mana Raka berdiri paling depan buat belain sahabat ceweknya.

Gue ngeliat semuanya.

Gue menyaksikan apa yang udah terjadi atas Raka, Jourdy, dan tentunya bidadari hati gue the one and only: Hasya.

Dan ya, gue ada di kantin kala itu setelah denger cek-coknya Raka sama Hasya pas di kelas. Begonya, gue mutusin buat diem aja. Gini, jadi pengecut.

Tapi untungnya, Raka gak menyadari kehadiran gue, karena gue sengaja ambil spot paling pojok di kantin biar sulit terjangkau oleh Raka sekalipun.

Raka udah keliatan kayak orang kesurupan gitu. Gue sampe bertanya-tanya. Bisa ngamuk juga, tuh, anak? Gue emang baru kali ini ngeliat dia murka semurka-murkanya orang murka. Jourdy sampe abis sama dia, bukan babak belur lagi. Emang udah hampir sekarat. Hahah. Lebay.

Ternyata, penyebabnya cuma satu: Hasya.

Dan Raka yang gue kenal emang ngerhargain perempuan banget. Dia udah lupa kayak gimana rasanya punya ibu, gimana rasanya sayang ibunya semasa beliau hidup, jadi dia ngerasa punya tanggung jawab buat jagain Hasya.

Emang bapakable dia, tuh.

Soal pertengkaran tadi, beritanya emang udah beredar luas.

Belakangan ini, gue lagi batesin interaksi sama temen gue itu.

Makanya, gue ogah buat maju dan ikut-ikutan ngelerai mereka. Selain karena gue belum paham apa pemicunya, ya itu tadi, gue lagi males hubungin Raka.

Gak tau, ya.

Gue lagi pengin menyendiri aja.

Gue lagi sibuk meratapi nasib ini.

Nasib yang bikin gue ngerasain gimana rasanya cinta bertepuk sebelah tangan.

Gimana rasanya dituntut dan diatur ini-itu sama orang tua. Hidup penuh ancaman.

Dan sekarang, gue harus nerima kenyataan lagi kalo orang pertama yang Hasya panggil buat belain dia tuh, ya ... Raka.

Jujur aja, gue bukan kayak Raka yang katanya anti berharap itu. Gue tau karena dia sempet bilang juga sama gue. Dia menghindar banget buat kecewa, jadi gak pernah berharap apa-apa.

Justru, gue selalu ngarepin sesuatu, sekalipun itu gak mungkin bagi gue.

Termasuk jadi nomor satu buat Hasya, jadi orang yang bisa diterima Hasya. Gak muluk-muluk, deh, cuma pengin dilirik sama dia, sesusah itu? Perjuangan gue masih kurang? Gombalan gue masih belum cukup buat bikin dia suka sama gue?

Kenapa? Gue maksa?

Emang itu, kok, yang gue pengin. Gue harus ngelakuin apa pun demi ngedapetin apa yang gue mau selama jalannya bener.

Dan gue punya harapan kalo suatu saat—persetan mungkin atau nggaknya—Hasya bakal bales perasaan gue.

Emangnya salah, ya, kita berharap?

Lagi pula, yang rugi atas pengharapan itu sendiri, ya, gue-gue juga semisal kelak harapannya meleset dan berubah jadi kekecewaan atau bahkan penyesalan.

Selama ini, gue nguber-nguber Hasya karena gue rasa, Hasya gak sepantesnya menyukai orang yang terus-terusan cuekin dia dan gue gak mau seandainya nasib lo persis kayak gue, Ca.

Tanpa disadari, posisi kita lagi sama-sama dicuekin, gak peduli meski kita udah banyak ngasih effort buat orang itu. Kalo bukan kita yang dia ingin, mau kita jungkir balik juga gak akan bisa ngubah apa-apa.

Tanpa disadari juga, gue memandang Hasya ibarat refleksi kehidupan gue. Gue berasa ngaca.

Hasya yang capek karena si Raka susah peka (Lagian siapa suruh naksirin fanboy akut kayak si Kampret satu itu).

Pun gue, yang gak ada capeknya buat ngemis perhatian ke Hasya walaupun dia gak pernah dan gak tertarik menggubris gue.

Kita sama-sama capek.

Capek untuk orang yang gak ngasih timbal balik buat perasaan kita, yang gak ada niatan buat ngehargain kita, yang gak mau ngasih sedikit kesempatannya buat kita maju lebih keras lagi.

Mereka gak jahat, guenya aja yang gak sadar diri udah ditolak sekian kali.

Simple aja, padahal. Gue cuma minta lo balik badan dan sesekali nengok ke belakang. Ini, loh. Ada gue yang udah lama ngincer lo, tapi lo malah nungguin orang yang bahkan menyukai orang lain.

Mungkin ini lah titik akhirnya.

Raka udah nunjukin kepedulian terbesarnya sama Hasya.

Walaupun gue tau kalo Raka masih gak sadar atas apa yang barusan dia lakuin buat Hasya.

Karena, dia bisa bertindak gegabah gitu cuma karena didasari jiwa kesetiakawanan.

Tapi kalo Hasya nganggepnya beda, gimana?


Sekali lagi, gue tekenin, gue gak terima aja kalo Hasya harus berjuang buat orang yang gak berhenti bikin hati dia tergores, yang sedikit demi sedikit lama-lama bikin sakit.

Iya, sakit banget.

Makanya gue memilih buat mundur.

Dan gue akan ngasih kesempatan buat mereka biar seenggaknya, gak lama lagi, mereka makin deket.

Biarin aja.

Gak usah, lah, pikirin keadaan gue.

Permintaan orang tua, jauh lebih penting.

Buat penutup dan akhir dari segala curhatan gue ini: Perjodohan gak selama indah, deeeek. Apalagi kalo lu masih punya orang lain yang berharap bisa lu jadiin pasangan. Tapi nggak akan pernah kewujud karena jodoh lu udah siap di tangan ortu.

Shit men.

***

AU version:

WKWKKW UDH SAATNYA (mundur) ceunah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

WKWKKW UDH SAATNYA (mundur) ceunah

yakin mau mundur gib????

SOULWAVETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang