sialan banget si Gibran malah curi start gue buat ambil alih work ini. padahal gue pemeran utamanya??? kenapa jadi dia yang dikasih POV duluan??? marah ceritanya.
ya udah lah, yang penting lo udah tau kalo sekarang ini, gue yang ngetik dan nyeritain buat lo semua.
oke, gue mulai, dah.
Hasya pernah bilang kalo dia tuh bukan asli orang Bandung, alias penduduk pindahan dari salah satu kota di pulau Jawa, yakni Jakarta.
iya, dia asal sana. kadang, bisa jadi satu-satunya alesan kenapa Hasya gak terlalu fasih berbahasa Sunda, padahal pindahannya lebih duluan dia daripada gue. nggak tau kenapa. gue juga bingung. apa karena gue dulu sering ngumpul bareng orang-orang asli sini dan hampir rutin ngedenger percakapan mereka? makanya jadi lebih cepet kebentuknya.
(fyi ; Hasya emang gak demen keramaian, dia pasti auto preventif. bedanya ama gue, gue masih mau, tapi kekurangannya cuma satu, kalo gue lagi ngumpul, gue lebih banyak nyimak dan males ngambil bagian buat angkat suara. mana kita sama-sama anak tunggal. gak biasa interaksi di rumah, padahal yang harusnya pembiasaan bisa dimulai dari keluarga. udah mah orangtua jauh, berasa ditelantarin. haha. ngenes)
mungkin 99% dari kalian emang baru tau kalo sebenernya gue juga sama kayak Hasya, anak pindahan, dari Jakarta pula.
kenapa bisa? walau transmigrasinya boleh sama, tapi ternyata kalo soal nasib... tetep aja kita beda.
selain itu, kalo soal finansial, harusnya sih, HARUSNYA YA, gue mampu. harusnya bokap gue bisa ngecukupin sesuatu yang di luar kebutuhan gue. jajan-jajan ala anak muda kayak gini contohnya. tau sendiri kalo bocah seumuran gue rata-rata kebanyakan kongkow sana-sini dan ngehamburin duit sia-sia. makanya, emang pengaruh banget dah pergaulan. tapi anak kost tetaplah jadi anak kost yang serba irit. itulah gue.
kemungkinan gede pas awal-awal gue dateng sini, karena mereka tau kalo gue pindahan Jakarta, disangkanya anak kota yang hits dan kece lah di mata mereka. jadinya gue sering diajakin ini-itu. guenya juga yang welcome dan nurut-nurut aja. gak pa-pa, sih. gue juga seneng bisa punya banyak temen. tapi, gue belum kebiasa sama lingkungan di tongkrongan yang ternyata banyak sisi gelapnya itu. dan gue gak mau ikut-ikutan. untungnya, gue udah ngehindarin itu dan berangsur jadi pribadi yang lebih tertutup. apalagi dengan keberadaan Hasya dan Gibran yang bagi gue udah lebih dari cukup. gue jadi ngebatesin soal dengan siapa-siapa gue berteman.
bukannya gimana-gimana, gue cuma mau jaga diri dari keburukan dan berusaha ngirit biar sekiranya nggak ngerepotin orangtua. walau kadang, gue sadar kalo gue sering ngerepotin si Hasya. hehe. maaf, Sya.
kalo mau dikulik lebih dalem lagi, buat apa gue dipindahin ke Bandung? katanya buat nyari SMA. udah, gitu aja.
gue gak nolak. gue gak ngebantah. gue cuma mau ikutin alurnya aja dan berusaha betah di sini karena lebih gampang liat Bunda. dan ternyata, gue seolah-olah gak diizinin buat tinggal serumah bareng bokap. gue cuma dititipin duit sekian jumlah buat nyewa kostan, tadinya sih buat sementara waktu, eh tau-tau udah mau jalan tiga tahun, aja, gue terasingkan di sini.
sementara bokap? kabarnya dia masih sibuk ngurus kerjaan di luar negeri. gue gak tau pasti di negara mana, gue udah sering dan capek nanya-nanya yang berujung dicuekin. nyesek sekaligus pasrah sih.
emang janggal. tapi kan... apalagi yang bikin gue masih bisa hidup selain karena bokap yang kerja jauh-jauh di ujung sana? gue mah tinggal terima jadi...
oh, iya. katanya, sih, gue lahir di sini dan tinggal di Bandung sampe umur berapa gitu... pokoknya, gak jauh-jauh dari umur 6 tahun karena gue sempet sekolah di SD sekitar Bandung. gak tau, ya. berdasarkan cerita beberapa kerabat yang gue kenal deket, ya begitulah. mungkin emang karena bokap mutusin buat pindah ke Jakarta setelah Bunda wafat dan dimakamin di sini, di Bandung. mungkin doi mau move on kali, ya.
gue gak bisa ngelarang, sih. gue yang masih kecil saat itu, belum ngerti apa-apa. jadi, cuma bisa ngikut aja. tapi untungnya, gue masih dikasih tau kalo gue punya Bunda yang sayangnya udah gak bisa dipeluk secara langsung selayaknya dulu. cuma bisa lewat mimpi. kalaupun adanya demikian, gue udah bersyukur sebesar-besarnya masih dikasih kesempatan buat liat Bunda.
meskipun gue gak dikasih tau kenapa Bunda bisa-bisanya ninggalin gue. maksudnya, kenapa... karena apa?
ah, gue alihin dulu aja kali, ya.
enaknya ngomongin apa?
masih ada yang perlu ditanyain soal kehidupan pribadi gue yang mesti gue bongkar? yang mungkin dulur-dulur sekalian belum pernah denger dari mana pun selain gue yang jadi narasumbernya? hahaha.
ah. gue punya ide!
besok-besok gue mau ceritain gimana awal-awal gue ketemu si duo cunguk itu.
Gibran ama Hasya.
oke gak? oke, dong.
***
bikin kyk gini cuma selingan aja soalnya chapter yg ngikut alur masih on process. seru2an ajaaa anggep mereka lagi ngobrol sama klen
*cuma republish dari curhatan raka di acc twittnya
KAMU SEDANG MEMBACA
SOULWAVE
Teen FictionHow does it feel when the someone who gave you the best memories, becomes a memory? Cover made by @simplifikasi on insta © 139zahraas, 2022. Written in Indonesian.