expectation vs reality

80 14 36
                                    

Siang ini Sobin udah sampai dirumah sakit buat nengok neneknya yang katanya udah siuman setelah 3 hari. Sobin lega dengernya tapi yang dia aneh ternyata Arin udah disana ngobrol akrab sama neneknya.

"eh Sobin sini, Aretha udah dari tadi lho disini nemenin nenek. Katanya kamu sibuk banget makanya baru sempet kesini." Mikaela Bintara nenek Sobin berujar antusias.

"iya maaf ya nek, nenek udah ngerasa baikan?" yang diangguki wanita itu.

"nenek bahkan udah nggak sabar pengen pulang." Sahut wanita itu. Oh iya sejak kapan kalian pacaran? Kamu sengaja mau kasih surprise ke nenek ya?" Pertanyaan nyonya Mikaela ngebuat Arin sama Sobin saling pandang.

"kenapa emangnya nek? Kita belum lama kok pacarannya." Sahut Arin akhirnya.

"enggak, nenek cuma pengen kalian cepetan nikah aja." Celetuknya.

"aduh nenek, jangan mikir yang aneh-aneh deh. Paling penting sekarang nenek sehat dulu." Sobin berusaha menghindar.

"ck nenek serius Shailendra, kamu itu udah cukup umur buat nikah. Selagi nenek ada umur jadi nenek pengen liat kamu itu nikah. Biar hidup kamu nggak lempeng aja kayak triplek." Ucap wanita itu serius.

"aku belum mikir buat nikah nek, Arin juga belum tentu cocok sama aku." Elak Sobin.

"nenek yakin kamu yang merasa nggak cocok sama Arin kan? Sampai kapan nenek harus nunggu kamu?" wanita itu berujar lelah.

"kita bahas ini lain kali aja nek." pinta Sobin.

"boleh aku ngobrol sebentar sama pak Shailendra nek?" Izin Arin.

"mau ngobrol apa? Disini kan bisa." Sobin menolak.

"ck ayolah pak, bentar aja kok. Sebentar ya nek." Arin langsung narik Sobin keluar kamar rawat neneknya.

"kamu ini kenapa?"

"kita nggak ada perjanjian apapun lho soal ini pak, kalau bapak sampai setuju saya beneran bakalan bongkar kebohongan bapak." Ancam Arin.

"loh ini juga bukan kesalahan saya aja, kamu juga ikut andil dalam masalah ini." Sobin nggak terima disalahkan.

"ya kalau sampai bapak setuju enak dibapak dong, kasihlah saya keuntungan juga pak semisal bapak nggak mau ini saya bongkar." Arin coba bernego.

"sebelum itu saya mau tanya dulu, kenapa kamu selalu ada disini? Kamu nggak pernah pulang atau kamu emang kerja disini?" Sobin menatap Arin curiga.

"saya tinggal disini sementara, saya lagi cari rumah berhubung rumah bapak nggak bisa saya sewa." Aku Arin.

"tinggal disini? Kenapa nggak tinggal di asrama?" Sobin bingung dengan penjelasan Arin.

"bapak lupa saya nggak lulus? Otomatis kalau saya nggak lulus ya saya nggak boleh tinggal di asrama dong pak." Arin gemas sendiri sama ke tidak pekaan Sobin.

"ya kamu sewa flat lah atau apa."

"pak uang saya kan dibawa kabur sepupu saya, kemarin bapak juga kan yang nemenin saya ke kantor polisi. Umur bapak berapa sih? Gitu aja udah lupa." Arin kembali mengingatkan.

"jadi uang kamu beneran kamu transfer semua ke orang itu?" Sobin masih heran kenapa mahasiswinya ini mau aja tinggal dirumah sakit.

"ya enggak, tapi kan kalau mau nyewa flat uang saya belum cukup pak." Arin lama-lama jengkel. "kalau bapak nggak punya solusi buat saya mending jangan kepo deh." Pungkas Arin.

"saya punya solusi buat kamu." Ucap Sobin tiba-tiba. "kamu boleh tinggal dirumah saya selama sebulan asalkan kamu jangan bongkar ini ke nenek gimana? Win-win solution kan?" Tawar Sobin kemudian.

"bapak yakin? Bapak nggak lagi migrain kan? Jangan-jangan bapak sakit lagi makanya nyuruh saya bohong. Bukannya bapak paling nggak suka bohong? Kenapa sekarang ngebet banget nyuruh saya bohong?" cecar Arin.

"tinggal bilang mau apa enggak? Kamu dapet tempat tinggal saya bisa nyenengin nenek. Lagian kamu kan yang bilang kalau bohong demi kebaikan itu nggak masalah." Sobin beralasan.

"yaudah deh iya, tapi beneran ya sebulan saya bisa tinggal dirumah bapak." Arin kembali memastikan ucapan Sobin.

"iya kalau perlu kita bikin perjanjian pulang dari sini." Tukas Sobin kemudian mengajak Arin bersalaman.
.
.
.

"makasih lho pak, saya janji deh bakal bantuin bapak bebersih rumah. Anggep aja saya nggak ada kalau bapak merasa risih." Arin udah duduk disofa.

"nih tanda tangan disini. Perjanjian kamu boleh tinggal disini selama 1 bulan." Sobin ternyata udah nyiapin perjanjian buat mereka.

"tapi kenapa bapak tetiba baik banget sama saya?"

"ya secara nggak langsung kan saya terlibat dalam kasus penipuan yang kamu alami. Saya emang tegas tapi saya masih punya hati buat biarin mahasiswi saya tidur dijalanan." Sobin mencari alasan.

"jadi dimana saya harus tanda tangan?" Arin udah pegang pena.

"disini." Sobin nunjuk bagian bawah tulisan pihak kedua.
.
.
.

Pagi hari Arin dibuat gaduh karena dia yang lagi-lagi kesiangan. Mana pas dia keluar dari ruang baca Sobin udah rapi banget lagi. Arin udah nawarin buat bikin sarapan tapi ditolak sama lelaki itu dengan alasan dia udah telat.

"tapi bapak biasa sarapan kan katanya kemarin? Saya buatin ya nggak lama kok." bujuk Arin.

"memang, tapi saya memilih untuk nggak sarapan daripada telat. Udah saya mau kerja kamu terserah mau ngapain." Pamit Sobin sebelum berlalu keluar.

"siyi minding nggik siripin diripidi tilit, laper gue sukurin lo." cibir Arin gondok. "sabar rin, orang cantik nggak boleh marah-marah." Arin menenangkan dirinya.

Sekitar jam 5 sore Sobin baru nyampe rumah lagi dan kaget sama tatanan rumahnya yang udah berubah. Ada tambahan partisi yang misahin antara dapur dan ruang tamunya.

 Ada tambahan partisi yang misahin antara dapur dan ruang tamunya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Lalu ada beberapa foto masa kecilnya yang dipajang dipartisi itu. Sobin yakin ini partisi pesenan dia tempo hari tapi kenapa bisa Arin nemuin fotonya? Padahal seingat Sobin dia udah nyimpen foto lama itu di gudang.

"oh bapak udah pulang? Tadi ada yang nganterin itu terus karena saya bingung mau diisi apa jadi sebagian buku diruang baca saya pindahin kesini."

"gimana kamu bisa tau tempat foto lama saya?" Sobin balik bertanya.

"oh tadi pas nau nyari vacuum cleaner nggak sengaja nemu, lagian kenapa nggak dipajang aja sih pak. Bapak dulu lucu ya, sekarang..." Arin menggantung kalimatnya.

"kamu udah masak?" Sobin milih buat nggak nanggepin ucapan Arin.

"tentu sudah pak dosen. Mau makan sekarang? Mending bapak mandi dulu, bau pak." Gurau Arin yang dibalas dengusan.

"awas aja kalau masakan kamu nggak enak." Ucap Sobin sebelum berlalu ke kamar mandi.

Keduanya menikmati masakan Arin dengan hikmat. Sobin yang biasanya banyak protes pun lebih banyak diam. Mungkin efek lapar kan nggak sarapan.

"gimana pak? Enak kan, kalau bapak nggak protes berarti masakan saya enak."

"hm...lumayan daripada nggak makan."

Bilang aja enak, gitu aja gengsi

Secret BrideTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang