pilihan

77 13 29
                                    

"pokoknya nenek nggak mau tau, kalian harus segera nikah." tukas nyonya Mikaela.

"nek aku udah bilang kan, kita belum tentu cocok. Lagipula Arin nggak termasuk dalam kriteria aku." Sobin masih menolak usul neneknya.

"emang kriteria kamu gimana? Menurut nenek Aretha udah serasi kok sama kamu. Kamunya aja yang terlalu pemilih." sanggah nyonya Mikaela.

"tingginya paling cuma 160, rambutnya terlalu panjang, dia juga masih belum dewasa nek. Jauh dari kriteria." Sobin berusaha meyakinkan neneknya kalau dia dan Arin nggak cocok.

"terus kenapa kalian pacaran kalau dia bukan tipe kamu?" skak Sobin nggak bisa jawab.

"ya..."

"nggak usah banyak alasan, kalau Aretha dateng nanti nenek bakal tanyain kenapa kalian bisa pacaran." tegas Mikaela. 

"nenek!" Sapa Arin pas buka pintu.

"Aretha, nenek kira kamu nggak akan dateng. Sini deh nenek mau ngobrol sama kamu." Mikaela nyuruh Arin buat ngedeket.

"kenapa? Nenek mau aku ngapain?" Arin agaknya penasaran karena muka Sobin seakan berkata buat nggak nanggepin apapun omongan neneknya.

"kamu sama Sobin kenapa bisa pacaran?"

"eh ya karena pak Sobin baik nek sama aku, iya sih aku bukan tipenya tapi masalah pacaran kan nggak harus dari tipenya atau bukan. Semisal nggak cocok–"

"kalian cocok kok, jadi nenek pengen kalian nikah bulan depan. Mau ya kan kamu bilang cucu nenek baik." Mikaela membujuk gadis itu.

"tapi nek..."

"kalau kalian nggak mau nikah, nenek juga nggak mau pulang." Rajuk nyonya Mikaela.

Baru juga Sobin mau mangap Arin udah duluan ngomong "iyadeh nek, asal nenek mau pulang ya.. Nenek kan udah sembuh jadi harus pulang dong. Kasihan rumahnya kalau kosong lama."

"bagus, sekarang nenek punya tugas buat kamu tolong beliin ini ya. Nenek kan udah mau pulang jadi seenggaknya pas nenek sampe rumah besok udah ada semuanya." Ujar nyonya Mikaela.

"siap nek, serahin aja semuanya sama aku." Sahut Arin ceria.

"kamu temenin Aretha belanja, pesenan nenek banyak nggak mungkin kan dia ngangkat belanjaan sendiri." Tuding nyonya Mikaela pada cucunya.

"oh nggak perlu nek–"

"perlu dong, selain nemenin kamu dia juga yang bakal bayar belanjaan. Masa iya kamu yang bayar." Potongnya pada ucapan Arin.

"terus siapa yang jagain nenek disini?" Sobin masih berusaha menghindar.

"ada suster, dokter disini juga pasti jagain nenek. Nggak usah lebay kamu." Mikaela meyakinkan. "udah sana buruan, kalau udah selesai belanjanya langsung pulang aja." Lanjut wanita itu.

"tapi nek..."

"kamu perlu pinter nilai orang dari ketidak sempurnaannya." pesan nenek sebelum membiarkan cucunya pergi.

Akhirnya setelah paksaan sang nenek Sobin mau nemenin Arin belanja. Tapi payahnya karena Sobin itu Mr. Perfect jadi dia bisa ngabisin waktu 10 menit cuma buat milih handuk. Beruntung ada Arin jadi mereka cuma butuh waktu 30 menit buat belanja semua pesenan nenek.

"jago juga kamu, biasanya saya harus 2 jam kalau belanja." Sobin terdengar kagum.

"ngapain pak belanja segini sampe 2 jam? Nggak semuanya harus dibuat pusing pak." Sahut Arin pas mereka udah antri bayar.

"etto... Bisa ibu dulu nggak yang bayar? Udah diburu waktu nih, boleh ya?" Sela pembeli dibelakang mereka.

"oh silakan bu." Arin langsung mempersilakan ibu itu buat bayar lebih dulu.

"makasih ya..."

"totalnya 350 ribu bu." kasir yang melayani nyebutin nominal yang harus si ibu bayar.

"aduh uang saya kurang 50 mana dompet ada dimobil, mau dibatal juga saya butuh semua." Ucap ibu itu bingung.

"pak pinjem uang dong." Bisik Arin.

"buat apa? Kita belum bayar, saya nggak mau bayarin punya orang." Balas Sobin.

"ck.. Udah pinjemin aja kenapa sih, nggak bakal rugi ini." Paksa Arin, sementara Sobin akhirnya ngeluarin uang 50ribu dari dompetnya.

"jadi gimana bu? Atau ada yang mau dibatal dulu baru nanti beli lagi." saran kasirnya.

"bu saya ada 50 ribu pake aja dulu." Arin menyodorkan uang itu.

"oh yaampun makasih cantik, nanti ibu balikin abis ini. Kamu bisa pegang janji ibu. Tunggu sebentar ya." Si ibu langsung melesat pergi setelah urusannya selesai.
.
.
.

"mana dia nggak balik kesini kan?" Gerutu Sobin.

"bapak ngeluh mulu deh, tungguin bentar baru juga 15 menit pak." Arin menahan Sobin yang udah mau pergi.

"kamu itu perlu belajar dari pengalaman, jangan terlalu percaya sama orang kalau kayak gini kita juga kan yang rugi." Ceramah Sobin.

"nggak ada kata rugi dalam berbuat baik pak, mungkin emang ibunya butuh uang juga kita nggak tau kan. Lagian kalau berbuat baik ada ruginya hidup bapak bakal bosenin pak."

"anak cantik, aduh ibu cariin kesana taunya disini. Ibu pikir kamu udah pergi, ini uang yang ibu pinjem tadi sama ibu kebetulan kelebihan beli madu jadi buat kamu aja. Makasih ya kalau gitu ibu duluan." si ibu balik ninggalin Arin sama Sobin setelah ngembaliin uangnya.

"tuh pak benerkan aku bilang, berbuat baik itu nggak rugi." Arin nyodorin uang yang dikasih sama ibu tadi ke Sobin.

"iya..iya.. Sekarang ayo pulang." Sobin ngambil kantong belanjaan yang dibawa Arin lalu mendahuluinya.

"sayangnya lo dosen gue coba bukan pak, udah gue pacarin beneran." batin Arin sambil nyusul Sobin.
.
.
.

"haah kamu emang bisa tidur dimana aja ya..." monolog Sobin pas ngeliat kursi penumpang dan Arin yang pules.

"kamu perlu pinter nilai orang dari ketidak sempurnaannya."

"tuh pak benerkan aku bilang, berbuat baik itu nggak rugi."

Ucapan sang nenek dan Arin agaknya ngebuat Sobin akhirnya ngambil keputusan. "Arin... Ayo kita nikah." yang cuma dibalas deheman sama Arin karena nyawanya belum kumpul.

"hah gimana pak?" mata Arin mendadak cerah pas sadar sama pernyataan Sobin.

"iya, kamu bilang mau nurutin nenek kan? Jadi ayo nikah sama saya." Sobin menatap Arin lagi lalu kembali fokus pada jalanan.

"bapak mabuk ya? Kan udah saya bilang itu cuma biar nenek mau pulang aja pak."

"iya tau, lagian nikah yang saya maksud itu nikah kontrak. Jadi kita bisa pisah dalam jangka waktu tertentu." ucap Sobin lagi.

"tapi pak..." Arin masih ragu.

"perjanjian soal rumah juga bakal habis kalau kamu pisah sama saya." Tawar Sobin. "Adil kan?" Lanjutnya.

"saya pikirin dulu deh pak. Bukan masalah rumah tapi–gue takut baper beneran pak ah elah." batin Arin dikalimat terakhirnya.

"iya terserah kamu, tapi saya bakal ganti surat perjanjian rumah dengan yang baru." Mantap Sobin sementara Arin udah berfantasi sendiri seandainya dia beneran nikah sama dosennya itu.

Baper juga gapapa rin, ganteng ini dosen lo

Secret BrideTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang