Bruk!
"Aadduuuuhh....sakit anjir! " Gue tepuk tuh lantai karena kesal. Eh, tambah sakit nih tangan gue. Bego amat dah gue.
Gue ngumpulin nyawa gue yang masih belum sempurna kembali ke tubuh gue.
Gue bangkit dari lantai dan duduk dipinggiran kasur gue. Badan gue sakit semua gegara jatuh dari kasur.
Sampai gue lupa kan tadi itu gue lagi mimpiin apa ya? Ah, gara-gara jatuh gue jadi lapar nih. Eh, apa hubungannya ya?
Gue ngelihat jam di dinding kamar gue, jam dua belas malam kurang lima menit. Ya jelaslah gue lapar, gue kan dari tadi siang belum makan.
Lebih baik gue cari makanan di dapur daripada gue gak bisa tidur lagi karena kelaparan.
Gue keluar dari kamar. Nurunin anak tangga dan ngelangkah ke dapur. Jam segini tentu aja sepi, mereka udah masuk kedalam alam mimpinya masing-masing.
Eh, gue berhenti karena ngelihat sedikit cahaya dari sebuah ruangan di samping tangga, itu ruang kerjanya Om Andra. Kalau gue kedapur, gue ngelewatin ruangan itu.
Ketika gue udah berdiri di depan pintu ruangan yang sedikit kebuka itu, gue ngintip kedalam. Dari sini gue bisa lihat sosok pria yang lagi fokus dengan laptopnya, matanya udah terlihat merah.
Buat kesekian kalinya gue terenyuh ngelihatnya. Satu lagi yang baru gue tahu tentang Om Andra. Dia rela ngurangin waktu istirahatnya buat nyelesaiin kerjaannya dimalam hari, karena disaat anak-anaknya terbangun, dia akan selalu memberikan seluruh waktunya buat anak-anaknya.
Gue baru tahu itu sekarang. Gue emang gak pernah ngelihat Om Andra sibuk dengan kerjaannya. Di pagi hari sebelum gue sekolah, dia setia duduk bareng kami nungguin kami sarapan, sesekali juga baca koran atau nonton TV. Sore pulang kerja juga duduk bareng anak-anaknya, malam juga begitu. Sampai gue berfikir itu orang gak punya kerjaan ya, santai amat hidupnya. Bahkan hari minggu aja dia habisin bermain sama keempat adik gue, juga kadang ngantarin Mama belanja bulanan.
Dan sekarang gue tau, dia nyelesaiin kerjaannya dimalam hari supaya gak ngurangin waktunya bersama anak-anaknya. Ya Allah, sungguh baik dia.
Gak tega gue ngelihat Om Andra yang terlihat nahan kantuk. Sesekali juga dia nguap, matanya udah berair karena kantuk yang udah nyerang dia. Gue gak mau lihat dia sampai sakit. Tidak....
"Ayah.... " Gue nyelonong masuk ngehampiri dia, lalu tanpa ragu meluk dia. Entah bisikan darimana lidah gue dengan lancarnya menyebut kata itu.
Ya. Dia Ayah gue. Ayah yang terbaik, yang gue sayangi, gue cintai. Gue akui dia Ayah gue. Sekali lagi, DIA AYAH GUE.
Om Andra, eh. Ayah gue ini seketika kaget, gue ngerasa dia terlonjak karena tiba-tiba gue meluk dia. Tapi beberapa detik kemudian dia ngebalas pelukan gue sambil ngusap kepala gue.
"Kamu kenapa sayang? " ucapnya yang kedengar khawatir. Oh......gue gak kenapa-kenapa, gak perlu Ayah khawatir Yah.
"Apa kamu mimpi buruk nak?" tanya Om Andra lagi.
Gue menggeleng dalam dekapannya, gue sembunyiin wajah gue di dada bidangnya yang kokoh ini, entah kenapa gue kembali menangis disana.
Om Andra gak bersuara lagi, dia ngusap terus kepala gue dan meluk gue erat. Mencoba nenangin gue.
Gak butuh waktu lama gue kembali tenang."Amora minta maaf Yah, selama ini Amora begitu membenci Ayah, Amora nggak pernah ngehormatin Ayah. Maaf Yah, Amora selalu berkata ketus menyakiti perasaan Ayah, selalu mengabaikan Ayah, nggak pernah ngehargai segala usaha yang Ayah lakukan buat Amora. Maaf untuk segala kesalahan Amora yang begitu banyak hingga Amora sendiri nggak bisa nyebutin semuanya Yah. Amora sungguh sangat banyak salah ke Ayah. Maaf....maaf Yah.... " Masih tersedu-sedu gue ngomong panjang lebar memohon maaf yang sungguh-sungguh.
KAMU SEDANG MEMBACA
AMORA
Подростковая литература[PROSES REVISI] Hidup adalah sebuah misteri, dan kematian adalah hal yang pasti. Semua yang datang akan pergi, dan semua yang bernyawa akan pasti mati. Kita tidak bisa memaksakan sesuatu yang menurut kita baik, dan kita tidak bisa menahan orang yang...