part 55

154 18 3
                                    


Mohon tinggalkan jejak sebelum atau sesudah membaca.


Pulang sekolah gue udah niat mau ke makam Papa, di halte yang gak jauh dari sekolah gue, gue nungguin angkot umum yang melewati pemakaman tempat Papa gue dimakamkan disana.

15 menit gue menunggu akhirnya datang juga tuh si abang angkot. Gue langsung masuk dan dibawa jalan-jalan. Eh.

Cuma sepuluh menit, gue turun dari angkot setelah minta diberhentiin, gak lupa gue bayar.

Memasuki pemakaman, gue jalan menghampiri tempat peristirahatan Papa, sebenarnya trauma yang gue alami masih gue rasain sih, takut pergi sendirian begini. Tapi apalah daya gue mau ngobrol sama Papa meski gak ada jawaban.

Bagi diri gue pribadi, mengunjungi makam Papa dan bercerita segala keluh kesah gue disana adalah hal yang ngebuat gue sedikit lega, beban yang berat yang gue pikul sendiri perlahan terasa ringan kalau udah  gue tumpahin semua di depan makam Papa.

Gue ngehentiin langkah gue ketika ngelihat ada seseorang yang berada di makamnya Papa. Siapa lelaki itu?

Karena dari sini gue gak bisa lihat wajahnya dikarenakan itu orang ngebelakangin gue .

Dengan pelan-pelan gue ngelangkah mendekati makam Papa, trus bersembunyi dibalik pohon yang tepat berada di samping makamnya Papa ini.

Gak ada suara yang gue dengar dibalik pohon ini, tu orang siapa dan mau ngapain ya? Gue ngintip buat lihat dia ngapain di samping makam Papa gue. Dibilang tukang bersih-bersih, ya gak mungkin. Masa tukang bersihin kuburan pake jas kerja kantoran? Gaya amat tuh tukang bersih-bersihnya.

Dari sini gue bisa ngelihat jelas orangnya meski masih belum bisa gue lihat wajahnya. Dari postur tubuh bagian belakangnya sepertinya gue kenal.

"Assalamu'alaikum Mas Mus" ucap lelaki itu setelah ngusap wajahnya dengan kedua telapak tangannya.

Oh, barusan lagi berdoa, makasih deh udah ngirimin doa buat Papa gue. Eh, tunggu gue kenal tuh suaranya.

"Mas,  maafkan saya yang belum mampu jadi Ayah terbaik buat anak-anak Mas, saya masih belum bisa melakukan segala hal yang pernah Mas lakukan buat anak-anak. Jujur Mas saya juga ingin melakukan yang terbaik untuk mereka. Kebahagiaan mereka adalah hidup saya Mas. Demi Mas Mus saya menyayangi mereka, berkali-kali saya berjanji disini akan menjaga mereka. Membahagiakan mereka, memenuhi segala kebutuhan mereka"

Gue melongo kek orang bodoh ngedengar ucapan Om Andra. Mau saja gue teriak apa yang di bilangnya itu tidak benar. Dia udah ngelakuin yang terbaik buat gue, buat adek-adek gue, buat Mama, lalu kenapa dia masih ngerasa belum mampu?

"Terkadang saya menyerah buat ngehadapin Amora, putri kecil Mas yang udah beranjak remaja. Tapi rasa sayang saya sangat besar untuk dia Mas. Tingkahnya terkadang buat saya menjadi tambah bersabar. Hehe.... Amora anak yang baik, gadis yang kuat. Seperti Mamanya. Saya tau Amora bersikap kasar dan selalu ngehindar dan ketus sama saya itu karena dia ingin melindungi Mama dan juga adek-adeknya dari orang jahat, dia takut saya akan menyakiti orang yang dia sayang. Gadis itu memang luar biasa ya Mas? "

Gue masih diam ditempat, mematung gak bisa bergerak seketika, kaki gue udah rasa lemas.  Bahunya tampak bergetar, apa Om Andra nangis? Ya Allah gue ngerasa sangat berdosa.

"Saya tau hatinya itu halus, lemah lembut, dan penyayang. Makasih udah mengajarkan Amora tentang hidup Mas, makasih udah mendidik putri kecil yang cantik itu akan agama, saya selalu berjuang mencoba melanjutkan pendidikan untuk Amora yang tidak bisa Mas teruskan lagi, meski tidak pernah didengar oleh gadis itu. Hm.... Saya yakin perlahan Amora bisa menerima saya, benar begitu kan Mas? "

AMORATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang