Bab 4. batagor dan es cekek

8.8K 1.2K 72
                                    

"lo ngapain buka baju di sana heh"

tetap dengan kegiatan nya membuka baju azzam melirik gue sekilas.

"keran air nya tadi rusak, jadi baju saya basah" 

"terus lo mau telanjang dada sampe ke kamar?" 

kenapa baju nya gk di pake aja sih sampe kamar, heran gue padahal baju nya gk basah basah amat, kenapa ni manusia 1 lebay banget dah.

"pinjem handuk kamu, nanti di kamar saya balikin"

"nih ambil"

sambil memberikan handuk yang ku bawa tadi, untung tuh handuk bersih plus wangi karna baru di cuci coba kalo bau kan gue yang malu. bingung gue sama ni manusia 1, kalo gk ada gue dia minjem handuk kesiapa coba? ko bisa-bisa nya santai gitu, mana kada ada orang lain selain gue lagi yang mandi.

setelah nya gue sama azzam lagi-lagi jalan bersisian menuju kamar karna kan kita satu kamar.

"kamu pake sabun apa? wangi nya ke cium sampe sini" setelah beberapa langkah kita berjalan dan dia menanyakan hal rendom apa ini.

wangi kata nya? sumpah gk jelas banget, di kira gue cewek apa yang peduli sama wangi. wah gila nih orang bener-bener bikin kesel.

"kepo"

"kalo ini pewangi pakaian pake merek apa? wangi nya nempel di handuk sama baju kamu kaya nya. gk ilang-ilang juga wangi nya?"

oke fix ucapan nya tambah gk jelas banget, gue kesel sekarang kenpa ni anak kasih pertanyaan-pertanyaan rendom begitu sih. 

sebelum gue jawab ternyata kita udah sampe kamar.

"nih, terimam kasih"

setelah nya dia memberikan handuk yang tadi menutup badan, lalu setelah nya dia berganti pakaian dan menyimpan baju basah tadi diembernya. ni anak gimana sih harus nya baju basah itu di jemur dulu atau langsung di cuci biar engga ada bintik-bintik hitam nya nanti. huh begitu saja tidak tau. gerutu ku dalam hati.

"nanti malam saya cuci baju nya, kalau sekarang tidak akan keburu" 

padahal gue gk mengutarakan apa yang gue pikirin tapi ko bisa dia tau apa yang gue pikirin ya? atau jangan-jangan dia cenayang? 

"saya tau apa yang kamu pikirin karna lihat gerak-gerik kamu, saya bukan cenayang ko" 

nah lo ko dia tau lagi. wah bener-bener gak beres nih orang. tanpa peduli azzam gue langsung siap-siap untuk solat magrib berjamaah, mengganti baju dan juga menyisir rambut, gue juga semprotin minyak wangi di baju gue. cakep tetep harus nomer satu kapan pun dan di mana pun. azzam pun melakukan hal yang sama sebelum berangkat ke masjid. tak lupa dengan peci putih juga ya. 

sekarang ini gue jalan beriringan bareng azzam tanpa ada perbincangan apapun. setelah sampai masjid kita juga duduk bersebelahan di baris pertama. udah gue bilang kan kalo gue ini anak baik plus nakal di waktu bersasamaan. inti nya gue tuh bisa menyesuaikan diri dalam hal apapun.

setelah solat magrib selesai gue dan azzam berpisah karna gue mulai ngaji duluan, dan dia akan tetap di masjid untuk taujihat nya.

karna pembagian kelas belum di tentukan maka santri lama masih mengaji menggunakan marhalah sebelum nya. biasa nya seminggu setelah efektif baru ada kelas baru, sekalian penentuan marhalah untuk santri baru.

20.00 semua santri bubar mengaji dan bersiap melakukan solat berjamaah isya, begitu pun dengan gue yang udah duduk tenang di barisan depan. tak lama setelah nya azzam ikut duduk di samping gue. kita gk ngobrol apapun karna sedang adzan.

selesai solat isya bersama semua nya bubar, ada yang langsung menuju kamar, ada yang langsung jajan ke kantin bahkan ada juga yang mandi atau menyuci. gue sama azzam udah di kamar sekarang, dan azzam juga sudah mencuci baju basah nya tadi. untuk jemur baju biasa nya di atas lantai 4, berhubung sekarang sudah malam dan cukup ngeri juga kalo ke atas cuma ber 2 jadi gue suruh azzam jemur di jendela dulu besok pagi bisa di pindah hin.

"assalamualaikum pengumuman-pengumuman untuk santri baru putra asrama 1 segera berkumpul di mi ruang 3, 4 dan 5. untuk melakukan tes pentuan marhalah" pengumunan sampai 2x. 

itu pengumunan dari kantor dewan santri, kalo ada pengumuman penting memang harus ke kantor dewan santri.

"lo tau mi di mana?" tanya gue, kasian juga kan kalo dia nanti  nyasar-nyasar.

"belum tau" ucap nya sambil berganti baju menggunakan koko putih lagi, karna tadi dia sempet nyuci.

"ya udah ayo gue anter"

setelah berpakaian rapih gue nganter azzam ke mi dan di sana sudah daftar nama yang menunjukan kalu azzam harus keruang 3. 

"lo masuk aja, gue tinggal jajan dulu. ntar gue samper lagi kalo inget"

gue pergi gitu aja setelah ngucapin kalimat itu, azzam pun langsung masuk sambil membawa pulpen dan buku. sebenar nya tes untuk penentuan kelas tuh gk ribet ko. cuma baca tulis al-quran dan pertanyaan lain nya. kelas di tentukan kemampuan masing-masih. mungkin kalo azzam akan di beri pertanyaan cukup banyak karna sebelum nya dia pernah mondok juga. di pikir-pikir azzam tuh kan pinter mungkin dia bakal 1 marhalah sama gue kaya nya, wah gawat nih.

aku dan rizza sudah pasti 1 marhalah, karna sebelum nya kita berada di marhalah ibtidayah 3 maka sudah pasti untuk 3 tahun kedepan kita masuk marhalah mutawasittoh 1, 2 dan 3.

jadi begini biasa nya santri baru kelas 7 atau pun kelas 10 itu masuk ibtidayah terlebih dahulu misal kelas 7 berada di ibtidahay 1 maka ketika dia kelas 2 akan naik ke marhalah ibtidayah 2 begitu pun setelah kelas 3 maka dia akan naik ke ibtidayah 3. cuma teman dan wali marhalah pasti di ubah. misal jika kelas 7 dia masuk marhalah ibtidayah 1-1 maka ketika kelas 8 belum tentun dia masuk marhalah ibtidayah 2-1 lagi, bisa jadi ke ibtidayah 2-2 atau 2-3, semua tergantung kemampuan biasa nya.

kalau untuk santri lama yang sudah naik dari ibtidayah 3 itu biasa nya akan di jadi 1 kan kedalam marhalah mutawasittoh, jika kelas 10 maka mutawasittoh 1 jika kelas 11 masa mutawasittoh 2 dan jika kelas 12 mutawasittoh 3. kadang setiap angkatan ada beberapa santri baru kelas 10 yang masuk ke mutawasittoh langsung, ya hanya oarang-orang yang benar-benar pintar dan pasti nya sudah pernah mengaji kitab-kitab kuning/gundul.

setelah jajan batagor dan es cekek atau biasa di sebut teh jus gula batu, gue langsung nyamperin si azzam takut-takut dia belum selesai kan, siapa tau dia bego sebenernya, ya kan. dan setelah sampai di ruangan 3 kebetulan juga azzam keluar, ko cepet ya? mungkin dia urutan pertama yang di panggil kali ya. 

"kamu lucu kalo lagi makan, pipi nya jadi bulet" ucap azzam sambil memperhatikan ku seseklai tersenyum.

wah gk jelas nih orang, bener-bener kudu di kasih pelajaran. 

bentar-bentar tapi ko pipi gue kaya panas ya. ohh gk mungkin kan gue malu cuma gara-gara omangan gk jelasnya  si azzam.

-------------

tetep dukung gue dengan cara komen sama pencet bintang.





CINTA DI KAMAR 2 (Selesai)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang