55. Kelas Pertama

544 25 0
                                    

Biasanya, kelas ibu hamil terdiri dari tiga kali pertemuan. Yang mencakup beberapa materi besar untuk tiap pertemuannya. Pada pertemuan pertama, materi yang diberikan berupa pemahaman akan kehamilan, perubahan tubuh, keluhan yang biasa dialami, dan perawatan kehamilan. Bisa dikatakan bahwa pertemuan ini benar-benar ditujukan untuk menambah wawasan dasar bagi setiap ibu hamil. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali hamil.

Selanjutnya untuk pertemuan kedua, para ibu hamil akan diberikan materi mengenai persalinan dan perawatan nifas. Di sini tentu akan dijelaskan mengenai tanda-tanda persalinan. Berikut dengan tanda bahaya persalinan. Tentu saja, hal yang biasanya dianggap remeh padahal justru memegang peranan penting sering dilalaikan di sini. Yaitu, persiapan tas bersalin. Dan tak hanya itu, langkah-langkah dalam merawat ibu nifas (istirahat dan pemenuhan nutrisnya) pun akan dijelaskan dengan rinci. Serta, hal yang sangat krusial tak akan abai untuk dijelaskan oleh tim ahli. Adalah mengenai KB pasca persalinan.

Dan sebagai materi terakhir di pertemuan ketiga, itu akan berkisar pada perawatan bayi. Untuk pertemuan ini para calon orang tua akan diberikan boneka sebagai media prakter. Mereka akan diajarkan bagaimana cara mengganti pakaian bayi, bahkan cara memandikannya. Diharapkan nantinya mereka mampu merawat bayi mereka dengan baik dan benar.

Serta pada setiap pertemuan, akan ada sesi 'mitos'. Ini merupakan bagian yang penting. Mengingat banyaknya mitos-mitos seputar kehamilan dan persalinan yang sering beredar di kalangan masyarakat. Ada yang memang dibenarkan oleh kajian ilmiah, namun tak jarang juga yang sebaliknya. Maka penting bagi calon orang tua untuk mengetahui benar atau tidak info yang beredar di sekeliling mereka. Tentu saja agar tidak membahayakan nyawa ibu dan anak.

Untuk setiap pertemuan bisanya menghabiskan waktu sekitar dua jam lamanya. Yang terdiri dari sembilan puluh menit pemberian materi dan tiga puluh menit kemudian diisi oleh senam ibu hamil.

Setidaknya itu adalah garis besar mengenai kelas ibu hamil yang akan diikuti oleh Leony. Walau tentu saja, tiap penyelenggara terkadang memiliki rangkaian kegiatan yang berbeda. Bisa saja di tempat lain justru memiliki empat atau lima kali pertemuan. Dan itu berdasarkan menurut kebijakan dan kepentingan masing-masing.

Sekitar lima belas menit sebelum jam menunjukkan pukul sembilan pagi Waktu Indonesia Barat, Eros menghentikan laju motornya di area parkir Klinik Bunda. Menoleh ke belakang, ia membantu Leony untuk turun. Untuk kemudian barulah ia turut turun pula. Meraih helm yang semula dikenakan oleh Leony dan menaruhnya di stang motor. Bersama dengan miliknya.

Leony memastikan bahwa dandanannya kala itu masih rapi walau ada helm yang ia kenakan tadi. Bahkan ia berulang kali bertanya pada Eros. Demi meyakinkan diri bahwa ia masih cantik seperti yang ia harapkan.

"Masih, Ny, masih. Ya ampun. Kamu itu ibu hamil paling cantik yang pernah aku lihat."

Leony menutup mulutnya dengan satu tangan. Terkikik lucu. Namun, ia tak menolak ketika sedetik kemudian Eros meraih tangannya. Mengajaknya beranjak dari sana. Masuk ke dalam klinik.

Mengambil lorong yang berbeda untuk keduanya lalui, Eros dan Leony tentu saja tidak menuju ke ruang konsultasi yang biasa mereka datangi tiap bulan. Alih-alih, mengarah pada satu bagian di mana memiliki keadaan yang bisa dikatakan berbeda dengan ruangan-ruangan lainnya. Terletak nyaris di belakang klinik, ruang kelas mereka memiliki ukuran yang cenderung luas. Dihiasi oleh jendela-jendela besar, ruangan itu benar-benar memberikan kesan lapang.

Semula Leony dan Eros berpikir bahwa mereka sudah lumayan cepat datang di kelas yang akan dimulai jam sembilan itu. Nyatanya, beberapa kursi sudah diisi di dalam sana.

Seorang perawat menyambut kedatangan mereka. Menyapa dengan ramah dan lantas meminta buku konsultasi Leony. Sekadar untuk mengecek keanggotaan cewek itu. Untuk kemudian, mereka berdua pun disuruh masuk. Membiarkan keduanya memilih kursi yang mereka inginkan.

POSITIF! 🔞 "FIN"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang