12. Si bungsu kami, Hugo pramukti

71 15 4
                                    

HAPPY READING

Maaf ya kalau bosan dan gak nyambung, yeahh, 2,4k words😌

------------


Kalau bicara soal siapa yang paling cengeng di keluarga zayaksa, kalian pasti sudah bisa menebak dengan mudah. Iya, Hugo yang dulu pernah jadi panglima tawuran jalanan, nyatanya cuma sosok bocah gembeng sok berani ikut tawuran yang ditinggal sendiri aja udah nangis-nangis. Sekarang udah pensiun jadi panglima, takut asma mas tarandra kumat lagi seperti 2 tahun silam.

Bagaimana jelaskannya ya, dulu itu si bungsu anak abah ini pengen banget ngrasain jadi anak nakal. Coba-coba lah dia nakal pertama kali belajar rokok, meski awalnya batuk-batuk dan tenggorokan gatel, Hugo tetap kekeh belajar ngerokok sampai akhirnya keterusan. Dari awalnya rokok, Hugo yang diomongin temennya kalau kita pengen nakal itu harus ikut tawuran, jadilah Hugo ikut-ikutan, padahal skill kelahi nya gak ada. Hugo fikir tawuran ya tawuran aja, tinggal jambak-jambakan kayak dia kalau lagi berantem sama abang Askara. Eh, tau-tau pas udah turun jalan, lawan sekolah dia malah bawa banyak parang dan kayu-kayu buat senjata.

Hugo yang cuma bawa nyali dan skill nyikut yang dia latih kalau nylepet mas-masnya, cuma bisa diem dengan mata bergetar. Waktu itu ada anak tanya, "lah, senjata lu mana?"

Hugo cuma geleng sambil diem persis orang lagi nahan pipis. "Lah, lu bawa apa anjir?!"

"Bawa...iman."

Dan yah, akhirnya pasti babak belur. Belum ada 3 menit tawuran si Hugo udah ditarik mundur sama kakak tingkatnya. Malu-maluin awalnya, tapi gara-gara diajarin terus, skill kelahi nya jadi keasah. Gak jago banget, tapi cukuplah kalau buat jaga diri dan mentari. Caelah. Lah, keluarga nya gimana? Yaudah sih kata Hugo mah, keluarganya cowok semua, dari kecil udah pada di les'in karate sama ayah, terutama bang aska, gitu juga tinju nya pernah ikut menang di lomba tinju nasional. Sekali doang, udah mampus wajahnya bonyok-bonyok katanya.

Kalau bahas si adek yang dulu, nakalnya banyak. Meski ayah gak pernah mukul ke anak-anak nya, tapi kalau udah marah siapa yang nggak takut. Hugo berhenti nakal tuh pas kejadian 2 tahun silam, waktu mas tara udah bener-bener drop ngadepin adeknya. Mas tara drop gara-gara si adek waktu itu terlibat tawuran sama anak geng motor dan harus ngalamin gips siku dan kepalanya bocor belakang, ayah kris juga gak kalah shock, beliau sampai batalin penerbangan ke luar kota gara-gara berita itu. Yang paling dramatis, si abang malah bales gebukin anak geng yang udah jahatin adeknya dan keluarga zayaksa pecah belah emosi nya saat itu.

Pokoknya banyak, nakalnya adek tuh ngeri, sering berantem, kan ngeri kalau udah kebawa nyawa.

Intinya gak lagi-lagi, adek kapok, kasihan ayah, kasihan almarhumah bunda, kasihan para abang nya, dan juga, sungkan ke mentari kalau tetep jadi anak nakal. Wah, jangan tanya deh seberapa besar pengaruh positif mentari di hidup Hugo.

Tapi sama temen-temen nakalnya ya masih temenan, cuma lebih baik aja.

Kalau alasan Hugo yang gak bisa ditinggal sendiri, itu ada saat Hugo berada berdua dengan bunda di rumah dan terjadi hal memilukan, hingga beberapa hari kemudian bunda udah gak ada. Suram, Hugo takut, dia masih takut ditinggal sendirian gak ada yang puk-puk kepalanya kalau malam, masih inget sakitnya bunda dan si kecil Hugo gak bisa apa-apa, cuma nunggu ayah datang dan Hugo ditinggal seorang diri dirumah karena bunda kepalang sakit. Tambah sakit dan takut denger bunda meninggal sewaktu kemarin ngeluh kesakitan dihadapan Hugo kecil yang gak tau apa-apa.

Gak papa ya go, ayah lupa waktu itu kalau ada Hugo kecil yang tahan tangis. Untung kakak yang sama kecilnya waktu itu datang, hapus air mata Hugo kecil dalam diam dan nangis menjerit kemudian. Kakak juga bingung, tapi setelah abang datang, Hugo cerita dengan cerita kecilnya. Sejak saat itu, Hugo takut, selalu takut jika ditinggal sendirian. Takut ditinggal kesakitan seperti bunda lagi. Jangan ya.

𝐏𝐚𝐬𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐛𝐚𝐡 Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang