5. Alkana

718 401 188
                                    

Alkana adalah senyawa kimia hidrokarbon jenuh asiklis. Alkana termasuk senyawa alifatik. Dengan kata lain, alkana adalah sebuah rantai karbon panjang dengan ikatan-ikatan tunggal. Rumus umum untuk alkana adalah CₙH₂ₙ₊₂.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Suasana hari senin kembali menyapa SMA Nusantara pagi ini

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Suasana hari senin kembali menyapa SMA Nusantara pagi ini. Melakukan upacara di pagi hari sudah menjadi kewajiban dan rutinitas setiap seninnya.

Ada beberapa siswa yang mengeluh karena panasnya matahari, dan lain sebagainya. Tapi mereka menyuarakan keluh kesahnya dalam hati, nyatanya mereka masih berdiri tegap bagai patung. Sekolah yang terkenal akan fasilitas dan Siswanya yang cerdas.

Empat puluh menit adalah waktu yang cukup untuk menyelasaikan upacara pagi ini di SMA Nusantara dan berjalan dengan lancar.

Para siswa diminta untuk istirahat selama lima belas menit sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas. Lain halnya dengan Ananda, Salsa, Brian dan juga Aditya yang memilih untuk berlatih setelah upacara selesai.

Mengikuti Olimpiade membuat mereka tidak mengenal waktu, ini tidak akan terjadi jika tidak ada aturan aneh itu.

Aturan yang akan membuat mereka sebentar lagi gila.

"Kalian nggak beli minum dulu?" Tanya Aditya yang baru datang di ruangan itu. Dimana ruangan itu sudah diisi oleh teman barunya, atau  teman olimpiade-nya itu. Sekarang mereka sudah akrab satu sama lain meski baru dekat beberapa hari ini setelah dua tahun lamanya.

"Lo sendiri nggak beli minum." Kali ini Salsa membalas ucapan laki-laki itu.

Aditya tersenyum, mungkin sudah gila pikir Salsa. Gila karena aturan mungkin. "Kok lo tau, jangan-jangan lo merhatiin gue ya?"

Salsa memutar bola matanya malas "terlalu percaya diri juga gak baik ya."

Aditya hanya merespon dengan senyuman lebarnya yang belum luntur sedari tadi. Entahlah sepertinya mood laki-laki itu sangat baik hari ini. Atau mungkin ia sudah benar-benar gila karena bertahan selama 2 tahun terhadap aturan sialan itu.

Ananda yang melihat interaksi keduanya hanya tersenyum tipis "lu kesurupan ya Dit?" Tanya Ananda "dari tadi senyum mulu. Jangan sampe lu gila gara-gara matematika."

CHAMPIONSHIPTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang