JOM
***
"Khun* Jom, di mana kamu ingin aku menyimpan barang-barang tua dan peti-peti di rumah besar itu?"
*Khun (คณ) adalah kata sopan yang digunakan untuk menyapa orang yang berstatus lebih tinggi atau orang lain pada umumnya.
Dialek utara menarik perhatianku dari sketsa kasarku. Aku menoleh ke Paman Tan, kepala tukang kayu lokal di Chiang Mai, subkontraktor yang bekerja untuk perusahaanku, di mana aku adalah seorang arsitek yang ditugaskan. "Ruang penyimpanan sudah penuh?"
"Tidak, Khun. Tapi aku tidak yakin apakah barang-barang di dalam peti itu berharga. Jika para pekerja tidak sengaja merusaknya. Aku ragu mereka akan mampu membayar kembali Nyonya Pern."
"Apa isinya? Coba aku lihat." Aku menutup buku sketsaku dan melangkah keluar dari paviliun tepi laut yang ada di sepanjang jalan laterit memotong halaman rumput yang baru disiram.
Angin panas bertiup pelan, membawa serta aroma menyenangkan Kemboja yang mencapai hidungku. Bunga-bunga putih itu telah jatuh ke halaman seperti titik-titik kecil di dalam rerumputan hijau terang. Aku membungkuk dan mengambil satu, kemudian aku mencium aromanya dan memasukkannya ke dalam saku bajuku.
Jika sebelumnya, bunga-bunga itu akan ditanam di kuil-kuil dan bukan di tempat tinggal penduduk, karena arti namanya yang tidak menyenangkan, menunjukkan kesengsaraan. Namun, setelah namanya berubah menjadi 'Leelawadee', statusnya meningkat dengan cepat. Beberapa ratus pohon tumbuh menjadi empat hingga lima ribu pohon, menjadi tanaman populer yang menghiasi halaman depan dan belakang tempat tinggal, termasuk resor di seluruh Thailand.
Rumah ini merupakan pengecualian, mengingat pemilik sebelumnya telah menanam pohon itu sejak lama.
Aku tidak yakin apakah dia terlalu progresif untuk membeli kepercayaan lama atau begitu patah hati dan sengsara sehingga dia memenuhi halaman belakang dengan bunga Kemboja sebagai kenang-kenangan.
Dari paviliun tepi laut yang dipagari oleh bunga Kemboja dan melalui halaman rumput yang luas, itu membuka ke rumah besar kuno yang besar yang mungkin berusia seratus tahun. Bangunan dua lantai ini dibangun dengan gaya Manila yang dipadukan dengan arsitektur kolonial. Lantai pertama adalah dinding bata yang dicat beton, melengkung menjadi urutan lengkungan putih yang berjarak merata di atas jalur. Lantai atas terbuat dari kayu jati yang hampir hitam, atap berpinggul dan pelana. Pemiliknya pasti sudah kaya sejak nenek moyang, mereka memiliki properti seperti itu dengan rumah besar yang bersebelahan dengan Sungai Ping.
Aku lewat di bawah lengkungan dan menaiki tangga ke balkon besar yang mengelilingi kedua sisi rumah di bawah naungan atap pelindung. Cat tiang kayu dan pagar tergores terkelupas karena usia tua, tetapi kayu berdiri kokoh. Dua batang kayu yang tebal dan berat duduk di lantai balkon, diapit oleh seorang para pekerja yang menunggu perintah tentang apa yang harus dilakukan dengan mereka.
"Mari kita lihat apa yang ada di dalamnya. Jika itu emas, apakah kita bisa menahannya?" Aku bercanda saat aku mendekat.
Aku melepaskan gantungan kunci besar dari ikat pinggangku. Pemilik rumah yang hebat itu meninggalkan setiap kunci untukku kalau-kalau aku membutuhkannya. Cincin itu berisi kunci rumah, kunci kamar, dan kunci kecil untuk lemari dan laci. Aku mencoba masing-masing sampai aku menemukan yang tepat. Aku membuka bagasi dan terkejut karena terdiri dari tumpukan foto berbingkai yang tersusun rapi, masing-masing dibungkus dengan kain seolah-olah disayang oleh pemiliknya. Aku membuka kunci peti lainnya dan juga penuh dengan foto berbingkai, tapi ada juga yang gelap, wadah kayu tebal seukuran kotak tisu. Tutupnya melengkung dan terkunci rapat. Aku mengambilnya dan mencoba mengerjakannya dengan kunci, tapi tidak ada yang berhasil.
KAMU SEDANG MEMBACA
[BL] Aroma Manis Cinta
General FictionJom adalah seorang arsitek yang bertugas merenovasi rumah-rumah kuno di tepi Sungai Ping. Di sana dia menemukan peti kayu yang berisi gambar-gambar tua yang aneh dan familiar. Terlepas dari keingintahuannya, dia tidak punya waktu untuk mereka; dia h...