Bagian 1: Bab 9

455 40 0
                                    

Kisah dari gambar itu

***

"Jom! Jom, ada apa?"

Suara itu datang dengan tangan yang memegang tubuhku, mencegahku melompat ke bawah.

Itu adalah Khun-Yai. Dia menatapku dengan khawatir, lengannya mengerat di sekitarku. "Apa yang terjadi? Aku mendengarmu berteriak dan sepertinya kamu hendak melompat dari sini."

Aku mengalihkan pandanganku ke tempat yang sama dan menelan rasa pahit di tenggorokanku saat aku melihat halaman rumput yang damai di bawah sana. Tidak ada jejak apa pun yang aku saksikan tadi. Paman Tan, para kuli, dan dahan yang patah hilang seolah-olah itu semua hanyalah ilusi.

Aku gemetar, tidak yakin apakah aku harus rasakan entah takut, marah, atau sedih. Aku menunjuk ke tempat Paman Tan berada tadi. "Baru saja, apakah Anda melihat sesuatu di halaman?"

"Aku melihat kabut."

Apakah itu saja?

Aku tidak tahu bagaimana suaraku terdengar. Aku bahkan tidak sadar tanganku menggigil sampai Khun-Yai mengulurkan tangan dan menekan kembali jari lancipku ke bawah.

"Tanganmu kedinginan. Ayo masuk ke dalam. Di sini berembun. Kamu bisa sakit."

Khun-Yai mengendurkan genggamannya, tapi salah satu tangannya mencengkeram lengan atasku saat dia membawaku masuk. Aku berjalan dengan susah payah, perhatianku teralihkan. Apa itu tadi? Ruangwaktu yang memutar dan membentuk jalur yang menghubungkan masa lalu dan masa depan lagi? Mengapa hal itu tidak membawaku kembali?

Setelah kami duduk di meja berhiaskan mutiara di aula, Khun-Yai bertanya. "Siapa itu Paman Tan?"

Aku langsung mengarahkan mataku ke arahnya, lalu menutupinya dengan pertanyaan, "Khun-Yai... mendengarnya?"

"Kamu berteriak sangat keras. Tentu saja aku mendengarnya."

...Aku ragu-ragu, tidak ada alasan. "Saya mungkin sedang bermimpi dan berjalan dalam tidur."

Aku menunduk, jantungku masih berdebar kencang. Tidak mudah untuk menyatukannya setelah kejadian sebelumnya. Perlahan aku melirik kembali ke arah Khun-Yai. Matanya yang serius memberitahuku bahwa dia tidak yakin.

"Apakah kamu sering berjalan dalam tidur?"

Untuk sesaat, aku ingin menceritakan semuanya padanya. Aku ingin dia tahu agar dia bisa membantuku mengatasi hal ini. Bibirku terbuka, namun tidak ada satu kata pun yang keluar. Aku tidak bisa berkata apa-apa. Bagaimana mungkin dia bisa memahami situasinya jika aku sendiri tidak memahaminya?

Keragu-raguanku membuat desahan lembut keluar dari mulut Khun-Yai. "Sudahlah, beristirahatlah hari ini. Kamu bisa melayaniku nanti ketika kamu sudah merasa lebih baik."

"Tidak. Saya tidak sakit." Aku keberatan. "Saya baik-baik saja. Saya menjadi seperti ini karena terlalu banyak tidur. Saya akan segera mengambilkan kendi dan kain untukmu."

Khun-Yai menatapku dengan tenang. Aku hanya bisa memohon dengan suara lembut, "Saya mohon...Khun-Yai."

Pada akhirnya, Khun-Yai mengizinkanku melakukan pekerjaanku. Aku merasa gelisah. Pikiranku melayang ke kejadian itu dan aku kehilangan fokus, tapi aku memaksa diriku untuk menenangkan diri, karena tahu Khun-Yai sedang mengawasiku.

Karena ini akhir pekan, tidak ada pelajaran dengan guru asing. Khun-Yai biasanya menghabiskan waktunya di ruang belajar bersama para Luang sebelum tengah hari, kecuali jika mereka mempunyai tamu, seperti hari ini. Aku menyiapkan pakaian Khun-Yai saat dia berpesan dan membantunya dengan hal-hal sepele saat dia berpakaian.

[BL] Aroma Manis CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang