Nyala api lama atau nyala api baru?
***
Setelah Natal, tibalah Hari Tahun Baru. Aku diambil dari B.E. 2470 hingga B.E. 2471 dalam keadaan linglung.
Hidupku juga masih sama. Perbedaan kecilnya adalah kekuatan fisik yang aku peroleh dari pekerjaan sehari-hari. Aku masih ditolak oleh dunia masa depan. Tidak ada akses yang diberikan.
Cuaca seminggu setelah Tahun Baru menjadi jauh lebih dingin. Embun beku terbentuk di rumput, berkilau di dedaunan hijau. Salju yang menakjubkan di Utara.
Kabut bahkan keluar dari mulutku ketika aku berbicara.
Hari ini, nyonya bos Ueang Phueng akan mengunjungi kuil lebih awal untuk berdoa agar bayi dalam perutnya sehat. Dia mengenakan kemeja lengan panjang berpotongan lurus yang dibungkus selendang dan sinh berpola menutupi pergelangan kakinya. Rambutnya diikat dalam sanggul yang diamankan dengan jepit rambut emas dengan bunga-bunga kecil menggantung di sana. Kulitnya terlihat bersinar. Aku tidak menemaninya, namun aku berdoa dalam hati agar keponakan laki-lakiku yang berkewarganegaraan Amerika keturunan Thailand di dalam perut nyonya bos Ueang Phueng akan tumbuh dengan sehat dan baik serta tidak melakukan pergaulan bebas seperti ayahnya.
Melihat Maey menuruni tangga rumahnya, aku keluar dari semak-semak dan memanggilnya.
"Maey!"
Maey berbalik. Dia menghentikan langkahnya untuk menyusul nyonya bos dan Kamtip di mobil dan berjalan ke arahku. "Ada apa, Ai-Jom?"
"Bisakah kamu membawa ini ke mobil? Kalau-kalau nyonya bos merasa mual." Aku menyerahkan semangkuk sepuluh ikan karper anyaman daun pandan dari daun abanana kepada Maey. Aku biasanya meminta Kamtip untuk mengantarkannya pada pagi hari setelah Tuan Robert berangkat kerja. Tapi karena nyonya bos akan pergi ke kuil lebih awal, aku telah menunggu di sini sebelumnya.
"Kamu rajin sekali, Ai-Jom. Kamu bangun untuk menenun ikan kecil setiap hari." Maey mengambil mangkuk itu.
"Ya, Ayo berangkat." Kataku, memberi isyarat padanya untuk bergegas.
Aku telah melakukan ini setiap hari setelah mengetahui bahwa nyonya bos Ueang Phueng menderita mual di pagi hari dan takut dengan bau setiap hidangan di pagi hari. Dia hanya bisa makan biskuit sambil menyeruput jus pandan. Aku pikir aroma daun pandan yang sedikit aromatik dapat meredakan mual di pagi hari, jadi aku ingin membuat sesuatu yang bisa dibawa oleh nyonya bos. Karena aku belum cukup terampil membuat karangan bunga atau anyaman mawar yang pernah aku lihat. Aku mencoba memasang bola-bola rotan kecil dan menyuruh Kamtip meletakkannya di samping nyonya bos.
Belakangan, keterampilanku perlahan berkembang hingga aku bisa menganyam ikan mas. Terima kasih kepada guru ekonomi rumah tanggaku di sekolah dasarku. Aku akhirnya memanfaatkan subjek ini dengan baik.
Begitu Maey berada di kejauhan, Ming merenung, "E-Mei sungguh cantik."
Aku mengikuti matanya. Maey terlihat sangat cantik hari ini, bersinar dan cantik seperti wanita utara yang baru saja mekar. Sikapnya sangat anggun, tidak mengherankan mengapa Ming begitu jatuh cinta padanya.
"Suatu saat dia akan menikah dengan seorang pedagang yang menjual pakaian dan permata kepada nyonya bos." Ming menghela napas.
Aku meliriknya, merasakan kekecewaan dalam suaranya. Apakah nyonya bos akan memaksanya?
"Dia tidak akan melakukannya. Nyonya bos itu menyukai E-Maey. Dia ingin dia menikah dengan orang yang baik. Dia pernah berkata bahwa dia akan memberinya perhiasan emas untuk investasi ketika E-Maey menikah."
KAMU SEDANG MEMBACA
[BL] Aroma Manis Cinta
Ficción GeneralJom adalah seorang arsitek yang bertugas merenovasi rumah-rumah kuno di tepi Sungai Ping. Di sana dia menemukan peti kayu yang berisi gambar-gambar tua yang aneh dan familiar. Terlepas dari keingintahuannya, dia tidak punya waktu untuk mereka; dia h...