Bagian 2: Bab 23

510 53 6
                                    

Meski Sadar, Aku Mabuk Seperti Orang Bodoh

***

Aku menuju ke tenda Komandan Yai dengan satu set catur seperti yang diceritakan. Aku berjalan melewati para pelayan dan tentara yang berkumpul untuk bermain catur. Banyak dari mereka yang meminta aku untuk bergabung, namun aku tersenyum dan menolak. Saat aku membuka tirai pintu, Komandan Yai sudah menunggu di dalam. Dia duduk bersila di atas tikar buluh. Lentera yang menyala ditempatkan lebih jauh di sisinya. Pedangnya tergeletak di kepala tempat tidurnya seperti biasanya.

"Duduk." Dia memesan.

Aku menetap di depannya, meninggalkan celah besar di antara kami. Komandan Yai menatapku dengan tajam. Itu membuatku mengalihkan pandanganku ke dadanya, takut untuk menatap matanya.

Dada telanjang Komandan Yai berwarna coklat karena sinar matahari. Aku mengarahkan mataku ke lengannya.

Tato dari bahu hingga pergelangan tangannya mengingatkan aku pada para pengawal di masa pemerintahan Raja Narai Agung. Meskipun Sihasingkorn tidak tunduk pada Kerajaan Ayutthaya saat ini, dilihat dari pakaian, aksesoris, dan peralatannya, menurut aku budaya mereka dipengaruhi oleh negara sekitarnya. Cara kebudayaan Thailand telah dipengaruhi oleh beberapa negara sejak dahulu kala, seperti Khmer, Mon, Laos, Myanmar, bahkan China dan India.

:Mereka bilang kamu bermain batu."

"Catur," kataku. "Bisa disebut papan catur karena kita seharusnya bermain di papan karena lebih nyaman untuk memindahkan bidaknya. Aku menggunakan selembar kain karena hanya itu yang bisa aku temukan. Maukah kamu menjelaskan aturannya, Komandan Yai?"

Saat dia mengangguk, aku buru-buru meletakkan apa yang kubawa. Aku menggelar kain catur di antara kami dan menyusun batu putih dan hitam di sisi kain yang berlawanan.

Enam belas batu masing-masing berbaris. Dua baris posisinya di sisiku dan di sisi Komandan Yai.

Jantungku berdebar saat bibirnya melengkung saat aku menurunkan Knight. Aku mengambil batu panjang dan mengecat ujungnya menyerupai seorang ksatria.

Batu-batu ini harus dibagi berdasarkan warna untuk menandai potongan kedua pemain. "Kami menyebutnya bidak catur. Semuanya terlihat berbeda karena gerakannya." Aku menunjuk ke sebuah batu. "Yang ini kecil dan bulat. Aku menyebutnya pion. Tiap pemain punya delapan pion. Mereka bergerak maju vertikal satu kotak seperti ini."

Aku menggeser pion ke depan satu kotak. Komandan Yai mengangguk pelan.

Aku menjelaskan aturan dan gerakan masing-masing bagian. Pion bergerak maju secara vertikal dan merebut satu kotak secara diagonal. Benteng bergerak secara horizontal atau vertikal ke sejumlah kotak. Ksatria bergerak dalam 'bentuk L' dan dapat melompati bidak lainnya, Ratu bergerak secara diagonal. Uskup bergerak satu ruang secara diagonal dan satu ruang ke depan. Raja memindahkan satu kotak ke segala arah.

"Raja adalah bidak yang paling penting, bergerak satu kotak ke segala arah. Kamu harus berhati-hati karena raja setara dengan panglima tertinggi. Jika raja ditangkap, itu berarti komandan tertinggi terbunuh. Tidak peduli berapa banyak bidak kamu tertinggal di papan, kamu kalah." Kataku.

Komandan Yai tampak kagum dengan peraturan tersebut. Dia mempelajari setiap bagian dalam kontemplasi sejenak dan menunjukkan, "Ini adalah strategi militer."

[BL] Aroma Manis CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang