Bagian dalam waktu
***
Aku pasti menatapnya tanpa berkedip. Karena sadar, Khun-Yai berjalan melewatiku menuju jendela.
"Lihat, kamarmu menghadap ke pohon Flamboyan. Warnanya cantik, tapi ranting-rantingnya rapuh. Ada dahan yang patah dan tumbang karena hujan terakhir kali. Saking besarnya, membuat para pelayan kaget. Untunglah tidak ada yang tertimpa."
"Benarkah?"
Aku bergumam, bahkan tidak melihat ke jendela. Aku masih menatap wajah Khun-Yai, bertanya-tanya apakah mataku sedang mempermainkan tadi.
Khun-Yai berbalik, ekspresinya baru-baru ini hilang. Dia tenang dan anggun seperti biasanya sekarang. "Bisakah kamu tidur sendirian malam ini? Menurutku kamu tidak takut pada hantu?"
Pertanyaannya membekukanku, dan mataku membelalak. Aku mengibaskan mataku ke sekeliling, paranoid. Rumah ini pasti baru dibangun. Tidak ada sejarah yang mengerikan di sini. Meski begitu, rumah kuno kecil yang terletak jauh dari tempat lain pasti sangat sunyi di malam hari, hanya terdengar suara angin dan kicau serangga. Mungkin berderit di lantai papan dalam gelap. Ukh...Suasananya memberi kesan.
"Rumah ini...terbuat dari kayu yang baru ditebang, 'kan?" Suaraku otomatis menjadi lembut. Kamu tidak berbicara tentang hantu dengan lantang. "Bukan kayu tua dari rumah lain kan?"
Aku berharap dalam keputusasaan dia akan mengatakan tidak. Sebaliknya, dia bertanya balik dengan suara datar. "Apakah kamu takut?"
Aku berseru, "Tentu saja!"
"Jangan takut."
Dan dia pergi, meninggalkanku yang ternganga. Aku melihat kakinya yang panjang membawa dirinya keluar pintu. Aku merangkak keluar ruangan dengan kecepatan berlari.
"Khun-Yai, mohon tunggu! Apa cerita seramnya rumah ini?"
Khun-Yai berhenti, tangannya mencengkeran di belakang punggungnya. Dia menoleh ke arahku dan berbicara dengan datar. "Cerita macam apa yang mungkin ada, Pho-Jom? Kamu ketakutan seperti anak kecil. Lagipula aku akan tidur di sini bersamamu besok."
Mataku tertuju pada punggung Khun-Yai saat dia menuruni tangga tanpa menghiraukan bom yang dia tinggalkan di sini. Dan hal terakhir yang dia katakan sama sekali tidak membantu! Apa yang akan aku lakukan malam ini? Haruskah aku bersembunyi di bawah selimut sepanjang malam? Balok melintang dari atap jenis ini sangat...terlihat. Hantu Thailand dalam film biasanya berada di palang, duduk di sana atau menundukkan kepala.
Sore harinya, bingung. Aku mencoba untuk berbincang-bincang dengan Nai-Jun saat aku membantu para pelayan lainnya membawa kebutuhan Khun-Yai dari rumah besar ke rumah kecil untuk mempersiapkan tempat kepindahan Khun-Yai besok.
"Nai-Jun. Apakah rumah kecil itu baru dibangun?" Aku bertanya.
"Ya, karena Luang pindah ke sini untuk pekerjaannya, beliau membangun rumah besar terlebih dahulu, baru kemudian rumah kecil untuk tamu-tamunya."
"Apakah mereka menggunakan kayu tua dari rumah lain?"
"Tidak. Kenapa kamu bertanya?"
"Yah... Rumah itu menakjubkan, dan itu adalah rumah Lanna." Aku mengutarakan alasan yang tidak masuk akal itu. "Jadi aku pikir mereka menggunakan kayu dari rumah lain."
"Luang menyewa kontraktor terbaik di Utara untuk membangunnya."
Aku tersenyum pada Nai-Jun dan berjalan pergi untuk membantu para pelayan membawa bangku kayu ke atas.
Khun-Yai, siapa sebenarnya yang bertingkah seperti anak kecil? Apakah kamu bersenang-senang membuatku takut? Itu tidak lucu.
Di malam hari, aku bertemu Luang Thep Nititham, pemilik tempat ini, ketika dia kembali dari kerja. Luang memiliki karakter yang mulia, Ia mengenakan kemeja bermotif raj, cawat ungu, kaus kaki putih panjang, dan sepatu kulit layaknya pria Siam. Dia keluar dari mobilnya dan berjalan melintasi jalan dengan Nai-Jun yang memegang tas dokumen di belakang.
KAMU SEDANG MEMBACA
[BL] Aroma Manis Cinta
Ficción GeneralJom adalah seorang arsitek yang bertugas merenovasi rumah-rumah kuno di tepi Sungai Ping. Di sana dia menemukan peti kayu yang berisi gambar-gambar tua yang aneh dan familiar. Terlepas dari keingintahuannya, dia tidak punya waktu untuk mereka; dia h...