Bagian 2: Bab 28

866 49 2
                                    

Jika Kita Bisa untuk Bersama

***

"Jom...Pho-Jomkwan, bangun."

Sentuhan di pipiku membuatku membuka mataku.

Di bawah pepohonan yang rindang, di beranda yang mengelilingi rumah jati yang dibangun pada masa Pemerintahan Ketujuh, saat dedaunan bergoyang tertiup angin, kepalaku bersandar di pangkuan seseorang. Wajah yang melayang di atasku memiliki senyuman senang.

"Apakah kamu bermimpi indah? Tentang apa itu? Apakah aku di sana?"

Matanya yang gelap dan jetty terlihat lucu. Aku menatap mereka dengan terpesona. Khun-Yai ada di hadapanku, mengenakan kemeja rami putih dan celana panjang satin. Pakaiannya yang biasa. Janggut hijau samar melapisi rahangnya yang tajam.

Aku mengulurkan tanganku dan menyentuh wajahnya dan menggerakkan jariku di sepanjang struktur wajahnya, takut dia akan menghilang. Aroma Kemboja tercium tertiup angin.

Dan aku sudah bangun.

Wajah yang hampir identik muncul di atasku. Meski ada sedikit perbedaan dalam detail dan warna kulit, cara dia menatapku sama persis.

Komandan Yai sedang menatapku, dengan sebatang ranting Kemboja di tangannya, menyapukan bunga di pipiku hingga hidungku. "Apa yang kamu impikan? Apakah aku di sana?"

Aku berkedip. Saat kusadari, aku berada di tenda Komandan Yai. Aku memeluknya karena khawatir.

Komandan Yai tampak terkejut. Dia menggumamkan suara penasaran tapi masih membelai punggungku.

"Aku merindukanmu."

"Aku disini."

"Aku masih merindukanmu."

Komandan Yai terkekeh. "Sungguh menawan. Apakah kamu takut aku tidak akan jatuh cinta padamu?"

Aku memandangi cahaya redup yang menyinari sisi luar tenda, mendengar kokok ayam jantan di kejauhan. Cahaya di luar sudah mulai terang. Aku menggerakkan tubuhku. "Ini sudah pagi, aku akan berangkat."

"Tinggallah dan makan bersamaku. Juru masak akan segera menyajikannya."

"Tidak." Aku menggelengkan kepalaku. "Aku bukan seorang komandan atau otoritas tingkat tinggi. Tidak pantas berperilaku seperti atasan mereka. Aku akan makan bersama Kapten Mun dan para prajurit."

"Betapa menyenangkannya kamu bersikap begitu rendah hati."

Indah ya...? Itukah sebabnya dia mencintaiku hampir setengah malam dan menjelajahi setiap inci tubuhku?

"Bisakah kamu bangun dan berjalan?" Komandan Yai menyentuh sikuku.

Aku memperhatikannya. Dia berbicara dengan suara yang lembut, tapi dia tidak menahan diri sama sekali tadi malam. "Aku tidak akan goyah dan mengerang sambil memijat pinggulku di depan orang lain untuk mempermalukan diriku sendiri. Jangan khawatir."

Aku menarik lenganku ke belakang dan terengah-engah, tapi Komandan Yai hanya tersenyum.

Udara subuh terasa sejuk. Sinar matahari akan semakin kuat di pagi hari seperti hari-hari lainnya. Aku kira, aku menyelinap ke area yang ditempati barisan gerobak untuk mandi.

Untungnya, semua orang terlalu sibuk dengan rutinitasnya masing-masing sehingga tidak memperhatikan aku di pagi hari dan biasanya tidak ada yang mandi pada jam-jam seperti ini. Tapi aku harus melakukannya. Aku perlu membersihkan sisa-sisa Komandan Yai di tubuhku.

Saat matahari telah terbit di puncak pohon. Aku bergabung dengan lingkaran makan para prajurit dan Kapten Mun. Masing-masing dari mereka sangat energik hari ini karena kita akan menghabiskan satu malam lagi di sini, yang berarti lebih banyak waktu untuk berjalan-jalan di desa.

"Siapa yang menang tadi malam? Kamu atau Komandan Yai?" Kapten Mun bertanya sambil kami makan.

Aku hampir tersedak dan segera menyembunyikannya dengan meminum dari tabung bambu. Jawabku sambil bergumam. "Kami bergantian menang dan kalah, Kapten Mun. Total...em... hasilnya seri."

"Jika tidak ada di antara kalian yang menang telak. Aku pikir Komandan Yai akan menuntut pertandingan ulang lagi malam ini, Jom."

Aku tersenyum malu-malu, tidak yakin akan ada pertandingan ulang seperti apa. Untungnya topiknya berubah. Mereka sepakat untuk menunggang kuda menuju desa setelah selesai sarapan. Kapten Mun mengarahkan jarinya ke arah prajurit bernama Kab. Terakhir kali, dia menggoda seorang wanita di Baan Thung Hin dan hampir berkelahi dengan penduduk desa yang laki-laki. "Jangan membuat masalah kali ini. Pastikan wanita yang cocok denganmu belum menikah."

"Aku sudah memastikannya terakhir kali. Baiklah, aku tidak akan menimbulkan masalah lagi. Aku hanya akan mencari minuman keras. Aku tidak akan memedulikan wanita mana pun. Kab menggosok lengan Kapten Mun dengan datar."

"Cuih!" Kapten Mun meludah, tapi Kab mengangkat piringnya tepat pada waktunya. "Ucapkan omong kosong itu pada seekor anjing. Penggoda sepertimu tidak akan pernah bisa menahan diri. Jangan membuatku kesulitan lagi. Kali ini, aku akan membiarkanmu dipukuli hingga babak belur di desa."

"Ai-Jom, maukah kamu ikut dengan kami?" Kapten Mun bertanya padaku.

Aku menggelengkan kepalaku. "Pergilah tanpa aku. Aku akan tetap di sini. Aku lelah. Aku mungkin akan tidur siang di sore hari."

Setelah Kapten Mun dan kelompoknya menuruni lereng menuju desa, aku berkeliaran di sekitar gerobak para pelayan. Aku melihat mereka memotong batang bambu menjadi potongan-potongan kecil dan membantu mereka melakukan tugas-tugas sepele. Sinar matahari menyilaukan beberapa saat kemudian dan aku basah kuyup oleh keringat. Aku akan terus bekerja jika itu terjadi beberapa hari yang lalu, tapi pertarunganku dengan Komandan Yai tadi malam telah menguras kekuatanku cukup banyak.

Aku memutuskan untuk beristirahat di bukit berumput terdekat. Kelihatannya tenang, cocok untuk tidur siang. Setelah beberapa langkah. Aku bertemu Komandan In.

"Komandan In." Aku menyambut.

"Oh..Jom, bukankah kamu pergi ke desa bersama para prajurit?"

Komandan In memberiku senyuman kecil. Kenapa aku merasa senyumnya tidak secerah biasanya? Matanya lebih kabur dari sebelumnya. Apakah dia mabuk karena terlalu banyak minum tadi malam..? Oh iya, kamu pasti khawatir kalau orang yang kamu sayangi jatuh sakit.

Dan kamu akan semakin resah jika hubungan itu dirahasiakan. Yang bisa kamu lakukan hanyalah melihat dari jauh dengan rasa khawatir. Kamu bahkan tidak bisa merawat mereka di sisinya.

Aku menggelengkan kepalaku. "Aku beristirahat di bawah pohon di sana sebentar. Tapi mungkin aku akan memetik buah-buahan liar bersama para juru masak nanti."

"Bawalah pisau. Saat ular itu merangkak di jalan terakhir kali, kamu melompat ketakutan."

Aku tertawa. Kami selalu menemukan ular atau binatang buas di sepanjang perjalanan. Para prajurit dan pelayan dapat mengurus mereka dengan sedikit kesulitan. Di sisi lain. Aku lari.

"Em. Aku akan membawa pisau dan tongkat kayu. Terima kasih, Komandan In."

Komandan In sedikit mengangguk dan berjalan dengan susah payah. Mataku menelusuri punggungnya. Aku merasa sedikit khawatir, tetapi aku tidak tahu bagaimana membantunya. Masalahnya terlalu berbahaya bagi aku untuk dilibatkan atau dibantu.

"Pandanganmu sangat rindu pada In. Apa kamu tidak takut ada yang menyadarinya?"

Suara Komandan Yai dari belakang mengagetkanku. Aku berbalik dan melihatnya di atas kudanya dengan wajah cemberut.

"Bagaimana tatapan penuh kerinduan itu, Komandan Yai? Begitulah biasanya aku memandangnya."

"Semua orang tahu betapa baiknya Komandan In. Apa yang akan kamu tuduhkan padaku kali ini?"

Komandan Yai memperhatikan Komandan In berjalan dengan susah payah dari kejauhan. Dia bergumam, "Saudaraku, dia pria yang menawan."

"Ya?"

"Kau tidak punya peluang, Jom. Semua wanita di Sihasingkorn mengincar In, tapi dia tidak memberikan hatinya pada siapa pun."

Aku tertawa terbahak-bahak. Apa dia mengira aku akan terpesona oleh Komandan In? Memang pernah, tapi perasaan itu telah membara tanpa ada sedikit pun percikan yang tersisa. Aku tidak butuh kesempatan. Aku tidak ingin Komandan In.

"Kalau begitu, jangan lihat dia."

"Oh...Komandan Yai, jika kita tidak saling berpandangan, apakah kita harus berbicara dengan mata tertutup? Apakah kamu cemburu atau bagaimana?"

Aku sudah mengatakan itu tanpa berpikir panjang, tapi Komandan Yai terkejut. Dia enggan, seperti ingin berdebat tapi tidak bisa. Telinganya sedikit memerah. Aku memandangnya dengan heran.

Astaga...orang yang kulitnya kasar seperti kulit kerbau di bawah sinar matahari memerah.

"Mulutmu itu agak ceroboh dalam berkata-kata. Aku harus memberimu pukulan sebagai pelajaran."

Seandainya itu terjadi sebelumnya, aku pasti sangat ketakutan. Sebelumnya, aku takut bahkan ketika dia lewat, apalagi ancamannya. Sekarang aku tahu Komandan Yai tegas dan galak ketika bertugas. Namun, ketika dia bersamaku, dia menunjukkan sisi yang hanya dia ungkapkan kepada orang-orang yang sangat dekat dengannya. Dia menjadi versi harimau lucu dari dirinya sendiri. menyentuhku sana sini, meluluhkanku dengan kata-kata manisnya, dan kubiarkan dia melahapku dengan nikmat.

[BL] Aroma Manis CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang