Bagian 2: Bab 22

616 54 7
                                    

Menggali Lubang untuk Menangkap Komandan

***


Saat fajar, aku membuka mata di kereta bagasi. Kapten Mun ada di sampingku, mendengkur pelan, terkapar. Lebih nyaman tidur di kereta daripada di tenda Komandan Yai karena aku bisa berguling-guling sepuasnya. Yang terburuk adalah menabrak orang lain. tapi kemudian aku bisa saja bergeser. Tetap saja, mau tak mau aku memikirkan kehangatan dari cahaya lilin dan Komandan Yai yang berdoa pelan.

Aku keluar dari kereta, berusaha untuk tidak membangunkan Kapten Mun. Cahaya oranye redup mewarnai cakrawala. Sebentar lagi matahari akan terbit di balik barisan pepohonan, Jika saat ini adalah hari-hari yang lalu, semua orang pasti sudah bangun dan mempersiapkan segalanya untuk melanjutkan perjalanan di pagi hari. Namun hari ini, hanya para juru masak yang siap membuat sarapan.

Aku terhuyung-huyung ke sisi lain padang rumput, tempat aliran sungai kecil melintas. Aku belum sepenuhnya bangun, tetapi aku perlu waktu sendiri untuk berpikir.

Air di sungai itu sejuk, aku mandi untuk menyegarkan diri sambil memikirkan kejadian tadi malam. Aku ingat aku duduk di dekat api bersama para tentara dan minum minuman keras, cukup untuk membuat pikiranku menjadi liar.

Cukup untuk melamun.

Itu adalah akibat dari alkohol dan suasana romantis yang aneh. Pikiranku jadi liar hingga aku membayangkan mendengar dua bait karya Suthorn Phu yang dilantunkan dengan alunan musik tak segan-segan menangkap pahit-manis itu dan memasukannya ke dalam hatiku, menghibur diriku agar tidak berlarut-larut dalam rasa rindu. Aku menatap Komandan Yai selama setengah malam, pikiranku menangkap pemandangan di hadapanku dan menatanya dengan gambaran yang mengharukan dari aku dan Khun-Yai di masa lalu. Bagian terburuknya adalah, aku menjadi begitu berani hingga berpikir untuk menyerang Komandan Yai.

Aku menggosok wajahku dan mengerang pelan di tenggorokanku. Jika Komandan Yai mengetahuinya, apakah dia akan mencambukku hingga jatuh ke tanah di depan semua orang...? Untuk alasan apa? Karena berani menggoda komandan pemduduk Sihasingkorn? Aku tidak bisa membayangkan jika Kapten Mun akan menusuk perutnya agar tidak tertawa terbahak-bahak, apalagi Komandan In. Dia akan menyeringai nakal sampai akhir dunia.

Aku berdiri dan ragu apakah akan bersantai di sini atau kembali ke kereta tempat Kapten Mun tidur. Tapi kemudian, aku mendengar suara dari satu sisi padang rumput. Aku merasa enggan sebelum memilih berjalan menuju sumber suara.

Itu adalah Komandan Yai. Dia sedang berlatih pertarungan pedang di lapangan yang disinari sinar matahari oranye, dengan manusia jerami diikat ke tiang kayu sebagai rekan tandingnya.

Komandan Yai menggerakkan tubuhnya dengan lincah, mengayunkan pedang gandanya seolah sedang menari. Bilahnya berayun menembus manusia jerami, membuat jerami beterbangan di udara dan jatuh ke rumput yang beterbangan.

Aku menatapnya, terpesona. Komandan Yai terlihat memukau dan perkasa. Ototnya seperti patung, dada kokoh, punggung lebar, dan perut berpotongan V. Untung saja dia memakai kain yang diikat erat, jadi aku bisa mengagumi otot pahanya tanpa terganggu oleh hal lain.

Ketika rekan tandingnya menjadi pencar, Komandan Yai berhenti. Dia menyeka keringat di wajahnya dan mengarahkan matanya ke mataku.

Aku menegang, mengutuk diriku sendiri yang asyik menatapnya hingga lupa bersembunyi dan mengintip, tidak berdiri di tempat terbuka seperti orang bodoh dan ketahuan seperti ini. Aku berjuang untuk membuat alasan.

"Aku di sini untuk mandi." Aku melukis alasan searah aliran sungai.

Mengabaikan alasanku, Komandan Yai mendekatiku. Aku menelan ludah ketika dia berhenti di depanku beberapa langkah lagi.

"Apakah kamu mengintip ke arahku?" Suaranya rendah dan serak.

Sebenarnya, aku sudah mengawasinya sejak kemarin dan berharap dia tidak menyadarinya.

Aku mengalihkan pandanganku, menghindari tatapannya, memikirkan alasan untuk mendukung tindakanku. "Aku tertarik dengan seni bertarung. Pedang, tombak, panah. Aku menyukai semuanya. Saat aku melihatmu berlatih. Aku hanya bisa menonton."

Tawa kecil di tenggorokan Komandan Yai membuat mataku kembali menatap wajahnya. Bibirnya melengkung.

"Kamu menyukai seni bertarung? Kamu terlihat seperti muncul dari bawah bunga teratai dan tidak pernah sekalipun menyentuh senjata. Tapi jika kamu mampu merapal mantra, menipu, atau menyergap, aku tidak akan terkejut."

Hatiku terputus-putus. Kenapa dia memberiku senyuman itu? Meski setengah mencemooh, itu sangat mempengaruhi perasaanku. Dan kata-kata itu. Apakah dia akan memilih apakah akan memuji atau menghina aku? Sepertinya yang dia maksud adalah aku mempunyai kulit yang bagus dan cerah tetapi terlihat menipu dan tidak dapat dipercaya. Kepalaku berkabut saat ini. Aku tidak bisa memproses hal yang rumit.

"Kamu terlalu meremehkanku. Aku mungkin tidak sekuat kalian semua, tapi aku tidak lemah. Aku dulu belajar permainan pedang."

Itu benar. Dulu di SMA, itu adalah salah satu mata pelajaran di P.E.

Komandan Yai mengangkat tangannya, dan hatiku tenggelam saat dia menjentikkan pergelangan tangannya untuk membalikkan pedangnya. Aku terkesiap saat dia menusuk tanah di depanku dengan itu.

Aku berharap untuk menyaksikannya sekali saja. "Maukah kamu memberkati mataku dengan permainan pedangmu?"

Kedengarannya seperti permintaan, tapi ekspresi dan suaranya menyatakan itu sebagai perintah yang kuat.

Aku mendaratkan pandanganku di pedang panjang di depanku dengan panik. Dengan serius? Apakah dia memerintahkan aku untuk menunjukkan keterampilan bertarungku dengan pedang? Ukh... dan itu adalah pedang asli. Aku tidak tahu apakah ada celah tenggorokan siapa pun atau menusuk perut seseorang. Aku menelan dan mengincarnya dengan gugup sebelum menatapnya.

Komandan Yai mengunci matanya padaku. Aku kira aku harus menunjukkan kepadanya secara nyata jika aku tidak ingin dia percaya bahwa aku mengintip untuk sementara waktu untuk mengagumi tubuhnya dan bahwa aku tidak menyukai seni bertarung apa pun.

"Tentu," kataku.

Aku berdoa kepada Pak Polawat, yang mengajar permainan pedang, dan mencoba mengingat kembali informasi lama mengenai gerakan tersebut. Menahan napas, aku menarik keluar pedang Komandan Yai, menggenggamnya di tangan aku, dan masuk ke posisi bertarung seperti yang telah aku pelajari. Aku ingat beberapa, untungnya.

Aku menyesuaikan postur tubuhku dengan sikap dasar. Aku meletakkan ibu jari dan jari telunjuk aku di atas dada aku dan melangkah ke depan. Aku mengambil langkah, membawa kakiku yang lain di samping kaki depan, dan mengangkat pedang. Awalnya terlihat canggung, tetapi aku meningkatkan gerakanku sesaat kemudian. Aku menunjukkan gerak kakiku dan menyerang gerakan mematikanku.

Ambil, kumpulkan jempol dan jari telunjuk aku. Tutup langkah, jab, tusuk!

Komandan Yai tidak bisa berkata-kata, lalu bertanya dengan suara yang tidak jelas. "Dimana sekolahmu?"

Disposisi membuatku marah. Apakah dia tidak menghormati sekolahku? Aku adalah seorang siswa dari seorang guru. Bahkan jika Pak Polawat adalah seorang Guru P.E., bukan komandan, beliau mengajar murid -muridnya dengan sungguh-sungguh dan selalu murah hati saat menilai. Jika dia harus menyalahkan seseorang, cukup menyalahkan aku karena pandai menggambar dan payah dalam hal ini. Aku memberitahunya nama sekolah menengahku.

Dia menggelengkan kepalanya. "Tidak pernah mendengarnya. Apakah masih berdiri?"

"Apa yang kamu maksud dengan itu, Komandan Yai?"

Komandan tidak bisa menahan senyumnya lagi. Dia menunjuk ke dadaku dan berkata. "Jika permainan pedangmu adalah hal yang buruk, apakah seluruh sekolahmu tidak binasa dalam pertempuran? Jangan pergi dan melawan siapa pun hanya untuk terbunuh."

Dia mengambil pedang ke belakang dari tanganku dan berjalan pergi, membuatku mendidih di tengah padang rumput.

Di pagi hari, mereka mengirim beberapa pelayan untuk mendapatkan lebih banyak persediaan. Aku tidak pergi ke desa kali ini karena Kapten Mun perlu menjaga perkemahan. Dia menggerutu bahwa dia memiliki kesempatan untuk menggodai wanita di pasar, dan bahwa dia akan kesepian selama berhari -hari dan mungkin akhirnya kehilangannya dan menikahi monyet.

Di malam hari, setelah mereka selesai mengemas persediaan untuk perjalanan, sudah waktunya untuk rekreasi. Malam ini, mereka tidak minum di sekitar api seperti malam itu karena perjalanan akan berlanjut besok pagi. Jadi, mereka melakukan aktivitas lain.

Mereka memainkan permainan. Ini adalah permainan pertempuran yang membutuhkan kekuatan terutama. Mereka dibagi menjadi dua tim masing -masing sepuluh. Setiap tim akan mengikat strip warna tertentu ke lengan atas mereka. Ada dua tiang kayu tinggi dengan bendera warna tim yang tergantung di sana. Tim yang mencapai tiang dan menyambar bendera tim lain yang pertama menang. Demi Faimess, Komandan Yai dan Komandan In akan melindungi tiang bendera dari tim yang berbeda.

Permainan dimulai dengan kegembiraan. Ini adalah pergumulan yang mendebarkan, tidak berbahaya. Kedua tim menagih satu sama lain dan bergulat dengan kekuatan dalam upaya untuk merobek strip dari lengan atas satu sama lain. Mereka yang kehilangan strip mereka dihilangkan dengan segera. Tim yang mendapatkan lebih banyak strip memiliki lebih banyak peluang untuk berhasil mendapatkan bendera di tiang.

Ini sangat menyenangkan! Suara perkelahian dan raungan terus menerus bergema. Letupan debu di udara dari pertarungan. Padang rumput dipenuhi dengan suara bersorak. Kami berteriak dengan sensasi setiap kali seseorang menarik strip lengan musuh. Setiap tim secara bertahap kehilangan anggotanya. Akhirnya, hanya ada dua orang yang tersisa. Jika salah satu dari mereka mendapatkan strip terlebih dahulu, ia akan berlari ke tiang bendera tim lain, dengan penjaga bendera dari tim yang sama bergabung untuk membantu.

Para penonton teriakan ketika keduanya saling menarik strip satu sama lain pada saat yang sama. Ini berarti kedua tim telah kehilangan semua rekan satu tim dan permainan berakhir dengan dasi. Tidak ada yang menang atau kalah.

Meskipun demikian, Komandan Yai menolak untuk berakhir di sini. Dia meraih tiang bendera timnya dan melemparkannya untuk melonjak tanah di tengah medan pertempuran, menantang komandan untuk datang dan mendapatkannya. Komandan In menggonggong tertawa terbahak-bahak sebelum menggenggam tiang bendera dan melemparkannya ke sisi yang lain.

Kedua komandan saling menagih dan bergulat, menendang debu, tidak membiarkan yang lain memegang bendera mereka. Koretan itu mengomel seolah-olah kita sedang menonton pertarungan antara harimau dan beruang. Kamu bisa menebak siapa yang aku dukung, bukan? Aku bertepuk tangan dan meneriakkan nama Komandan Yai tanpa rasa malu tentang betapa anehnya penampilan bagiku untuk menghibur pria yang telah memperlakukanku dengan dingin.

Pemandangan di depan mataku mendorong aku untuk bertanya kepada Kapten Mun, "Komandan Yai dan Komandan In tidak terlihat mirip sama sekali."

"Dapat dimengerti." Mata Kapten Mun tertuju pada pertarungan yang kusut. Komandan Yai adalah anak dari istri kedua, dan Komandan In dari istri yang pertama.

"Hmm.. ?" Mataku melebar karena penasaran.

Setelah beberapa penjelasan dari Kapten Mun. Aku akhirnya mengerti. Komandan Yai dan Komandan In berbagi ayah. Ibu Komandan In telah menikah dengan ayahnya selama bertahun-tahun namun gagal melahirkan seorang anak. Akhirnya ia mengizinkan suaminya mendatangkan seorang simpanan yang akhirnya melahirkan putra pertamanya, Komandan Yai.

Namun setahun setelah Komandan Yai lahir, istri pertama dan kedua hamil di waktu yang bersamaan. Ibu Komandan In meninggal dunia dua hari setelah melahirkan. Istri kedua, yang baru saja melahirkan seorang bayi perempuan, saudara perempuan Komandan Yai, merasa sangat kasihan terhadap anak yatim tersebut dan meminta izin untuk membesarkan Komandan In dan menyusuinya. Jadi, dia adalah ibu tiri sekaligus pengasuhnya.

Tak heran jika kedua kakak beradik yang lahir dari ibu berbeda ini bisa dekat satu sama lain.

Mereka dibesarkan bersama secara berdampingan.

Yah, agak aneh bahwa kedua kekasihku adalah saudara pada periode ini tetapi tidak berhubungan satu sama lain sama sekali, hanya dua orang yang tinggal di kota yang sama.

Aku menatap Komandan Yai. Dia tampak sangat terhibur dengan permainan itu. Bibirnya membentuk senyuman cerah, dan itu mengingatkanku pada saat dia tersenyum padaku. Aku tahu aku akan melamun lagi, meski aku belum meneguk setetes pun alkohol.

Sungguh tidak pantas. Mereka berkelahi dengan keirian sementara pikiranku melayang ke bibirnya yang montok dan bisa dicium, lembut dan lembab saat bibir kami bersentuhan.

Aku ingat kata-kata manis yang diucapkan Khun-Yai kepadaku. Tak peduli di mana takdir memperdaya dan melemparkanku ke sana, kata-kata cintanya tetap terukir di hatiku. Aku memikirkan percakapan kami, aku ingat dengan jelas.

'Kapan kamu mulai mencintaiku...? Apakah itu cinta pada pandangan pertama?'

'Tidak juga. Rasanya aku sudah lama mencintaimu. Aku tahu aku mencintaimu sebelum aku bertemu denganmu hari itu.'

Aku membeku mengingatnya.

Tunggu dulu...Dia setia padaku bahkan sebelum dia bertemu denganku.

Rasa takjub menyerbu sekujur tubuhku. Bagaimana jika itu bukan sekadar kata-kata romantis dari orang yang sedang jatuh cinta? Bagaimana jika itu datang dari perasaan sebenarnya di dalam hatinya dan maknanya literal?

Khun-Yai mempunyai keterikatan mendalam denganku bahkan sebelum kami bertemu. Itu menjelaskan mengapa dia tampak tercengang ketika perahu aku meluncur melewati paviliun tepi sungai untuk pertama kalinya.

Ini mungkin keputusasaanku, perjuanganku melawan kekecewaan, betapa aku tidak bisa bertahan dalam situasi yang kuhadapi tanpa pilihan dan karenanya mencari penjelasan untuk mendukungnya. Bagaimanapun juga, aku tidak bisa menghentikan pikiranku.

Sekujur tubuhku merinding memikirkan keyakinan akan reinkarnasi yang telah diwariskan sejak generasi kakek buyut kita. Khun-Yai bisa saja mencintaiku sejak periode ini, saat dia menjadi Komandan Yai, dan mempertahankan cinta ini hingga seumur hidup. Apakah energi jiwa tidak dapat dihancurkan seperti semua materi? Aku tidak punya jawabannya.

Tapi, pada detik ini, aku mempertimbangkan penjelasan lain. Ini adalah kemungkinan potensial dari keputusan kami. Tindakan dan keputusan kita saat ini secara langsung mempengaruhi masa depan kita.

Ini berasal dari teori alam semesta paralel kuantum, sebuah hipotesis fisika kuantum yang belum terbukti. Dinyatakan bahwa setiap detik tindakan kita memerlukan pengambilan keputusan-berbelok ke kiri atau ke kanan, terus berjalan atau berhenti, atau bahkan memilih hidangan untuk dimakan-konsekuensinya akan berbeda setiap kali kita mengambil keputusan.

Jika Komandan Yai di era ini mencintaiku, hal itu mungkin akan berdampak pada Khun-Yai di B.E. 2470 untuk mencintaiku juga.

Aku mungkin sudah gila untuk mengambil kesimpulan seperti itu, tapi aku tidak sepenuhnya percaya teori tentang bagaimana alam semesta paralel terpisah seluruhnya. Jika kucingku mati digigit anjing malam ini, dan aku melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk membunuh anjing tersebut di pagi hari sebelum kejadian, anjing yang aku bunuh mungkin berbeda dengan anjing yang akan menggigit kucing aku di malam hari. Itu akan menciptakan alam semesta paralel tempat kucing aku bisa bertahan hidup.

Tapi aku tidak tahan lagi. Jika ada puluhan juta versi alam semesta paralel yang akan tercipta mulai detik ini, aku ingin semuanya mengarah ke Khun-Yai di B.E. 2470 yang mencintaiku. Setidaknya aku ingin meningkatkan peluang sebanyak mungkin. Aku tidak tahan membayangkan dia melihat melewatiku tanpa sedikit pun ingatan, dia tidak tertarik padaku dan tidak pernah berusaha mendekatkan kami dan jatuh cinta.

Inilah harapan yang akan aku pertahankan.

Entah teori alam semesta paralel kuantum dan keyakinan reinkarnasi itu nyata atau tidak, kebenarannya adalah kecintaan aku padanya, dan itu cukup kuat untuk mendorongku mengambil keputusan tentang langkah selanjutnya.

Aku menatap Komandan Yai dan Komandan In yang bergulat di tanah, tidak ada yang mau menyerah, hatiku dipenuhi dengan ambisi yang sangat besar ini.

Komandan Yai...aku akan mencuri hatimu.

Menjelang sore keesokan harinya, kami berangkat dari Baan Thung Hin. Aku melangkah melintasi jalan yang dibatasi padang rumput menuju tepi hutan dan pegunungan besar di depan kami. Sinar matahari hari ini cerah dan berangin. Angin meniup rerumputan ke samping dan membuat dedaunan serta potongan kapas putih dari batang beberapa tanaman beterbangan di udara. Mungkin kapuk atau pussy willow.

Aku menatap langit mendung, bertanya-tanya tanggal berapa sekarang. Sejak aku datang ke sini. Aku telah menjadi orang buta yang tidak memiliki persepsi yang jelas tentang apa pun. Dilihat dari pepohonan yang menggugurkan daunnya dan udara pagi yang tak sesejuk hari-hari pertama aku dilempar ke sini. Aku berasumsi aku sedang dalam masa transisi dari musim dingin ke musim panas. Mungkin ini bulan Februari.

Haa...aku tak punya siapa-siapa untuk diajak bergandengan tangan di bulan cinta ini.

Mau tak mau aku menjulurkan tanganku ke depan agar bisa melihat sekilas seseorang yang sedang menunggang kuda yang lewat. Sejak pagi, aku melihat Komandan Yai ketika dia memeriksa semuanya sebelum arak-arakan dimulai. Aku seharusnya akan menemuinya lagi pada siang atau sore hari atau mengawasinya dari jauh pada malam hari.

Ini tidak baik. Cintaku yang tak berbalas padanya sungguh menyedihkan. Pendekatan pasif ini tidak membawa hasil apa pun bagi aku. Aku harus lebih proaktif, aku perlu menemukan cara untuk lebih dekat dengannya. Jika aku duduk santai, tersenyum, dan melontarkan pandangan menggoda ke arahnya dari kejauhan, masa hidup ini akan berakhir sebelum aku menyadarinya. Tapi karena aku tidak tahu banyak tentang Komandan Yai, aku harus segera mencari informasi lebih lanjut. Jika kamu mengenal musuh dan mengenal diri sendiri, kamu tidak perlu takut akan hasil dari seratus pertempuran.

Aku mengambil kesempatan saat istirahat sore dan secara halus menginterogasi Kapten Mun satu-satunya sumber informasi aku. "Em...Kapten Mun, apakah kamu tahu apa yang disukai Komandan Yai?"

Kapten Mun menatapku dengan aneh. "Aku bukan istrinya. Bagaimana aku bisa tahu?"

"Hah, apa?" Wajahku menjadi khawatir, jantungku jatuh ke tanah. "Apakah dia punya istri?"

"Tidak." Kapten Mun menggelengkan kepalanya. "Mengapa kamu bertanya?"

Sial, Kapten Mun. Dia baru saja membuatku terkena serangan jantung. Untungnya, jawabannya tidak buruk. "Tidak ada. Baiklah, Komandan Yai dengan baik hati membebaskanku dari belenggu, jadi aku ingin membalasnya."

Kapten Mun berpikir sejenak dan menjawab, "Selain memilih dan melatih prajurit, aku belum pernah melihat dia tertarik pada apa pun."

"Memilih prajurit..." gumamku sambil merenung. Apakah itu seperti wajib militer? Apa yang mereka lakukan? Apakah ada tes kebugaran jasmani atau semacamnya? "Bagaimana cara dia memilihnya, Kapten Mun?"

"Dia mengelompokkan mereka dan menyuruh mereka berdebat satu sama lain."

Itu keterlaluan...Mengingat permainan pedangku. Aku ragu Komandan Yai akan memilih aku untuk bergabung dengan pasukannya. Dan aku tidak ingin berdebat dengan siapa pun. Aku menggelengkan kepalaku dan bergumam. "Kalian semua benar-benar suka bertarung ya?"

"Aneh sekali kamu mengatakan hal itu. Siapa yang akan bertarung jika tidak diperlukan?"

Melihatku berkedip bodoh, dia menjelaskan, "Kota kami tidak damai, Ai-Jom. Meskipun kami telah tunduk kepada Yang Mulia Raja Kham dari Chiang Mai, kami masih jauh dari saling percaya. Dan kami belum mengetahui apakah Kerajaan Ayutthaya adalah sekutu atau musuh kami. Jika suatu hari mereka mengerahkan pasukan untuk merebut kota kami dan Chiang Mai secara berturut-turut, kami tidak punya pilihan selain mati demi tanah air kami."

Aku terkejut dengan informasi baru yang tiba-tiba menimpaku. Dia baru saja mengatakan Kerajaan Ayutthaya...Kerajaan Ayutthaya.

Jantungku berdebar begitu kencang hingga hampir keluar dari dadaku. Apakah ini berarti Sihasingkorn berbatasan dengan Kerajaan Ayutthaya? Itukah sebabnya mereka takut kota mereka akan diserang dan diambil alih oleh mereka? Waktu apa aku berada di Periode Ayutthaya? Aku tidak tahu waktu apa Raja Kham, penguasa Chiang Mai, memerintah dibandingkan dengan Periode Ayutthaya.

Aku meremas tanganku, berusaha menjaga emosi dan suaraku tetap stabil. "Apakah maksudmu Sihasingkorn berhubungan baik dengan Chiang Mai tetapi memusuhi Kerajaan Ayutthaya?"

"Istilah baik apa yang diungkapkan dalam viktimisasi?" Kapten Mun mencemooh, ekspresi dan matanya muram. "Sihasingkorn diambil alih oleh Chiang Mai ketika Chiang Mai menolak untuk tunduk pada Hansawadee dan memutuskan untuk merdeka. Yang Mulia Raja Kham berencana untuk memperluas kekuasaannya, jadi dia mengerahkan pasukannya untuk merebut Sihasingkorn. Kami telah ditangkap oleh mereka sejak saat itu kemudian."

"Apakah Komandan Yai kalah dalam pertempuran?" Aku berkata tanpa berpikir.

"Tidak." Kapten Mun merendahkan suaranya. "Komandan Yai bukanlah seorang prajurit saat itu. Ayah dari Yang Mulia Pangeran Siharaj memimpin pasukannya sendiri dan terbunuh oleh sabit di gajahnya. Setelah meraih kemenangan, Yang Mulia Raja Kham mengangkat Yang Mulia Pangeran Siharaj sebagai penguasa dari Sihasingkorn. Kami harus mengirimkan upeti ke Chiang Mai tiga kali setahun. Sudah tiga tahun."

Aku melihat Kapten Mun mengatupkan rahangnya, bersimpati pada mereka. Aku lahir di era di mana negara-negara melancarkan perang ekonomi, bukan mencaplok negara lain dengan perang nyata.

Kapten Mun merasakan kemarahan simpatik di mataku. Dia melanjutkan.

"Aku benar-benar tertekan. Separuh dari hasil panen kami harus diserahkan kepada mereka. Yang lebih parah lagi, mereka menuntut agar kedua saudara perempuan Yang Mulia harus mempersembahkan diri mereka kepada Yang Mulia Raja Kham. Namun, kesehatan Yang Mulia Putri Amphan tidak baik." Dalam kondisi baik karena cuaca dingin di Chiang Mai menyebabkan rasa sakit di dada Yang Mulia. Yang Mulia Raja Kham menyatakan perintahnya untuk mengirim Yang Mulia kembali ke Sihasingkorn untuk pulih, meninggalkan Yang Mulia Putri Duean Klum di sana."

Sebagai sandera, ya? Aku melirik payung putih bergagang panjang di kejauhan. Meskipun dia seorang bangsawan, sang putri menderita dengan cara yang tidak akan pernah dialami oleh rakyat jelata seperti kita.

[BL] Aroma Manis CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang