Air Mata Jom
***Melihat wajahku yang pucat dan terkejut, Kapten Mun menepuk pundakku.
"Bukan masalah besar, Jom. Aku juga mencintai dan menghormati komandan dengan sepenuh hatiku, meski aku tidak pernah mengeluh seperti orang gila seperti kamu."
"Hah...?" Aku menatap Kapten Mun dengan bingung sejenak. Ketika aku mengerti maksudnya. Aku segera ikut bermain. "Oh...Benar aku sangat mencintai dan menghormatinya, Dia seperti...malaikat pelindungku."
"Malaikat pelindungmu?" Kapten Mun terlihat geli. "Terserah. Hanya saja, jangan mabuk dan pertahankan sikap kurang ajar seperti itu lagi, atau kamu akan membuat kami semua mendapat masalah. Komandan Yai telah melarang semua orang memberimu minuman keras. Kalau tidak, orang itu akan dihukum."
Aku menelan ludah. "Aku tidak akan melakukannya lagi, Kapten Mun. Aku tidak akan pernah minum minuman keras lagi. Bahkan seteguk pun tidak."
Saat Kapten Mun menjalankan tugas rutinnya. Aku menghabiskan waktu ini menuju ke tepi sungai untuk merenungkan tindakan aku. Butuh beberapa saat sebelum otak aku dapat memroses apa pun. Adegan tadi malam perlahan terulang kembali di kepalaku satu per satu. Awalnya terlihat normal, tapi setelah Komandan Yai menarikku dan menutup mulutku, tidak ada satu pun adegan yang bagus.
Ini...bencana.
Aku menggosok wajahku, malu. Roh jahat apa yang mendorong aku melakukan hal seperti itu? Sejak lahir, aku tidak pernah berpikir aku akan jatuh ke tanah dan memeluk kaki seseorang seperti itu. Apa pendapat Komandan Yai tentang apa yang terjadi? Akankah dia menganggapnya sebagai tindakan lucu orang gila atau merasa tidak senang karena aku mengaku sebagai kekasihnya dari kehidupan lain meskipun aku seorang laki-laki?
Aku menjulurkan kepalaku untuk melihat bayanganku di air jernih. Konon, anak laki-laki yang mirip ibunya akan beruntung, bebas dari kesialan. Aku adalah gambaran ibuku yang meludah. Nenekku adalah wanita utara yang menikah dengan pria sentral, jadi ibu aku memiliki mata bulat besar, wajah berbentuk oval, dan bibir serta hidung kecil yang lucu. Hanya mataku yang sedikit berbeda dengannya. Aku punya kelopak mata ganda, tapi ekor mataku panjang karena ayahku setengah Tionghoa, kalau aku mirip dengan ibuku, kenapa aku begitu malang?
Tidak ada gunanya menyalahkan nasib. Aku menghela nafas dan mengambil air dengan gayung kecil untuk menyikat gigi. Anehnya, aku sudah terbiasa dengan rutinitas sehari-hari ini. Air alami di hutan lebih bersih dan menyegarkan dibandingkan air keran. Sikat gigi terbuat dari ranting sikat kasar yang ujungnya dipatahkan hingga rata. Aku mencelupkannya ke dalam garam dan menyikat gigi dengan itu.
Saat aku mengunyah daun jambu biji seperti yang lainnya setelah itu, napas aku terasa segar sepanjang hari.
Aku selesai mandi dan diam di sana, mengamati dua ekor burung merpati yang bertengger di dahan berdampingan. Salah satu dari mereka terbang ke bawah untuk mematuk serangga dan terbang kembali ke atas bersama yang lain. Mungkin dia tidak mencoba membuat kekasihnya mabuk tadi malam. Itu menjelaskan mengapa mereka masih mesra di pagi hari. Apa yang aku lakukan sekarang? Apakah aku mencoba keluar dari situ dengan berpura-pura bodoh? Apakah aku harus menemui Komandan Yai dan meminta maaf karena telah berbuat sia-sia sehingga aku melakukan sesuatu yang sangat memalukan?
Aku mengakui perasaanku dan memintanya untuk membalas cintaku. Bagaimana aku bisa melakukan itu? Aku menarik rambutku karena frustrasi. Aku telah menyembunyikan perasaan aku dan tidak pernah sekalipun dengan berani mengungkapkannya. Alkohol tidak mengubahmu, ini mengungkapkan warna asli Anda.
Aku harus melepaskan ikatan yang aku ikat dan menerima konsekuensi tindakan aku. Aku harus menghadapi Komandan Yai meskipun aku mungkin akan dikecam atau dihukum untuk menjaga jarak tiga meter darinya setiap saat.
Biasanya hal-hal berjalan pagi ini. Kapten Mun dan teman-temannya mengobrol, tak lupa mengungkit kejadian dimana aku terbuang di tenda Komandan Yai saat percakapan penuh semangat itu.
"Lihat. Ai-Jom, jika lain kali kamu menginginkan minuman keras, minumlah secara diam-diam di belakang punggungnya." Salah satu dari mereka memberitahuku. "Masukkan beberapa ke dalam botol kecil dan kaitkan di ikat pinggangmu, jauhkan dari pandangan orang lain. Jangan bilang pada siapa pun aku menyarankan ini."
Aku tersenyum lemah lembut, menerima setiap godaan yang datang kepadaku. Ayo...Lakukanlah. Lagipula aku tidak bisa menghentikan mereka. Sebelum senyumku yang kecewa hilang, mataku melihat Komandan Yai sedang menunggang kudanya lewat. Dia berbalik ke arahku dan mata kami bertemu dengan detak jantungku, ragu-ragu tentang apa yang harus dilakukan. Haruskah aku memberinya senyuman minta maaf?
Tapi Komandan Yai membuang muka.
Aku berdiri di sana dengan bodoh sampai orang yang berjalan di belakang menabrakku.
"Ukh! Kenapa kamu berhenti?" Dia menggonggong.
"Maaf." Kataku, perhatianku teralihkan. "Aku melamun."
"Matahari hampir terbit di atas kepala kita dan kamu masih belum sadar?"
Yang lain tertawa riang. Menurutku kali ini tidak lucu, khawatir dengan kelakuan Komandan Yai barusan. Apa dia benar-benar marah padaku?
Pikiran itu menguras kekuatan anggota tubuhku. Apakah aku sudah memutar kembali ke awal, di mana Komandan Yai tidak menunjukkan rasa ramah kepada aku? Saat itu, dia curiga padaku. Tapi sekarang, dia mungkin benar-benar membenciku.
Kecemasanku bertambah seiring berjalannya waktu. Akhirnya, aku menemukan kesempatan saat istirahat sore. Aku melangkah ke arah Komandan Yai ketika dia sedang mengatur pelana kudanya sendirian.
"Komandan Yai, bolehkah aku bicara denganmu?" Aku bertanya dengan lembut.
Komandan Yai menoleh ke arahku tapi tidak berkata apa-apa.
Aku mencoba untuk berani. Aku perlu menyembuhkan kerusakan yang aku timbulkan tadi malam.
"Yah...Tentang tadi malam. Aku tahu kamu pasti marah padaku, tapi aku ingin menjelaskan alasan tindakanku. Aku tidak pernah bermaksud hal itu terjadi. Aku minum terlalu banyak dan berbicara omong kosong tanpa berpikir. Aku juga marah pada diriku sendiri. Mengenai..."
"Aku tidak marah." Komandan Yai menyela, wajahnya datar, hampir kosong. "Jika kamu khawatir aku akan menghukummu, jangan khawatir. Kembalilah ke posisimu, sudah waktunya berangkat."
Aku tidak bisa mengucapkan sepatah kata pun dan hanya menatapnya tanpa berkata-kata. Aku telah menguatkan diri untuk ditegur dengan kata-kata yang menyinggung, bukan untuk menerima sikap dingin ini sebagai tanggapannya. Aku menelan rasa pahit di tenggorokanku. Penjelasan aku tidak ada gunanya sekarang. Permintaan maaf saja sudah cukup.
Aku mengepalkan tinjuku dan mengirimkannya.
"Aku minta maaf."
Komandan Yai mengangguk tapi tidak memberikan jawaban. Dia meletakkan kakinya di sanggurdi dan menaiki kudanya.
Ini lebih buruk dari perkiraanku. Aku menekan perasaanku dan memutuskan untuk berputar dan pergi tetapi aku berhenti setelah tiga langkah. Hatiku terasa sangat berat hingga aku hampir kalah dalam pertarungan, namun aku menolak membiarkan semuanya berakhir seperti ini. Aku berbicara dengan membelakanginya.
"Aku minta maaf atas tindakanku yang tidak pantas. Tapi, mengenai apa yang aku katakan tentang kita menjadi sepasang kekasih di kehidupan lain, aku bersungguh-sungguh."
Aku menahan napas dan menjauh tanpa melihat ke arahnya lagi.
Waktu berlalu dengan hatiku yang kecewa. Bahkan suasananya lebih membosankan dari sebelumnya. Langit berlumuran awan gelap dan angin bertiup kencang. Akhirnya, prosesi berhenti untuk mendirikan kemah karena kami takut akan kemungkinan hujan lebat.
Pada jam-jam perjalanan sore setelah percakapanku dengan Komandan Yai. Aku merenungkan berulang kali apa yang terjadi. Semakin aku merenung, semakin banyak kesalahan yang aku temukan. Aku mencoba untuk berada di posisinya. Jika orang asing datang ke dalam hidup aku dan melakukan semua hal aneh yang pernah aku lakukan, bagaimana perasaanku? Jawabannya bukanlah jawaban yang positif.
Di malam hari, Komandan Yai tidak memanggilku seperti hari-hari lainnya, dan itu hanya memperparah rasa sakit dan perasaan gagalku. Aku memaksakan diri untuk makan beberapa suap saat makan sebelum pindah ke area di mana mereka akan menyalakan api nanti malam. Mereka gembira karena angin meniup awan dan membawa hujan ke tempat lain. Oleh karena itu, aktivitas malam mereka tetap tidak berubah.
Beberapa saat kemudian, melihat yang lain sedang asyik bermain catur. Aku berjalan dengan susah payah ke barisan gerobak tetapi tidak mendapatkan salah satu dari mereka. Aku terus berjalan menuju pohon besar tak jauh dari situ, menginjak dedaunan kering yang menumpuk karena angin di malam hari. Aku menjatuhkan diri di dekat batang pohon dan menatap bulan di langit.
Bulan sabit bersinar di balik tirai awan tipis. Aku melihatnya dan menghela nafas.
Bulan adalah bulan yang sama yang pernah aku lihat di dunia tempat aku dilahirkan dan dibesarkan dan dunia tempat aku tinggal bersama Khun-Yai. Ia melewati setiap era bersama dengan dunia kita dan mungkin selalu menatap ke arah kita. Andai bulan bisa bicara, aku akan bertanya apa yang disaksikannya. Pernahkah aku menemukan akhir yang bahagia di suatu tempat?
Dan semua perasaan yang selama ini aku pendam tercurahkan.
Aku menarik lututku ke dada dan memeluknya. Aku mengatupkan rahangku untuk menghentikan rasa panas di belakang mataku. Kelemahan adalah sesuatu yang tidak ingin aku temui, namun sekarang kelemahan itu menguasai pikiran aku sehingga aku tidak dapat melawannya. Dalam beberapa jam terakhir, aku merenungkan banyak hal dan menemukan beberapa fakta yang aku abaikan.
Sebelumnya, aku pikir aku sudah memilikinya bersama, bahwa aku bisa tinggal di sini tanpa kehilangan akal untuk jatuh ke dalam kematian. Tapi tidak, aku menyangkal. Hatiku hancur sejak hari aku terpaksa berpisah dari Khun-Yai dan didorong ke tempat ini. Aku terjatuh dan tidak pernah bangkit kembali bahkan sampai detik ini. Hal-hal yang aku katakan pada diri sendiri untuk dipikirkan dan dilakukan hanyalah perjuangan untuk bertahan hidup setiap hari.
Aku benar-benar lemah dan bingung saat ini, bahkan tidak yakin dengan perasaanku. Aku merasa takut, sedih, dan mendambakan kekuatan dan harapan. Aku ingin diri aku bisa hidup tanpa hancur berkeping-keping. Dan perasaan paling rapuh yang paling menakutkan dari semuanya adalah perasaan merindukan seseorang.
Aku takut melewatkan Khun-Yai.
Itu adalah bagian yang menghibur sekaligus menyiksaku. Aku takut terus memikirkan dia menatapku di jalan yang ditepi pohon karet. Aku takut aku tidak sanggup menanggungnya lagi. Aku tahu Khun-Yai akan menunggu untuk bertemu dengan aku lagi, dan dia benar-benar berhasil pada hari tertentu di dunianya.
Itu adalah hari dimana Chiang Mai diselimuti kabut asap di era aku. Pada hari aku keluar dari rumah kecil menuju mobilku sebelum menyalakan mesin untuk pergi ke klub malam di tepi Sungai Ping. Khun-Yai melihatku dan memanggil namaku, tapi yang kulakukan hanyalah menjauh secepat mungkin.
Tidak ada yang lebih menyakiti hatiku selain merindukan orang itu selamanya di luar jangkauanku. Aku tidak bisa berbuat apa-apa untuknya meski tahu betapa sakitnya dia harus melaluinya.
Dan saat ini, Khun-Yai dan Komandan Yai berada di luar jangkauan aku.
Mengenai Komandan Yai. Aku berpegang padanya sebagai sauh dan menggunakannya karena keegoisanku, seolah-olah dia adalah sebatang kayu yang mengapung di sungai yang kugenggam untuk menyelamatkan diriku dari tenggelam. Aku memandang dia sebagai satu-satunya harapan nyata di dunia yang tidak aku ketahui, sebagai orang yang ingin aku andalkan. Hanya itu yang aku pikirkan, dan aku melakukan segalanya tanpa mempertimbangkan perasaannya yang sebenarnya.
Aku menopang wajahku di lenganku dan mencoba menahan air mataku. Daun-daun berguguran di bahuku dan di sekujur tubuhku.
Aku tersadar bahwa tidak ada angin selain angin sepoi-sepoi yang sesekali nyaris tak terlihat. Aku mengangkat kepalaku dari lenganku dan mendapati dedaunan hanya berjatuhan di sekitarku.
Aku segera melihat ke atas.
...Komandan Yai.
Dia bersandar pada batang atas dahan di atas kepalaku, dengan segumpal kecil daun tertinggal di tangannya. Dia meledakkannya padaku.
Aku berdiri, merasa canggung sekarang karena aku tahu aku memilih tempat yang salah.
"Maafkan aku. Aku tidak tahu kamu ada di sini dulu." Aku bergumam dan berputar dengan cepat. "Aku akan pergi sekarang."
Sebelum aku mengambil langkah, dia berbicara dengan suaranya yang rendah dan serak.
"Kamu bisa mengingat inkarnasimu?"
Aku berhenti, terlalu takut untuk berbalik. Aku mendengarnya melompat turun dari pohon dan berjalan di atas dedaunan kering ke arah aku.
"Jawab aku." Suara Komandan Yai begitu dekat.
Aku perlahan berbalik dan mengumpulkan keberanianku untuk mengangkat mataku ke arahnya.
Komandan Yai mengarahkan pandangannya padaku, menunggu jawabanku. Ekspresinya tidak murung seperti di siang hari. Dia tampak serius, matanya bersinar seperti jet.
"Aku tidak tahu bagaimana menjelaskannya secara sederhana kepadamu," aku berbisik. Bukannya aku merasa terintimidasi olehnya, tapi pikiranku sedang melelahkan.
"Jelaskan sesuai keinginanmu."
Aku mengangguk dan mengalihkan pandanganku, mencoba memikirkan kata-kata yang dapat dipahami oleh orang-orang di era ini.
"Aku tidak hidup di era yang sama denganmu. Aku berasal dari suatu tempat yang tidak pernah kamu ketahui. Aku datang bersama sungai dan kabut dengan sumber yang tidak diketahui seperti yang kamu lihat sendiri pada hari aku muncul dari dalam air terjun di dalam gua..."
:Untuk tujuan apa kamu datang ke sini?"
"Aku tidak tahu," kataku dengan getir. "Aku terhanyut dengan paksa dari tempat aku berada. Terakhir kali, hal itu membawaku ke tempat lain, dan di sana aku bertemu denganmu di kehidupan lain. Saat itu, kita sedang jatuh cinta dan berbagi tempat tidur. Itu sebabnya aku melakukan apa yang kamu lihat aku lakukan."
Komandan Yai tercengang. Aku memberinya tatapan penuh pengertian.
"Aku tahu kamu pasti merasa tidak nyaman karena kamu tidak menganggapku seperti itu. Meski begitu, perasaan di hatiku masih ada dan tidak pernah hilang, dan aku tidak ingin menghapusnya. Aku tidak akan pernah membuang sesuatu yang berarti bagiku. Jika cinta itu menyakitkan, biarlah. Aku menyadari ini adalah masalah yang harus aku selesaikan sendiri. Aku tidak bisa membuatmu mengambil tanggung jawab, jadi tenanglah jangan terganggu olehnya."
"Apa yang kamu katakan membingungkan. Aku tidak yakin bagaimana cara memikirkannya."
"Jangan dipikirkan. Kasihan bukanlah cinta. Lanjutkan saja hidupmu." Aku memberitahunya, "karena aku juga tidak tahu harus berpikir apa lagi. Aku hanya ingin menyendiri sejenak untuk menenangkan pikiranku."
Komandan Yai menghela napas pelan dan berkata, "Kalau begitu tetaplah di sini. Aku akan pergi."
Aku mengangguk, dan Komandan Yai berjalan melewatiku. Jantungku merosot seolah tercabut dari dadaku. Aku berbalik ke arahnya. Pemandangan di hadapanku menghilangkan kekuatan untuk menahan diriku. Aku melangkah maju dan memeluk Komandan Yai dari belakang. "Komandan Yai, tolong jangan dorong aku menjauh." Suaraku bergetar. "Biarkan aku tetap seperti ini sejenak, dan aku tidak akan pernah meminta hal segila ini lagi. Aku tidak akan pernah mengganggumu lagi."
Entah karena kasihan atau ingin menyelesaikannya, Komandan tidak melepaskan tanganku.
Dia mengizinkanku membenamkan wajahku di punggungnya dan memeluknya erat seolah takut dia akan menghilang. Bahuku bergetar saat aku menangis. Aku bisa menahan suaraku, tapi aku tidak bisa menghentikan air mataku.
Tetesan air mata hangat menodai punggungnya, dan dia tahu.
"Apakah kamu sangat mencintaiku?"
"Sama seperti hidupku."
Jawabanku keluar dengan isak tangis. Komandan Yai berbicara kepadaku dengan suara lembut.
"Jom-Jao*, jangan menangis. Jika kita adalah sepasang kekasih di kehidupan lain, aku* mungkin akan mengingatnya suatu hari nanti seperti kamu."*Jao (เจ้า) adalah kata yang digunakan untuk menyebut seseorang yang Anda akungi atau dekat dengan Anda di masa lalu.
*Komandan Yai menyapa dirinya sendiri dengan kata ganti santai dan akrab, dan dia terus menggunakan kata ganti ini saat berbicara dengan Jom.Kata-katanya membuatku semakin menangis. Bagaimana dia bisa mengingatnya ketika waktu kita berjalan berlawanan arah? Waktunya mengalir ke depan sementara waktuku mengalir ke belakang. Masa laluku adalah masa depannya. Bagaimana seseorang bisa mengingat sesuatu yang belum terjadi?
Aku melonggarkan pelukanku. Komandan Yai tidak pergi seperti yang kukira. Dia perlahan menoleh ke arahku dan menatap wajahku yang berlinang air mata.
"Jangan menangis." Dia mengulurkan tangannya dan mengusap air mata di pipiku dengan ibu jarinya. "Jangan mengotori pipimu dengan air mata. Biarkan cahaya bulan menyinari pipimu."
Anehnya, sentuhan di pipiku terasa familier, seolah-olah dia pernah melakukannya sebelumnya. Aku melirik ke arah Komandan Yai. Dia tidak terlihat dingin atau kesal seperti yang selalu dia ungkapkan. Matanya melembut lebih dari sebelumnya, seolah dia memiliki kebaikan dan pemujaan untuk ditawarkan dan dengan tulus ingin menghiburku.Mungkin Komandan Yai selalu memiliki sisi lembut yang belum pernah aku lihat sekilas. Aku mengendus dan memaksakan senyum padanya. Padahal hatiku yang lelah membuatnya sulit. Aku tidak ingin mengabaikan kebaikannya. Kata-katanya yang menghibur sangat berarti bagiku dan menyelamatkan hatiku dari kehancuran lebih jauh.
Aku tersenyum padanya dan berbicara dengan tulus.
"Terima kasih banyak, Komandan Yai."
==========
Akhir Bab 24
KAMU SEDANG MEMBACA
[BL] Aroma Manis Cinta
General FictionJom adalah seorang arsitek yang bertugas merenovasi rumah-rumah kuno di tepi Sungai Ping. Di sana dia menemukan peti kayu yang berisi gambar-gambar tua yang aneh dan familiar. Terlepas dari keingintahuannya, dia tidak punya waktu untuk mereka; dia h...