Bagian 2: Bab 31

540 46 2
                                    

Sumpah

***

Aku ternganga melihat Han Lueang yang pergi dengan belati Han Kaew yang terselubung di pinggangnya, jantungku berdebar kencang ketakutan. Itu bukanlah sebuah ancaman. Segala sesuatu di mata dan sikap Han Lueang memberitahuku bahwa dia akan melakukannya. Malam ini, dia akan kembali dan menusuk dadaku dengan belati itu.

Waktu berlalu dengan ketakutan, dan sarafku semakin tegang. Awan kembali berkumpul meski sore sudah turun hujan. Gemuruh guntur dan kilatan petir sesekali menandakan hujan lebat lagi.

Aku mencoba memikirkan rencana pelarian aku meskipun tidak ada. Mereka berhenti di pinggir lapangan dekat sebuah desa. Rumah-rumah penduduk desa terletak di kejauhan, terlihat dan terjangkau.

Rombongan Putri Amphan mendirikan tenda atau tidur di kereta seperti biasa, sedangkan prajurit Raja Kham dibagi menjadi dua kelompok. San Fahkum dan sekelompok petugas kavaleri berlindung di tempat tinggal penduduk desa di pinggir lapangan. Mereka mungkin membayar biaya menginap atau mengenal penduduk desa.

Prajurit Raja Kham lainnya tetap berada di kamp sementara dengan kereta rombongan Seehasingkornian untuk menjaga dan mengawasi mereka. Aku terisolasi dari semua orang sebagai tahanan. Aku tidak punya hak untuk berbicara dengan satu orang pun.

"Prajurit, bolehkah aku meminta bantuanmu?" Aku memanggil seorang prajurit Raja Kham yang sedang berjalan-jalan. "Aku ingin bertemu San Fahkum. Ada sesuatu yang penting yang ingin aku sampaikan kepadanya."

San Fahkum adalah satu-satunya harapanku. Jika dia mengetahui rencana Han Lueang, ada kemungkinan dia akan menghentikannya.

Prajurit itu menoleh padaku. Dia meludah ke tanah karena merasa jijik. "Cuih! Apakah tugasku mengirim pesan tahanan ke San Fahkum? Jika kamu terlalu banyak bicara, aku akan mengikatmu pada sebuah tiang di tengah lapangan dan meninggalkanmu di sana di tengah hujan hingga pagi."

Aku melihatnya berjalan pergi, hatiku sangat khawatir. Sejak Han Lueang mengancamku, sudah sekitar dua atau tiga jam. Aku melirik ke langit. Gumpalan awan tebal menyelimuti bulan, hanya membiarkan cahaya redup menyinari.

Gemuruh guntur demi kilat mengagetkanku. Aku memutuskan untuk berteriak ketika aku melihat seorang penjaga mencari perlindungan dari hujan tidak jauh dari situ.

"Prajurit, bisakah kamu menggantungkan lentera di sini?"

Dia menoleh ke arahku dengan wajah datar. Seringai licik yang aneh menyebar di wajahnya. Aku merinding...Orang ini terlibat dalam rencana Han Lueang!

Dia pergi tanpa sepatah kata pun. Ini cukup bagiku untuk memahami bahwa dia dengan sengaja memberi Han Lueang kesempatan untuk membunuhku sementara yang lain tertidur.

Aku menarik lututku ke dada dan memeluknya, menjaga jarak dari pintu, menatap ke luar dengan cemas. Gerobak tempat aku dikurung ditutupi dengan roo yang miring ke bawah di kedua sisinya, dengan jeruji dan pintu kisi-kisi di bagian belakang. Gerimis hanya membuat suasana semakin mencekam.

Ini adalah momen paling menakutkan dalam hidupku. Aku tidak pernah berpikir aku akan menghadapi situasi seperti ini. Aku tidak pernah membayangkan aku akan terbunuh dengan cara digorok di tenggorokan atau tubuh aku akan ditusuk dengan senjata tajam. Aku tidak tahu kapan Han Lueang akan kembali. Saat dia muncul, itu akan menjadi kematianku.

Hatiku tenggelam. Aku melebarkan mataku karena panik ketika aku melihat sesosok laki-laki muncul dalam kegelapan beberapa langkah dari pintu. Dia berpakaian serba hitam, wajahnya ditutupi kain hitam di bawah matanya. Dia berdiri di tengah hujan dan menatapku.

"Jom." Dia bilang sebelum aku bisa berteriak ketakutan.

Aku membeku, jantungku hampir berhenti berdetak. Aku mengenali suaranya. Meski hanya satu kata, aku mengenalinya

"Komandan Yai! Aku melompat ke jeruji dan mencengkeramnya. Bagaimana kamu bisa sampai di sini?"

Aku senang sekaligus bingung. Bukankah dia seharusnya bersama pasukan Sihasingkorn dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya?

"Aku sedang menunggu di hutan untuk mendapat kesempatan menemuimu," jawabnya. "Prajurit kami yang menyamar dalam kelompok pelayan menyelinap keluar dan memberitahuku bahwa dia mendengar Han Lueang akan membunuhmu malam ini."

aku gemetar. Meski mengetahui rencana Han Lueang, konfirmasi dari Komandan Yai mengingatkanku bahwa hidupku berada di ujung tanduk.

"Apakah kamu akan membawaku pergi?" aku tergagap. "Jika kamu melakukan itu, apakah Sihasingkorn akan menjadi sebuah kesalahan? Prajurit Raja Kham akan menganggap kamu telah menyelinap keluar dariku."

"Aku tidak akan membawamu pergi," katanya dengan suara tegas. "Aku akan bersembunyi di samping kereta. Jika Han Lueang muncul untuk mengakhiri hidupmu, aku akan mengambil darahnya dengan pedangku."

"Kenapa kamu di sini sendirian?" Aku menjentikkan mataku ke kiri dan ke kanan. "Apakah yang lain bersembunyi di hutan?"

Dia menggelengkan kepalanya. "Jom, ini bukan urusan orang lain. Ini tentang kamu dan aku. Jika takdir membuatku terjatuh hingga mati, hidupku akan menjadi satu-satunya yang berakhir."

"Komandan Yai, jangan katakan itu!" aku menyalurkan.

Komandan Yai menghela nafas panjang. "Jom-Jao, jangan takut. Kematian harus selalu diingat oleh seorang prajurit, karena seorang pejuang tidak boleh merasa takut. Aku akan berjaga di dekat sini. Tenangkan dirimu, Pho-Jom. Selama aku masih di sini, tidak ada seorang pun yang bisa menyentuhmu."

Aku tidak bisa mengeluarkan sepatah kata pun. Komandan Yai bersembunyi di samping gerobak. Hatiku ingin menyuruhnya pergi dan tidak melindungiku. tapi bibirku bergetar hebat sehingga aku tidak bisa berkata apa-apa.

Beberapa waktu telah berlalu dalam gerimis. Aku berusaha menyatukannya dan menekan rasa takut yang melekat di hatiku ini. Akhirnya. Aku dapat berbicara.

"Komandan Yai, aku ragu aku akan bertahan sampai pagi. Meskipun Han Lueang tidak datang untuk membunuhku, aku mungkin akan menghilang sebelum itu."

"Sampai jumpa."

Suaranya tegas dan mantap, dan entah bagaimana menenangkan sarafku. Itu menyebarkan kehangatan di hatiku. Dia pasti berencana untuk tinggal bersamaku sampai waktunya tiba. Tanpa tanda-tanda akan mematahkan atau menghancurkan belenggu tersebut, aku akan menghilang begitu saja, atau aku akan menghilang di depan semua orang besok. hanya menyisakan keheranan dan kisah keajaiban magis untuk diwariskan.

Angin semakin kencang. Aku bergerak mendekati tembok tempat Komandan Yai bersembunyi di sisi lain. Aku meletakkan tanganku di atasnya dan berbisik.

"Apakah kamu kedinginan, Komandan Yai?"

"Hujan ini terasa tidak ada apa-apanya di kulitku. Hatiku disegarkan saat memikirkan Pho-Jom sedang bersandar di dinding di sampingku."

Wajahku berkerut. Aku bingung apakah aku ingin tersenyum atau menangis. Komandan Yai adalah dukungan emosional aku bahkan dalam situasi yang mengerikan ini. Aku mendengus, menahan air mataku.

"Apakah kamu menangis?"

Aku tetap diam, tidak berani menjawab karena takut menangis. Komandan Yai kembali ke depan pintu kisi-kisi. Langit mendung dan hujan mengaburkan sosoknya dari pandangan semua orang.

"Apakah kamu takut?" Dia bertanya dengan lembut.

Aku mengangguk.

"Han Lueang tidak akan pernah sampai padamu. Aku sudah bilang padamu."

Aku tidak tahan lagi. Aku sudah mencoba yang terbaik untuk tetap kuat selama mungkin, tapi ada batasnya. Air mata menetes di pipiku. Suaraku bergetar tak terkendali.

"Aku takut akan hal lain. Aku takut aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Aku takut terjadi sesuatu padamu. Aku takut kabut akan membawaku menjauh darimu selamanya. Aku tidak tahu apa yang akan terjadi. Aku takut pada segalanya."

"Jom-Jao, mendekatlah padaku."

Aku bergerak maju seperti yang diperintahkan, Komandan Yai menyelipkan tanganku melalui jeruji dan menyentuh wajahku. Telapak tangannya dingin karena hujan namun tetap kokoh dan dapat diandalkan seperti biasanya.

"Jom-Jao, dengar, meskipun kamu ditakdirkan untuk berpisah dariku, cintaku tidak akan pernah pudar, dan cintaku akan mengikutimu seperti roh suci, melindungimu di tempatku. Ke mana pun takdir membawamu, tidak peduli bahayanya. yang kamu temui, semoga kemalangan itu menimpa jiwaku, bukan jiwamu."

Aku terisak. "Aku mencintaimu, Komandan Yai. Kamu tahu itu, 'kan?"

"Kenapa aku tidak tahu perasaan yang ada di hatimu? Jangan menangis. Sekarang, dengarkan baik-baik." Komandan Yai menarik tangannya dari pipiku. Dia melepaskan cincinnya dari jarinya dan memasangkannya pada milikku. Itu adalah cincin kepala singa, arti dari Sihasingkorn. Singa memegang batu permata berkabut di antara taringnya. Ini adalah cincin yang pernah dikatakan Komandan Yai kepadaku yang dihadiahi Pangeran Siharaj sebagai penghormatannya.

"Aku memberimu cincin ini untuk mengingatkanmu bahwa hatiku tidak akan menjadi milik orang lain."

Komandan Yai melipat tangannya di depan dada, suaranya tegas dan jelas, menunjukkan tekadnya.

"Aku, Komandan Yai, bersumpah demi semua yang suci bahwa aku hanya akan mencintai Pho-Jom seumur hidup. Aku akan jatuh cinta padamu pada pertemuan pertama kita, dan aku tidak akan pernah meragukan cintaku padamu."

Air mata yang kucoba tahan terus mengalir. Aku meremas tangannya, menggenggamnya seolah itu adalah benda terakhir yang bisa kupegang dalam hidupku. Suaraku terputus-putus karena isak tangis.

Seandainya memang semua itu suci, andai aku terus hidup dan tak tercerai-berai, andai ada kesempatan lagi aku bertemu kembali dengan Panglima Yai, semoga kita tidak saling melupakan. Aku harap kita saling mengenali.

Aku harap kita mengingat semua yang telah kita bagikan sepanjang masa hidup. Aku berharap keinginan aku menjadi kenyataan.

Komandan Yai tersenyum padaku. "Semoga permintaanmu dikabulkan. Aku akan hidup sesuai dengan kehormatan dan janjiku, berpegang teguh pada hal itu sebagai hidupku. Aku berdoa agar Pho-Jom tetap hidup."

Aku memberinya senyuman berkaca-kaca, merasa bahagia dan hancur di saat yang bersamaan. Aku ingin memeluknya tapi tidak bisa. Yang bisa kulakukan hanyalah menahan tangannya melewati jeruji.

Hujan turun deras, Komandan Yai kembali ke tempat persembunyiannya. Aku bersandar pada dinding di sisi itu dan menunggu apa yang akan terjadi.

Han Lueang akhirnya muncul. Dia berdiri di depan pintu kisi-kisi seperti Dewa Kematian, belati Han Kaew tertancap di pinggangnya. Jantungku berdebar kencang saat Han Lueang membuka kunci pintu.

Aku meringkuk di tempatku, tidak bergerak. Kilat menyambar, dan aku melihat Han Lueang menghunus belati dan menatapku dengan kebencian. Dia melangkah masuk dan mengangkat lengannya untuk menusukku.

SRASH!

Ahhh!

Sebuah pisau diayunkan ke bawah dari sisi gerobak. Aku melompat saat Han Lueang berteriak kesakitan. Jari-jarinya, diamputasi, terbang. Belati itu jatuh ke tanah dengan tiga jari berguling di dekatnya

"Mundur." Komandan Yai menuntut dengan suara bermusuhan. "Jika tidak, kepalamu akan terpotong seperti jarimu."

Han Lueang memegang tangannya, terperangah. Darah mengucur dari jari-jarinya yang hilang, mewarnai telapak tangannya dengan warna merah tua.

"Siapa kamu?!" Dia menggonggong.

"Kubilang, mundur!" Komandan Yai mengarahkan pedangnya ke arah Han Lueang.

Han Lueang mundur dari kereta, berteriak kepada rekan-rekannya agar mereka tahu apa yang terjadi.

Tentara Raja Kham muncul dan maju ke arah kami. Han Lueang menatap tajam ke arah Komandan Yai dan berteriak.

"Seorang bandit! Bawa dia!"

Para prajurit Raja Kham masuk. Komandan Yai mengayunkan pedang gandanya dengan terampil di kedua tangannya. Setiap tebasannya meninggalkan luka parah pada musuhnya. Darah muncrat dari daging yang robek. Bagian tubuh manusia berserakan di genangan air hujan.

Komandan Yai bertahan di depan penjaraku, melindunginya dari siapa pun yang mendekat, terutama Han Lueang, yang mungkin menemukan peluang selama keributan untuk membunuhku. Han Lueand telah kehilangan jari-jarinya dan selusin prajurit infanteri. Tidak mungkin dia membiarkan aku dan Komandan Yai bertahan hidup dengan mudah.

Kedua tangan Komandan Yai mengayunkan pedangnya ke arah senjata yang bertujuan untuk mengambil nyawanya. Dentang logam yang bertabrakan bergema terus menerus. Tentara Raja Kham ambruk ke tanah. Ada yang mengerang, namun ada pula yang terbaring tak bergerak, menjadi mayat tanpa kepala. Aku menutup mulutku dengan tanganku, mataku membelalak melihat pemandangan di hadapanku karena ketakutan.

Meskipun demikian, pertarungan antara satu orang dan puluhan orang tidak mungkin tidak diterima oleh Komandan Yai. Aku menggigit lenganku kuat-kuat untuk membungkam suaraku ketika pedang salah satu prajurit Raja Kham menggores bahu Komandan Yai. Semburan darah merah menghujani sisi tubuhnya. Komandan Yai mendorong pedangnya, namun meninggalkan luka yang dalam pada dirinya.

Guntur bergemuruh di atas kepala, dan kilat menyambar dengan suara yang memekakkan telinga, mengguncang tanah. Itu melintas di langit. Komandan Yai bertahan dan bertempur melawan tentara Raja Kham yang menyerbu masuk. Pisau tajam yang dilempar, meskipun bukan pukulan fatal, mengiris dan memotong dagingnya, mengeluarkan darah ke seluruh tubuhnya. Meski begitu, Panglima Yai tetap berjuang, tidak menjauh. Aliran darahnya bercampur dengan darah tentara Raja Kham yang tewas, mewarnai genangan air menjadi merah.

Seluruh tubuhku menggigil. Berapa lama dia bisa bertarung? Keterampilan tempur Komandan Yai lebih unggul dari prajurit Raja Kham. Dia bisa menerobosnya jika dia mau...tapi dia tidak akan melakukannya.

Sambil terisak-isak, aku gemetar dan meringkuk di kereta saat pertarungan berlanjut. Suara derap manusia dan kuda bergema di seluruh daratan desa. Hatiku tenggelam. Tubuhku membeku karena ketakutan yang luar biasa. Itu pasti suara pasukan kavaleri dan San Fahkum, rombongan yang berlindung di rumah-rumah di pinggir lapangan. Jika San Fahkum sampai di sini dan melakukan unjuk rasa ke seluruh prajurit. Komandan Yai akan mati!

Air mata membasahi wajahku. Aku melompat ke pintu kisi-kisi yang terbuka dan basah kuyup dalam hujan deras.

...Lalu aku melihat kabut.

Itu berkumpul di tengah hujan, tidak berhubungan atau menjadi bagian dari alam. Kabut putih berputar rendah di atas tanah dan menebal menjadi karpet berasap yang melayang menuju gerobak aku. Sepertinya tidak mempengaruhi lingkungan sekitar kecuali aku.

Dalam beberapa detik, kabut menyelimuti tempat aku berada. Hal ini membuat aku tetap di tempatnya, secara khusus mendorong dan menarik pada saat yang sama, seperti yang terjadi di Jalan Pohon Karet, ketika aku berdiri di sana di B.E. 2471.

Di tengah hujan badai. Ucapku dengan suara serak.

"Komandan...Yai!"

Komandan Yai melirik ke arahku, matanya membelalak melihat kabut yang menyelimutiku. Saat mata kami bertemu, meski tidak ada percakapan dan wajahnya setengah tertutup, matanya menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya saat ini dengan jelas. Komandan Yai berbalik.. Dia tidak perlu khawatir lagi.

Sambaran petir menyambar pepohonan di pinggir ladang dan membakar puncaknya. Hujan turun dengan derasnya. Tubuhku dikendalikan oleh kabut yang membawaku ke mana pun ia mau. Hal terakhir yang kulihat adalah Komandan Yai menyerbu ke arah prajurit yang mengepung. Dia mengayunkan pedangnya saat dia menerobos. Para prajurit Raja Kham terjatuh mati seperti daun-daun berguguran sementara tubuhku ditarik ke atas, kakiku terangkat ke atas tanah.

Semuanya hilang. Pemandangan di hadapanku menghilang.

.....

Dunia setelahnya adalah dunia yang gelap gulita. Aku meringkuk seperti bayi dan terisak dalam diam, tubuhku naik-turun. Tidak ada suara atau cahaya di tempat ini. Semuanya masih seperti berada di jurang tak bernyawa. Aku bergerak tak bergerak, merasa hidupku terkoyak. Air mata terus mengalir dari mataku, meski aku tidak tahu apakah air mata itu langsung menguap atau hanyut dalam tetesan di sekitarku.

Ini pertama kalinya menurutku kematian tidak menakutkan. Jika kematian adalah akhir dari segalanya, mungkin itu baik untukku. Aku tidak punya apa-apa lagi. Tidak ada yang ingin aku lakukan atau menjadi apa pun.

Ke mana pun nasib membawamu, tidak peduli bahaya yang kamu hadapi, semoga kemalangan itu menimpa jiwaku, bukan jiwamu...

Kata-kata Komandan Yai terngiang-ngiang di pikiranku. Aku memeluk diriku sendiri dengan perasaan sakit yang luar biasa di hatiku. Ada getaran lembut di dadaku karena alasan yang tidak diketahui. Ketika hal itu terjadi lagi dalam ritme yang sangat familiar ini, aku tersadar.

Hal ini mirip dengan telepon berdengung ketika seseorang menelepon.

Aku membuka mataku untuk melihat, dan pemandangan di depanku membuat mataku terbelalak kaget! Aku berada di jalan yang tertutup kabut asap yang mengaburkan pandangan. Sungai besar itu mengalir perlahan di tengah suramnya senja. Pagar melapisi tepi jalan. Gawai bergetar di saku bajuku, dan tanganku mencengkeram kemudi.

Aku kembali ke dunia sekarang pada malam aku terjun ke Sungai Ping.

Jantungku berdebar kencang saat mengingat apa yang akan terjadi sedetik kemudian di tikungan berikutnya.

Lampu depan yang terang bersinar menembus kabut asap, dan mobil lain muncul di jalan yang sama. Klakson berbunyi saat mobil melaju ke arahku. Kali ini berbeda. Aku tidak terganggu oleh upaya memasukkan gawai ke dalam saku baju aku seperti terakhir kali. Aku menjaga mataku tetap lurus dan mengencangkan cengkeramanku pada kemudi.

Aku memutar setir dengan tiba-tiba dan nyaris menghindari tabrakan, namun mobilku masih meluncur ke pagar seperti dulu. Kap mobil bertabrakan dengan logam dan merobeknya. Mobilku terjun ke sungai. Bedanya kali ini aku membantingkan tinjuku ke saklar jendela.

BYURRR!

Mobilku menabrak permukaan air dan tenggelam dalam kegelapan di bawah. Aliran air sedingin es membanjiri keempat jendela yang terbuka. Aku berusaha menenangkan diri dari pusing akibat benturan meski sabuk pengaman sudah berfungsi dengan baik.

Massa air memenuhi mobil dalam waktu singkat. Aku menahan napas dan berusaha melepaskan diri dari sabuk pengaman yang terpasang saat mobilku perlahan tenggelam ke dasar sungai.

Akhirnya aku bergegas keluar dari mobil. Arus di bawah lebih deras daripada di permukaan, dan suhunya sangat dingin. Ketidaknyamanan akibat menahan napas meningkat setiap detiknya.

Aku membuka mataku dan melihat sekeliling dengan panik. Dalam kegelapan di bawah air yang sangat dingin, aku tidak tahu arah permukaannya!

Aku hanya punya waktu beberapa detik lagi. Ketidaknyamanan yang menyiksa menumpuk. Tubuhku memintaku untuk menghirup udara ketika aku dikelilingi oleh air.

Aku tidak percaya, di momen yang menentukan ini, teori lubang cacing dan penjelajahan waktu muncul di otakku.

Kudengar suara-suara di kejauhan melayang di arus air, bercampur harumnya Kemboja.

...Aku bersumpah demi semua yang suci bahwa aku hanya akan mencintai Pho-Jom sepanjang masa hidup...

...Pho-Jom...Jomkwanku, apakah ini berarti aku memaksakan diriku pada hatimu...?

Kedua suara itu ternyata sangat menenangkan. Aku menahan diriku lagi dan, dengan kekuatan terakhirku, melayang ke arah berlawanan dari tempat tubuhku tenggelam.

Aku tidak bisa muncul ke permukaan. Tubuhku memaksaku untuk mengambil napas. Aku meneguk air ke paru-paruku dan tersedak hebat. Dadaku sakit seperti menelan seribu jarum. Rasa sakitnya berlanjut selama beberapa detik. Otakku tersentak seperti tersengat listrik.

Dan aku pingsan.




===========
Akhir Bab 31

[BL] Aroma Manis CintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang