Komandan Yai
***
Aku ternganga, benar-benar tidak bisa berkata-kata. Aku bahkan tidak bisa mengucapkan sepatah kata pun, apalagi menjelaskan bagaimana aku mengetahui namanya.
Khun-Yai tidak senang dengan sikap diamku. Dia mengangkat lengannya. "Jika kamu tidak berbicara, matilah."
Mataku melebar saat jantungku melonjak.
"Tunggu, Komandan Yai." Sebuah suara memotong momen menakutkan itu.
Pemilik suaranya adalah seorang pria paruh baya berpakaian putih. Dia melangkah keluar dari sekelompok pria di tanah. Sikapnya bijaksana, tidak seperti orang-orang perkasa di sekitarnya.
"Apakah kamu lupa di mana kita lewat sebelum hujan lebat?" Dia berkata.
Khun-Yai tidak mengalah. Dia mengarahkan ujung pedang ke tenggorokanku saat dia menjawab. "Tembok kota tua dan reruntuhannya tidak ada hubungannya dengan orang ini. Kota Taw sudah lama runtuh. Aku khawatir dia mungkin seorang pencuri yang memata-matai kita dan akan membawa banyak rombongannya untuk merampok kita di kemudian hari."
"Meskipun itu adalah kota yang jatuh, kita tidak boleh meremehkannya," pria berpakaian putih itu melanjutkan, "Bagaimana kamu akan menjelaskan penampilan pria ini? Bagaimana bisa seorang bandit bersembunyi di bawah air begitu lama tanpa mati tenggelam?"
Meski aku bingung dengan situasinya. Aku bukannya tidak peka. Seorang bandit...Ini gila! Aku? Seorang bandit?!
"Aku bukan bandit." Aku memprotes dengan suara gemetar. Aku tidak akan membiarkan diriku terbunuh karena aku disangka bandit!
Khun-Yai mengarahkan matanya yang tajam ke arahku. "Siapa kamu? Dari mana asalmu?"
"Namaku Jom. Aku berasal dari..." Aku terdiam. Aku tidak tahu jawabannya. Aku bahkan tidak tahu di mana tempat ini di dunia ini. Aku tidak bisa mengambil risiko menjawab tanpa berpikir diam-diam. Jika mereka menganggapnya sebagai jawaban yang salah. Aku mungkin mati di sini.
Aku melirik orang-orang di tanah. Mereka berpakaian seolah-olah mereka baru saja keluar dari cerita rakyat bersejarah yang biasa aku tonton di TV. Ada di antara mereka yang bertelanjang dada dan membungkus bagian bawah tubuhnya dengan kain yang ditarik seperti cawat pendek, namun banyak juga yang memakai kemeja. Ohm mengenakan kemeja lengan pendek dan kain bergambar dengan warna yang berbeda dari yang lain. Secara keseluruhan, tidak ada satu pun dari mereka yang sepertinya berasal dari tempat atau era yang baru saja aku tinggalkan.
Kemana lubang cacing itu membawaku? Apakah di alam semesta yang sama atau multiverse?
Keraguanku memperdalam kecurigaan Khun-Yai. Dia menatapku saat pria berpakaian putih itu menyela lagi.
"Komandan Yai, aku mohon kamu mendengarkan aku. Karavan kita telah melakukan perjalanan melalui hutan dan pegunungan tanpa bahaya apa pun, karena kita telah dilindungi oleh para dewa. Bagaimana kamu bisa melupakan hal itu? Meskipun dia menolak untuk menceritakan latar belakangnya, kamu dan aku berdua menyaksikan bahwa pria ini muncul di dalam air seperti yang pernah terjadi di Kota Taw di masa lalu."
"Peristiwa apa yang Anda maksud, tabib kerajaan?" Khun-Yai bertanya.
"Peristiwa yang terjadi selama Sumpah Kesetiaan ketika Raja Taw mendirikan kota ini."
Khun-Yai tertegun sejenak, lalu dia memerintahkan dengan tegas. "Bawa dia."
Lima pria perkasa bersenjata menyeretku keluar dari kolam. Khun-Yai pergi ke sisi lain untuk berbicara dengan pria berpakaian putih yang disebut tabib kerajaan tapi masih melirik ke arahku dengan curiga. Ohm tetap di tempatnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[BL] Aroma Manis Cinta
General FictionJom adalah seorang arsitek yang bertugas merenovasi rumah-rumah kuno di tepi Sungai Ping. Di sana dia menemukan peti kayu yang berisi gambar-gambar tua yang aneh dan familiar. Terlepas dari keingintahuannya, dia tidak punya waktu untuk mereka; dia h...