Bismillah.
HALO HALOOO? Sebenarnya draft cerita Suma Jingga sudah aku siapkan sejak bulan Februari. Tapi, aku baru dapat keberanian untuk post cerita ini sekarang. Awalnya, aku mau post Suma Jingga kalau aku sudah nulis sampai bab terakhir. Cuma, rasanya kelamaan deh, kalau kayak gitu. YA KAN??
Hehehe!
Kisah Suma Jingga berawal dari ketertarikanku pada kisah pewayangan dan dongeng-dongeng Nusantara yang sering aku baca di masa kecilku. Aku sadar kalau anak muda jaman sekarang kurang awam dengan cerita rakyat Nusantara. Padahal, ceritanya seru-seru banget, lho?
Lalu, tercetus sebuah ide di kepalaku. Kayak gini idenya: "Kenapa aku nggak coba buat dongeng yang bisa dinikmati orang awam ya?" Dan, yah, lahirlah kisah Suma Jingga.
Mungkin, beberapa dari kalian ada yang sudah pernah baca draft novel ini di akun menulisku (di platform lain). Nah, yang aku post di wattpad adalah versi fixnya. Jadi, mohon dimaklumi kalau banyak yang berbeda, ya? Tenang, tenang, alurnya kurang lebih sama, kok.
Aku mau bilang terima kasih untuk siapa saja yang meluangkan waktunya untuk membaca Suma Jingga. Terima kasih untuk saudaraku, Mas Ara, yang sudah memberi masukan untuk cerita ini. Sahabatku, Nina, yang kasih saran soal gaya bahasa yang aku gunakan! Aaaa, aku nggak bisa nyebutin satu-satu. Pokoknya, MAKASIH BANGET BANGET BANGET.
Terima kasih kepada Allah SWT karena sudah mengizinkan aku untuk menulis cerita ini. Terima kasih juga kepada tokoh-tokoh pewayangan dan dongeng Nusantara yang menjadi inspirasiku dalam menulis Suma Jingga. Semoga kalian menikmati kisahnya.
Catatan kecil:
1. Novel ini terinspirasi dari Ande-Ande Lumut, Bawang Putih Bawang Merah, Jaka Tarub, Timun Mas, kisah pewayangan, web series garapan Vemmy Sagita, yaitu Kaget Nikah dan Harus Kawin, web novel Jiu Lu Fe Xiang yang berjudul 'Seven Unfortunate Lifetimes, All Thanks to a Single Moment of Impulse' dan Love Between Fairy and Devil, novel Rahvayana: Aku Lala Padamu garapan Sujiwo Tejo, Wiro Sableng oleh Bastian Tito, dan mungkin memiliki kemiripan dengan karya-karya bergenre serupa. Mohon maaf apabila ada kemiripan. Itu hanyalah kebetulan semata. Terima kasih.2. Bagian Prolog dan Pra Cerita sangat penting. Jadi, mohon untuk tidak skip tiga bagian awal. Kalau kalian skip satu part saja, nanti bakal bingung, lho?
OLEH duraanr, 2023.
PETA TIGO JAGAD (TIGA ALAM):
SELAMAT MEMBACA.
KAMU SEDANG MEMBACA
SUMA JINGGA
FantasyMARI BERKELANA MENUJU DUNIA DONGENG. Di dalam buku usang ini, kamu akan bertemu dengan Dewa, bidadari, manusia, dan lainnya. Temukan AKU dan KAMU di sini, Suma. *** Sebuah roman komedi yang bikin sakit hati, "SUMA JINGGA." *** Semua orang yang ting...