BENCANA.

9 2 0
                                    

1993
Hutan Borneo, Indonesia

Kepulan asap tinggi dari dalam hutan belantara terlihat dari pemukiman penduduk, menutupi langit yang cerah, menghalangi terik cahaya matahari. Suara hewan hewan mulai terdengar, dengan sedikit getaran pada tanah mengisyaratkan kawanan hewan dalam jumlah banyak sedang berlari ke arah pemukiman, warga mulai panik. Api dari tengah hutan mulai menyebar dengan sangat cepat, seluruh makhluk hidup berlomba lomba untuk menyelamatkan diri dari sang api.

Seketika langit menjadi gelap, dan hutan hijau menjadi sebuah lapangan berapi, semua pohon terbakar, warga yang tua renta dan hewan yang kecil menjadi korban kepanikan hewan yang berlarian tanpa memperdulikan apapun selain keselamatannya. Tidak sedikit berbagai macam hewan, manusia, dan bangunan ikut terbakar, yang disebabkan oleh sang api yang mengamuk selama beberapa hari.

Bencana ini menjadi sorotan bagi banyak negara, terutama bagi negara tetangga yang terdampak langsung, seperti, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Fillipina. Mereka pun membantu Indonesia dalam menangani kasus kebakaran hutan berjuta juta hektar ini. Hingga akhirnya dapat dipadamkan secara menyeluruh dalam kurun waktu lebih dari tiga minggu, dibantu dengan pergantian cuaca yang mulanya kemarau menjadi musim hujan.

Kini pemandangan hutan terbesar di Borneo menjadi hamparan monokrom besar,  hewan hewan kehilangan rumahnya, dan begitupun manusia. Banyak korban di lokasi yang berserakan, bangunan bangunan yang sudah tak berbentuk, dan korban di luar wilayah hutan yang meninggal karena asma dan penyakit paru paru lainnya.

Sungguh sebuah bencana yang sangat merugikan, dan mematikan. Namun, hingga kebakaran mereda pun semua orang masih belum mengetahui apa penyebab dari kebakaran hutan ini. Hingga salah satu lembaga luar negri yang bernama FOE atau Frame Of Earth, mendirikan tenda laboratorium di batas hutan dan pemukiman penduduk, dan mengirimkan regu penelusur, dengan membayar warga sebagai guide serta pendamping regu penelusur.

THE WORLD SPLIT IN TWOTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang