BAB XI

1 1 0
                                    






*Flashback*



"Nenek membenciku."



"Dia membenci semua yang tidak berjalan sesuai keinginannya."



"Kakek juga."



"Dia tidak menyukai hal yang tidak sepantasnya. Kesalahan yang kuperbuat di masa lalu membuatnya memiliki cara pandang yang terlalu keras pada orang lain dan dirinya sendiri."



"Kakek dan nenek memang membenciku."



"Kau berpikir begitu?"



"Aku merasakannya."



"Maka ubahlah cara pandang itu!"



Ardy mengerenyit heran, "Mengubah cara pandang....apa maksdunya?"



"Buat mereka berbalik mendukungmu! Kau tidak akan menang melawan, satu-satunya cara adalah membuat mereka mendukungmu. Buatlah suatu hal yang bisa mereka hargai dan mendukungmu!"



Berbuat sesuatu untuk mendapat dukungan, apa dia bisa melakukannya? Bagaimana caranya? Standar dua manula itu terlalu tinggi.



"Dalam keluarga ini, yang berkemampuanlah yang diakui. Prinsip hukum rimba, yang terkuat yang menang. Menyedihkan mendapati hal semacam itu masih jadi dasar pemikiran keluarga terpandang. Aku pribadi tidak cocok dan tidak setuju....hidup terus berkembang, seharusnya cara pikir bisa berubah. Tapi tidak mudah mengubah apa yang sudah menjadi kebiasaan."



Ternyata kakek tua ini juga berpikiran sama...., membatin.



"Cukup aku saja yang mengalami bagaimana kerasnya aturan itu. Aku memilih membentuk anak-anakku dengan cara berbeda."



Hoo...diluar dugaan....ternyata dibalik sikap acuh dan dingin, kakek tua ini sangat perhatian. "Setelah melakukannya....apa aku bisa kembali pada kehidupanku?"



"Ya....cukup lakukan hal yang bisa membungkam mereka dan setelahnya terserah padamu."



"Apa pun itu?"



"Apa pun....!"



Itu berarti mereka tidak bisa mengaturku lagi dan aku tidak perlu khawatir tentang Alex. Ini bagus....satu aksi tapi bisa menyelesaikan semua. Tapi bagaimana caranya?



"Ayah....bisakah aku meminta bantuan?"



"......katakan!"



"Ada yang ingin kusampaikan, bisakah ayah mengumpulkan semuanya besok?"



Diam sesaat, menelisik keseriusan Ardy. "Baiklah....," menyetujui kemudian.



".........."



"Ada lagi yang kau inginkan?"



"Aku....apa aku mempunyai kerabat....maksudku kerabat dari ibu?"



"......tidak ada....Ariana anak tunggal dan semua yang berhubungan dengannya sudah tidak ada lagi."



ARDY & ALEXTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang