Berjaga di tengah keheningan malam memberi Kakashi lebih dari cukup waktu untuk merenungkan kenangannya tentang Minato dan Kushina, yang kini sangat segar dalam ingatannya. Biasanya dia tidak suka sendirian dengan pikirannya selama ini, tapi rasanya tidak seburuk biasanya. Mengejutkan – dimana kenangan itu biasanya membuat hatinya terasa berat hingga sulit bernapas, kini dia merasa... baik-baik saja . Setidaknya lebih baik dari biasanya.
Sulit untuk mengetahui mengapa hal itu terjadi. Kakashi akhirnya menyalahkan kehilangan darah dan kelelahan fisik. Dia lelah, dan itu pasti yang membuatnya memikirkan hal-hal aneh. Pasti itulah yang membuatnya berpikir bahwa dia akan mampu menghadapi kematian senseinya suatu hari nanti; itu adalah pemikiran yang naif dan benar-benar menggelikan, jadi itu pasti akibat dari kelelahannya.
Namun untuk saat ini, dia memikirkan hal itu. Menyenangkan sekali memikirkan Minato dan Kushina tanpa merasakan rasa bersalah dan sakit di dadanya. Dia mungkin akan kembali merasa tidak enak lagi segera setelah dia kembali ke kekuatan penuh, tapi untuk saat ini, dia membiarkan dirinya merasa baik-baik saja.
Suatu saat di malam hari – Kakashi benar-benar lupa waktu, jadi dia lupa membangunkan Sakura untuk mengambil alih tugas jaga – Naruto bangun dan menawarkan untuk berjaga-jaga. Dia tampak cukup istirahat, dan dia memberi tahu Kakashi sambil tersenyum bahwa "lagu aneh" itu terus menjauhkan mimpi buruknya. Kakashi tidak bisa menahan senyumnya tentang hal itu.
Kakashi bertanya-tanya, saat dia berbaring untuk tidur, apakah ini pertama kalinya seseorang menyanyikan lagu pengantar tidur untuk Naruto. Meskipun pemikiran itu menyakitkan, dia berpikir bahwa lagu pengantar tidur pertamanya adalah lagu yang diciptakan orangtuanya untuknya.
Kakashi tidur nyenyak, masuk dan keluar dari tidurnya, seolah alam bawah sadarnya mencoba membuatnya tetap terjaga sehingga dia bisa mengawasi Naruto. Syukurlah, dia dapat menyimpulkan bahwa anak itu tampak baik-baik saja seperti yang diharapkan. Tampaknya Naruto jauh lebih baik dalam menangani berbagai hal daripada Kakashi pada usianya.
Ketenangan relatif berlanjut hingga pagi hari. Saat matahari terbit, Kakashi, Naruto dan Sakura memakan sedikit jatah mereka. Naruto sepertinya menyadari fakta bahwa hanya ini makanan yang mereka miliki, jadi dia tidak makan sebanyak kemarin. Mungkin Sakura memberitahunya. Bagaimanapun, ini menyelamatkan Kakashi dari percakapan yang sulit dengan murid-muridnya.
Ketika dia menyingkir sebentar untuk memeriksa lukanya, dia menyadari bahwa lukanya terlihat sama seperti saat terakhir kali dia memeriksanya. Kelihatannya sudah sembuh, tapi sepertinya tidak sembuh lebih jauh. Hal ini tidak mengherankan; Kakashi belum makan terlalu banyak, dan dia banyak berjalan. Dia sudah bisa membayangkan ninja medis Konoha melontarkan serangan mengenai jarak yang telah dia tempuh dengan kaki bagian atas yang pada dasarnya terbelah menjadi dua. Baiklah. Lagi pula, tidak banyak yang bisa dia lakukan mengenai hal itu. Selama lukanya tidak terinfeksi, tak ada alasan untuk ribut. Dia membalut kakinya lagi dan memutuskan untuk tidak mengkhawatirkannya lagi.
Tidak banyak hal yang perlu dikhawatirkan Kakashi saat ini, dia menyadari keterkejutannya saat dia kembali ke murid-muridnya. Naruto tampaknya baik-baik saja, Sakura sudah terbiasa mengatasi lengannya yang patah, dan Kakashi juga tidak melakukan hal yang terlalu buruk. Segalanya tenang – dan itu bagus, karena itu memberi Kakashi ruang untuk memikirkan masalah baru yang akan datang.
Dia menatap Sasuke, yang berbaring di rumput di sebelahnya. Tatapan Sakura juga tertuju padanya; Kakashi yakin dia memikirkan hal yang sama dengan yang selama ini dia pikirkan.
"Kakashi-sensei?" dia bertanya, tepat pada waktunya. Dia gelisah dengan ujung gaunnya. "Koreksi aku jika aku salah, tapi tubuh manusia hanya bisa bertahan tiga hari tanpa air, kan?"
Kakashi mengangguk, merasakan beratnya tanggapannya. "Itu benar."
"Kalau begitu, jika Sasuke tidak mendapatkan air hari ini, dia akan..." Suaranya melemah, tapi dia melanjutkan: "Dia akan mati, bukan?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Naruto : Revive Assembled
Fiksi PenggemarKetika misi sederhana peringkat C berubah menjadi mimpi buruk, para anggota Tim Tujuh nyaris melarikan diri dengan nyawa mereka. Mereka akhirnya terjebak di antah berantah, masing-masing terluka dan terpaksa mengandalkan bantuan satu sama lain. Terd...