After lulus SMA

22 18 0
                                    

Siapa yang kaya aku?

Tau engga, rasanya setelah lulus itu engga enak. Kamu milih harus kuliah atau kerja. Apapun itu, semoga itu terbaik untuk kalian.

SNBP, SNBT, UM-PTIKN dan Ujian Mandiri gak jauh-jauh. Mau kuliah di PTN atau PTS?

Bro, kuliah dimana saja itu bagus, yang penting itu niat kamu aja deh. Apakah masuk di perguruan tinggi swasta itu jalur mandiri? Oh tidak, walaupun harganya beda tipis. Ada yang mereka pengin banget kuliah diPTN, mau gebyar.

Untuk mulut-mulut yang gak bisa dikontrol, tolong dijaga ya. Pikirin perasaan hati orang lain. Kalian cuma bisa ngomong, gak bisa modalin atau dukung kan?

Oke, kamu gak usah dengerin kata orang. Biarlah anjing menggonggong. Nanti kalo kamu yang hadapin, capek sendiri. Suka kesel gak sih? Kadang kamu ditanya orang trus dijawab tapi dibagi-bagi satu desa maksdunya sekitar kamu. Kan kesel ya?

Belajar UTBK itu gak semudah itu woi. Ada delapan subtes, coba buka goggle. Dan ngerjainnya cuma dia jam setengah dan itu tempatnya dingin. Bayangin kalian duduk disitu, sambil liat soal yang ke liatnya susah-susah-gampang.

Aku saranin untuk kalian yang mau UTBK. Plis, jaga mood kalian sebelum H-7, jauhin orang-orang yang mau merusak moodmu. Kalian harus powerfull sebelum H-1. Jaga kesehatan supaya tidak tumbang. Percaya diri itu kuncinya. Hasilnya serahin ke Allah.

Kuliah di Universitas Negeri itu idam-idaman banyak orang ya. Termasuk akuu! Aku juga pengin banget sekolah disana, sampai rela buang-buang duit buat beli buku dan bimbel online gratis. Untuk bimbel online yang dari buku atau gratis, thanks you atas bantuan kalian🫶 doakan aku tahun ini lolos SNBT ya!

Ya walaupun aku daftar PTS, jujur aku udah pesimis karena itu satu Indonesia, bayangkan saja anda.  Jujur, aku disuruh ikut jalur mandiri diPTN, kalo ke tolak di SNBT. Aku gak mau, aku gengsi. Ya walaupun aku PTS jalur rapot, beda tipis sama mandiri atau mandiri ya?

Mandi sendiri awokawok.

Dilarang ketawa plis.

Disini ada engga anak stric parents? Aku pengin kuliah ditempat yang jauh, gak diizin. Pernah tuh aku bela mati-matian, sampai nangis. Padahal gak tau diterima atau engga? Berasa orang pede ini orang.

Untuk diriku nanti setelah tiga atau empat tahun, mimpimu bukan yang kamu rencana dari awal, kamu bisa sampai detik ini karena campur tangan Tuhan. Keberhasilan dan kegagalan anggap sebagai pelajaran. Jangan menyerah dan terus berdoa minta kepada yang diatas.

Tidak ada yang tidak mungkin, jika Allah menghendakinya dan jika Allah tidak mengabulkan berarti ada yang lebih baik atau yang kamu butuhkan untukmu bukan yang kamu inginkan.

Tetap semangat apapun mimpimu, kejarlah walaupun itu melelahkan dan berdoa lewat jalur langit.

Okey, next ya
****
Thank you sudah membaca, aku gabut dan jadi pengangguran sampai bulan Juli haha. Doakan yang terbaik untukku ya! Sehat selalu 🐣

DuniakuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang