Jika kita menahan semua kekesalan, amarah dan kekecewaan jadi satu. Bukannya kamu menjadi lega tapi kamu jadi terkuasai oleh amarah itu. Rasanya pengin nangis, teriak dan diluapkan. Walaupun, kamu bingung harus kemana dan kesiapa?
Mending kamu kendalikan emosi kamu, atur napas dan coba tenangin diri kamu. Mau orang bikin kesalahan apapun, jangan diperpanjang ya, lebih baik berdamai.
Allah aja Maha Pemaaf, masa hambanya engga? Kan lucu. Dan jangan egois jadi orang. Kalo kamu gak maafin orang lain, kasian nanti dia merasa bersalah. Walaupun dia salah atau benar. Dan jangan langsung asal memihak/menyimpulkan kalo belum tau yang sebenarnya.
Kamu baik, tapi belum tentu baik dimata orang lain. Kalo kamu engga salah, boleh kamu membela diri kamu dan menceritakan sebenernya. Terkadang, orang juga jadi diperumit. Jadi nambah beban orang lain.
Jadi orang gak usah cari musuh, yang masalah kecil dibesar-besarkan. Kamu gak ngapa-ngapain juga mereka ada yang gak suka kamu. Kamu juga jangan mementikan hanya diri kamu sendiri tapi juga orang lain.Yang udah berlalu, udah jangan diingat-ingat biar berlalu dan kamu harus maafin walaupun rasanya udah benci atau kesel banget. Kalo orang melakukan sesuatu yang gak enak, kamu jangan ikut-ikutan. Seenganya mikir, kalo kamu yang di kaya gitu oleh orang lain.
Biasanya dimulut udah dimaafin, tapi gak tau dihati. Emang ya, orang beda-beda dan beragam, kuncinya kamu harus sabar. Kalo gue cowo dan udah gak sabar hadapin orang yang udah diambang batas, mungkin udah gue tonjok itu orang.
Gue itu bukan cewe tomboy tapi juga bukan fenimin. Gak tau sebenrnya gue cewe apa. Jiwa gue emang udah bukan anak polos dan cewe-cewe yang lemah lembut. Tapi gue punya belas kasih coy. Kata mamas gue, udah gak bener dan sebenarnya gue ikut-ikutan saudara gue. Buat apa? Ya buat bela diri gue sendiri lah.
Gue manusia bar-bar tapi strict parents. Awalnya mau kuliah di Universitas jauh dari rumah. Udah adu bacot sana sini bos, habis-habisan sama keluarga bahkan saudara. Pokoknya gue keras kepala, judes, bodoamat, cuek, dan gak tau lah. Liat aja nanti, gue keluar kandang jadi kaya apa.
Tapi kalo temen gue ada yang sakitin atau senggol, gue yang didepan, ada yang bilang gue bosnya tapi waktu kelas dua belas. Tolong kalian jangan ikut-ikutan kaya gue. Dan nyatanya masalah buat lo jadi versi lebih baik bukan buruk dan janga menyalah gunakan. Ingat, jangan buat citra kamu buruk dan mikir dampak ke depan.
Udah maafin, jangan diajak ribut orang yang bikin kamu kesel. Kamu gak akan bisa menutup mulut mereka dan nyuruh mereka berhenti berulah. Kuncinya bodoamat dan cuekin aja. Nanti juga tau siapa yang salah dan benar. Berdamai aja sama masalah kamu, hadapin satu-satu. Nangis boleh, tapi jangan nangis dihadap lawan kamu.
****
Oke makasih
KAMU SEDANG MEMBACA
Duniaku
Non-FictionMenjalani hidup yang semakin dewasa itu gak mudah. Kita harus bertahan dalam kondisi apapun. Masalah satu-persatu pasti akan datang seperti pertemanan, percintaan, keluarga dan lain-lain. Kadang aku bingung, sebenarnya aku punya rumah untuk pulang g...