Disekolah gue sosok penghibur. Temen-temen banyak yang seneng deket gue karna gue "menyenangkan". Sinta, temen deket gue semenjak gue masuk SMP ini selalu setia nemenin gue kemana pun gue minta. Dia cantik, putih, tinggi. Perfect lah.
Someday, gue suka sama siswa laki-laki berambut pirang yang jago ngaji. Yap, dia Ronal. Ronal sempurna dimata gue. Dia tampan, baik, sholeh, menghargai setiap wanita. Gue yang awalnya lepas-copot jilbab, akhirnya memutuskan untuk berjilbab. Gue bener-bener berubah lebih dekat dengan Tuhan karna dia. Gue sholat 5 waktu, ngaji & sholawat. Gue lakuin agar gue bisa jadi perempuan kriteria dia.
Kita deket. Bener-bener udah deket. Sampai akhirnya dia nanya gue."Lu suka gak sama gue ca?" Tanyanya
Ya gue bisa jawab apa disitu? Gue bingung.
Akhirnya gue jawab"iya"
"Sorry ca, gue gaksuka sama lu. Lu jangan terus menaruh harapan sama gue ya, gue gak enak" jawab nya.
Oh sh*t! Gue kurang apa selama ini? Gue udah mati-matian berjuang buat dia. Gue rela merubah segalanya yang ada di diri gue buat dia. Kenapa balasannya kayak gini?
Semenjak itu gue memutuskan buat jadi diri gue sendiri. Gue ngeshisa, gue nongkrong tiap malem, gue gapernah tidur. Gue lakuin semuanya agar gue lupa sama dia.
2 minggu kemudian, Sinta sms gue."Ca, gue ditembak Ronal. Gue jawab apa ini?" Pesannya
Wtf? Kenapa begini? Setelah sekian lama penantian yang penuh harap ini, kenapa harus dapet balesan yang gak sebanding dengan apa yang udah gue korbanin?
Dan kenapa juga mesti Sinta? Dia sahabat gue. Susah seneng bareng gue.
Badan gue berasa lemes, air hangat dimata gue maksa buat keluar. Gue gabisa apa-apa. Gue kuat-kuatin buat ngetik abjad di keyword."Yaudah terima aja Shin..." Jawab gue.
Iya. Gue emang bodoh, ngebiarin orang yang gue harap-harap akan jadi milik gue lepas dan digenggam oleh sahabat gue sendiri.
Gue bener-bener stress. Gue nangis tiap malem, gue gapernah tidur, gue nyalahin Tuhan akan takdir yang Dia berikan. Gue tutup cermin dengan koran. Gue gak mau liat muka buruk gue yang amat tolol ini.
Gue bener-bener down disitu. Tiap malem kerjaan gue nangis sambil megang shisha. Gue potong rambut sampe bondol. Gue gak makan nasi berhari-hari. Apapun gue lakuin biar gue bisa lupa. Lupa akan perjuangan gue, lupa akan perasaan yang hinggi saat ini tumbuh subur didalam hati ini. Tp gue akhirnya sadar, semua justru bikin gue makin hancur. Gue justru menyiksa diri sendiri.***
Pernah suatu hari gue beraniin diri buat nanya ke Ronal.
"Nal, lu pacaran ya sm Sinta?" Tanya gue sok gak tau.
"Enggaa" jawabnya, nutup-nutupin dari gue.
Gue tau disitu Ronal gak enak sama gue, makanya dia jawab "Enggak".
Jawaban itu tetep gak bisa bikin gue seneng. Gue tetep hidup dengan topeng. Meratapi nasib yang gak pernah mau berpihak pada gue.Akhirnya kenaikan kelas misahin gue sama Ronal. Kita bener-bener jauh. Jauh sejauh-jauhnya.
Sebenernya Ronal udah putus dari Sinta udah lama. Tapi yang namanya luka, walaupun udah kering tetep masih tersisa bekasnya. Yap. Gue butuh seseorang buat bantu bikin gue lupa sama semua kenangan tentang Ronal.Josua Kristerian Tambolon, temen sekelas gue ini bener-bener hidupnya bikin susah. Dia nyusahin.
Tiap hari kerjaannya minjemin pulpen gue dan gak pernah dibalikin. Selalu ilang.
Josua termasuk cowok populer disekolah gue. Dia ganteng, mirip salah satu anggota artis boyband cilik indonesia. Dia juga orangnya lucu, gak milih-milih temen. Dia sayang banget sama ibu nya. Tapi dia nyebelin.Pernah suatu hari Rosita yang duduk semeja sama gue dia gak masuk. Akhirnya Josua maju dan duduk bareng gue. Deket-deket, nempel-nempel gitu. Ihh.
"Lu apaansih Jo, ribet tau ga" Omel gue
"Badan lu bagus ca, gue suka. Hehe" katanya
"Bagus gimana dah?"
"Bagus, ngebetuk aja. Kalau kata orang sih kayak gitar spanyol.wkwk"
"Apaansih maksut!"
"Coba kalo putih lu, gua pacarin ca. Ahaha"
Kalimat terakhir bikin gue gelagapan. Gue langsung DEG. Entah rasa apa yang masuk ketubuh gue, gue gak tau. Rasa ini beda sama rasa yang dulu Ronal kasih ke gue. 100% beda.
"Ntr kalo udah lulus, terus lu udah putih. Contact gue ya Ca, nanti gue pacarin dah" Sambungnya.
Kampret. Kata-kata lo ngeberhentiin detak jantung gue Jo. Ah alay. Hehe
Tapi tetep aja gue benci sama dia. Dia jail sumpah.
Setiap pagi dia selalu ngagetin gue pas lagi tidur.
Hobi gue emang Sleeping everywhere. Gak dikelas, diangkot, dijam olah raga, bahkan pas rapat osis pun gue sempet-sempetin tidur.
Tiap pagi gue pasti tidur dikelas sambil nunggu bel masuk. Lagi asik-asik tidur,
DUAAAARRR!! Josua ngegebrak meja yang gue jadiin tumpuan kepala sambil teriak gak jelas. Siapasih yang gak kesel?"Gintur mulu lu Ca. Ahaha" Katanya
"Serah gua lah lu ribet" jawab gue
Besoknya gue tidur lagi, tapi pindah bangku. Apa yang dia lakuin? Sama. Gue dibangunin dengan cara yang tidak manusiawi.
Hari demi hari gue lewati.
Perasaan aneh mulai muncul. Entah apa itu gue gak tau. Dah gue gak perduli.
Gue masih tetep berharap ada seseorang yang mau narik gue dari gerombolan awan kegelapan masa lalu gue tentang Ronal ini. Namun hingga saat ini masih belum gue temuin.
Ronal tetep terbaik dihati gue.Sampe akhirnya Josua WhatsApp gue. Awalnya cuma nanyain jadwal pelajaran. Dia minta gue buat ngasih tau info-info tentang pelajaran UN. Sampe pembicaraan kita menjerumus menyesatkan perasaan gue.
Tiba-tiba dia chat gue"Ca, pacaran yuk"
APE LO BILANG? SEGAMPANG ITU LO NGAJAK PACARAN? Gue harus nerima pendapat para temen-temen tentang "Ih si Josua kok mau ya sama Caca? Diakan item dekil, Josua kan ganteng putih gitu" gue juga harus nerima ceramahan para sahabat-sahabat gue tentang perbedaan keyakinan gue sama Josua. Ah seenak dengkul dia ngajak gue pacaran.
Tapi...
VOCÊ ESTÁ LENDO
My life, my problem.
Ficção AdolescenteProblem dalam suatu hubungan memang wajar saja terjadi. Perdebatan, orang ketiga, bosan dan cemburu adalah hal biasa yang kerap dilewati dua sejoli yang terikat janji untuk saling bersama. Namun bagaimana jika problem nya karna perbedaan yang suda...