catatan kelima belas

237 53 3
                                    


3. ENJOY YOUR LIFE, PLEASE.

•••

"Tugas fisika banyak, belum laporan biologi, besok praktikum kimia, apalagi tugas sejarah yang gak penting banget. Pusing!"

Haii diriku!! Sibuk banget ya kamu kayaknya.

Kalau memang sibuk, aku minta izin dong, boleh pinjam waktumu sebentar saja? Lima menit saja, aku janji tidak akan lama. Hanya untuk membaca pesan dariku saja.

Baiklah, mari kita mulai.

Sayangku, aku tau kamu sibuk belajar, ngerjain tugas, mengurus eskul, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tugasku ada di sini untuk mengingatkan hal yang selalu kau lupakan.

Kau hanya lupa satu hal, yaitu aku, dirimu sendiri.

Kau seperti tidak punya waktu sedetik pun untuk mengurus dirimu sendiri ini. Aku tidak meminta yang aneh-aneh, hanya cukup istirahat sebentar dan nikmati hidup ini. Iya aku tau, hidupmu memang sibukkk sekali, tapi kumohon, nikmati hidupmu lima menit saja.

Cobalah sesekali, nongkrong ke mall bersama teman-temanmu. Tidak usah belanja juga gak apa-apa. Jalan saja yang penting kau bisa merasakan keindahan dunia ini. Karena hidup gak selalu tentang tugas dan sekolah.

Cobalah sesekali, berkunjung ke rumah saudaramu. Sepertinya sudah hampir sebulan kau tidak mampir ke rumahnya sekedar berbincang tentang apapun. Aku yakin, saudaramu akan sangat senang ketika kau tiba-tiba datang.

Cobalah sesekali, bermainlah sesuai hobimu. Menulis, mungkin atau apapun itu. Asah kembali sesuatu yang pernah kau harapkan. Hobimu itu adalah selingan yang sangat membahagiakan. Aku tau itu. Kau selalu senang ketika sedang bergulat dengan hobimu.

Atau, cobalah sesekali, kau duduk tenang sendirian di dalam kamarmu sambil menonton drama Korea favoritmu. Tak perlu teman juga tak apa. Kan ada aku hehe. Tertawalah kembali, cerialah lagi, jadilah kamu seperti orang yang lupa akan tugasmu sebentar saja.

Diriku, aku tau betul siapa kamu. Aku paham banget dimana titik capek di dalam hidupmu, titik dimana kamu rasanya mau berhenti dari segala aktivitas yang monoton. Tapi kamu gak bisa. Kamu harus ngerjain pr lah, belajar fisika lah, ngumpulin laporan biologi lah, atau apapun itu. Iya aku paham.

Tapiii, meskipun kamu gak bisa lepas dari keseharian kamu yang katamu itu membosankan, kamu masih bisa menikmati hidupmu. Lakukan hal yang belum pernah kamu lakukan di waktu weekend. Lumayan kan Sabtu-Minggu buat streaming drakor. Yaa, lima episode bisalah setidaknya.

Nikmati saja hidup ini. Cuman sekali lohh. Jangan kamu buat pusing, apalagi panik masalah tugas, bawa enjoy aja!

Kalau kamu sudah merasa tenang dan bisa menikmati hidup ini. Lanjutkan kembali aktivitasmu yang kau tinggal. Iya, aku tau kamu memang pasti akan ogah membuka buku fisikamu lagi, tapi mau diapakan lagi? Memang kalau bukan kamu yang mengerjakan tugasmu, siapa lagi dong.

Kamu boleh beristirahat. Tapi hanya sebentar. Jangan sampai kebablasan sampai kau lupa tugas dan cita-cita terbesarmu yang telah kau tulis di buku harianmu kemarin. Apalagi lupa sampai beribadah. Jangan sampai ya, Sayang.

Ingat, masih ada ribuan mimpi yang menunggumu di ujung cerita ini.

With love,
dirimu sendiri

Cape, Tau!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang