21. LEBARAN SAMA MANTAN?•••
Gimana? Udah kamu lakuin belum?
Maafan sama kakak udah, sama abang udah, sama mamah udah, sama papah udah, sama temen-temen udah, sama pacar udah, sama mantan?
Oh aku tau nih pasti jawaban kamu bakalan sok-sok gak bisa baca pesanku kali ini, ya kan?! Ngaku kamu!
Gini deh, kan kamu juga pernah berbuat salah dengan mantanmu --- apalagi kalau kamu sampai menyakiti dia selama kalian bersama, seharusnya dia menjadi orang pertama yang kamu pintakan maafnya. Mungkin waktu lagi sama-sama ada kata yang menyakiti atau kelakuan yang begitu.
Gengsi kali
Cobalah menjadi dewasa. Masa mau minta maaf aja gengsi, lagian minta maaf duluan itu keren kok. Meskipun kita minta maaf terlebih dahulu bukan berarti kita punya salah yang lebih banyak dari dia, bukan gitu! Justru di situlah dia akan melihat sikap dewasa kamu sepeninggal dia.
Ngapain nge-chat duluan, mantan lagi
Loh? Emang kalo nge-chat mantan duluan itu kenapa? Dosa, ya? Atau kenapa? Selama niat kamu tulus memang baik ingin meminta maaf dengan dia, aku dikit fine fine aja. Tidak selamanya orang yang nge-chat duluan itu berarti minta balikan loh ya.
Lagi pula nge-chat doang kan gak menghabiskan banyak kuota yang kau punya. Apa susahnya sih nge-chat aja dulu, kalau gak mau pake basa basi juga boleh, langsung to the point ngomong "woi maapin gua ya". It's okay, asal niat kamu emang tulus mau maafan sama dia.
Loh kenapa harus minta maaf, toh dia yang selingkuh dari aku!
Hmmm.... Kalau kamu mikirnya gini terus sepertinya kamu agak susah mendapatkan kawan dibanding lawan.
Hilangkan tuh fikiran-fikiran benci, apalagi sampai dendam yang terpendam. Beuh! Jangan deh punya fikiran kayak gitu. Orang yang keseringan benci orang lain kelamaan itu kagak bakal punya temen tau. Lagian selingkuh juga hal kecil, kan kenapa harus sampai diungkit lagi kalau udah putus juga?
Kalau dia emang yang nyakitin kamu dulunya toh ya gapapa, masih banyak kan orang lain yang emang pantas jadi pendamping kamu. Udahlah berenti punya pemikiran kayak anak kecil gitu. Yang gak mau maafan hanya karna rebutan permen gitu-gitu.
Kalo dia gak bales kan jadi tengsin sendiri
Gitu aja kok diambil pusing. Kalau dia gak bales ya mungkin dia lagi sibuk atau having fun sama pasangan barunya HAHAHA atau kamu udah gak dianggap penting lagi, ya?
Eh astaghfirullah! Enggak jangan negative thinking dulu, okey? Dia pasti bales chat kamu yaa walaupun lama sih pasti dibalesnya. Tapi balik lagi kalau emang niat kamu itu tulus ikhlas mau minta maaf doang gak ada niatan macem-macem, dia juga pasti taulah perbedaan orang modus sama tulus. Pasti dibales.
Giliran dibales masa dia gak minta maaf juga sama aku! Gak akan minta maaf, no way!
Ya udah sih kalo dia gak minta maaf balik ke kamu, berartikan dosa dia sama kamu masih ada. Make it simple aja, okey?
Hal yang penting kan sekarang lagi moment idul fitri, kita kembali kepada kesucian. Pengen dong semua dosa kamu sama orang-orang itu terhapus tanpa ada sisa? Pengenkan? Ya udah sekarang mikirnya gitu aja, niat aku ikhlas mau minta maaf sama dia, urusan dia maafin aku atau gak minta maaf sama aku itu urusan dia sama Allah.
Baiklah segini aja berkicau aku pada pesan kali ini, aku takut kamu malah makin bimbang antara chat atau tidak. Tapi saranku tolong bersikap dewasa, chat doang gak bikin balikan kok!
with love,
dirimu sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cape, Tau!
JugendliteraturDear Rafshan, Jangan sok jual mahal ya kamu, nanti aku cicil loh.