catatan kesebelas

135 26 6
                                    


11. NYINYIR TEROZ AMPE MAMPOZ.

•••

Hei, hei diriku! Stop. Kubilang. Stop.

Itu mulut kamu gak jamuran apa dari kemaren kerjaannya cuman ngomongin orang, nyinyir, nge-gosip yang aneh, ngatain orang. Padahal, kamu tuh ngaca gak sih kalo kamu belum lebih baik dari dia?

Pagi-siang-sore-malem kerjaannya cuman buka instagram, balik ke LINE, instagram lagi, LINE lagi. Di instagram kamu liat berita ter-update apaan yang lagi booming banget, terus pas kamu liat ada berita hot, nah kamu buka LINE, ngajak temen-temen kamu sendiri gosip.

Astaghfirullah.

Maafin aku ya, aku selalu gagal ngingetin kamu untuk gak nyinyir orang lain. Tapi sekarang, mari ikut aku, kita berubah bareng-bareng, bukan cuman aku yang bantu kamu merubah diri, tapi kamu juga bantu aku buat ngerubah diri aku sendiri. Barangkali ada salah kata, mungkin.

Coba deh kamu kali-kali buka instagram yang berbau tentang Islam. Gak lama juga gapapa kok, lima menittt juga aku udah bersyukur banget. Baca quotes islami di sana yang insyaallah bakalan bikin hati kamu adem. Abis lima menit itu, aku yakin banget, kalo kamu bakalan nagih buat baca lagi dan lagi.

Oh aku tau, atau enggak coba deh kamu cari inspirasi untuk memperdalam bakatmu. Yaa misalkan baca buku berfaedah (jangan yang tentang remaja-remaja sibux nge-gosip gitu yach), dengerin lagu islami, apapun deh yang penting kamu awalnya coba aja dulu. Barangkali bisa kecantol di hati.

Terus, kamu juga bisa cek catatan mimpi kamu. Apa mimpi yang belum tercapai? Hayoo, daripada sibuk nyinyir orang lebih baik menggapai mimpi, bukan? Catatan mimpi kamu itu sengaja kusuruh buat bukan tanpa alasan, tapi salah satu manfaatnya agar kamu tuh paham kalau kamu aja belum bisa menggapai semua mimpimu itu, masa udah berani nge-gosipin orang yang gak bener?

Jauh-jauh deh dari segerombolan geng hitz yang kerjanya cuman nyinyir sama nge-gosip doang. Apa sih kebisaan mereka selain itu? Nyari duit buat beli kuota aja belum sanggup, udah repot-repot nyari kesalahan orang lain (apalagi kalo kamu belum tentu tau kebenarannya).

Okey, okey, aku tau kamu sekarang lagi nge-gas banget rasanya pengen nampol aku kalo aku beneran hidup. Kata kamu, orang itu emang pantes dihina, dia tuh bla bla bla (kamu sebutin semua kejelekan dia).

Okey, iya, dia emang buruk. Aku bisa menilai itu dari setiap instastory, postingan, omongan, tingkah laku dan lain sebagainya. Iya, dia emang udah jelas-jelas buruk dan pantas dihina, katamu.

Eits! Tapi kamu lupa satu hal, kalo kamu juga punya aib, punya kekurangan. Sama seperti orang itu. Jadi, tidak sepantasnya kamu menghina-hina doa, menyebarkan aibnya, membicarakan aib yang bahkan kamu sendiri gak tau aib itu benar adanya atau tidak.

Kalau dia memang benar buruk, doakan. Tutup kunci tanganmu untuk melihat sesuatu tentangnya lagi. Agar kamu tidak kepo lagi dengan kejelekan orang itu. Tapi, kalau dia ada baiknya sedikit, tutup juga tanganmu. Ketahui saja kebaikannya, contoh apa yang dia lakukan.

Jadi, netizen yang bijak, ya?

with love,
dirimu sendiri.

Cape, Tau!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang