catatan kedelapan

156 35 4
                                    


8. NABUNG, YUK!

•••

Haii diriku!! Kenapa kamu tiba-tiba jadi suka belanja dan menghamburkan banyak uang, sih? Memangnya kamu tidak tahu apa kalau mencari duit itu susah!

Sudah, sudah, daripada aku emosi terus sama kamu dan kamu gak bakal dengerin juga, mending kita berunding sama-sama untuk menyelesaikan masalah ini. Masalah anak remaja kebanyakan, yaitu, jajan doang bisanya!

Aku tau banget kamu pengen ngoleksi buku-buku best seller yang selama ini kamu lihat di Instagram itu. Belum lagi isi dari buku itu yang bisa membuat orang termotivasi. Tapi, begitu kamu melihat harganya, kantongmu ternyata bersedih.

Aku juga tau kok kalo kamu pengin jalan-jalan setiap bulan, refreshing katamu. Tidak apa-apa, tapi usahakan kalau itu dari uangmu sendiri. Jangan menyusahkan siapa-siapa. Karena itu keinginanmu dan hanya kamu yang berhak mewujudkannya.

Baiklah, sekarang begini. Berapa uang jajannya dalam sehari?

Bisakan kamu tabung dua ribu saja dari total keseluruhan uang jajanmu itu. Tidak usah banyak-banyak dalam sehari. Cukup dua ribu. Tapi kalau kamu memang sudah tidak sabar menjemput buku itu, silahkan sisihkan lima ribu juga boleh.

Kalau misalkan kamu memang keberatan untuk menabung dua ribu dalam satu hari. Kamu harus ingat ini : jalan-jalan, beli buku, beli jam, beli apapun yang aku mau. Pasti nanti semangat nabungnya akan muncul dengan sendirinya.

Menabung itu tidak merugikan kok! Malah melatih kamu untuk berhemat di masa yang akan datang. Selain itu, kamu pasti akan merasa bangga sendiri jika kamu bisa membeli something dengan hasil jeri payah kamu sendiri.

Tapi ingat, kalau uangnya sudah terkumpul, jangan digunakan boros. Mentang-mentang punya uang banyak akhirnya semua barang dibeli. Yang kamu gak pengen, eh pas ada uang banyak jadi dibeli. Bahkan barang-barang yang gak kamu butuhkan pun juga kamu beli, katamu biar cuman punya-punya aja.

Astaghfirullah.

Iya aku tau itu uangmu, dan hanya kamu yang berhak menggunakan uang itu, tapii.. hayo kamu masih ingat gak sih kata orang-orang kalo boros itu temennya setan? Nah, kalo gak inget sini aku ingetin lagi.

Dulu, kamu pernah diajarin sama mamahmu, beliau berkata kalau punya uang itu harus ditabung, dan tidak boleh dijajankan seenak jidatmu saja. Beli barang-barang yang memang kamu butuhkan saja. Gunakan uang itu seperlunya kamu saja. Atau lebih baik, berikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Bukan perihal itu uangmu, tapi perihal kau gunakan untuk apa uang itu. Uang juga titipan Tuhan yang sewaktu-waktu bisa diambil kapan saja.

Jadi, jangan boros ya, lebih baik ditabung.

with love,
dirimu sendiri.

Cape, Tau!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang