[JS] = Jerawat Series.
Wadow ... dow ... dow ....
Jerawatan, nih sist? Pasti malu, deh. Bakal nggak pede dan baper banget setiap si biang jerawat melanda.
Tapi memang jerawat selalu jadi musuh para remaja yang telah melewati masa pubertas, ya nggak?!
Kalau gitu kalian tahu, nggak? Apa itu jerawat? Dan dari mana asalnya? Atau gimana cara mencengahnya?
Kalau kalian tahu, silahkan jawab di sebelah sini👉
Kalau kalian mau tahu, ayo baca!
Definisi jerawat ialah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.
Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."
Sumber: Wikipedia.
Akne vulgaris atau biasa kita sebut jerawat itu terjadi akibat abnormalitas produksi sebum pada kelenjar sebasea yang muncul pada saat kelenjar minyak pada kulit terlalu aktif.
Walaupun tidak termasuk penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian, jerawat jika tidak ditangani dapat menimbulkan depresi dan krisis kepercayaan diri penderitanya.
Faktor utama penyebab terjadinya jerawat adalah peningkatan produksi sebum, peluruhan keratinosit, pertumbuhan bakteri p.acne dan inflamasi.
Penyebab jerawat, meliputi faktor genetik, faktor ras, faktor iklim (temperature dan kelembapan memengaruhi aktivitas kelenjar sebasea), faktor makanan, faktor hormonal dan stress emosional.
Gejala, jerawat terjadi akibat tersumbatnya folikel pilosebacea, sehingga menyebabkan sebum tidak dapat keluar dan menimbulkan peradangan. Peradangan ini menyebabkan komedo yang merupakan permulaan terjadinya jerawat.
*komedo adalah gejala patognomonik bagi akne, berupa papul miliar yang di tengahnya mengandung sumbatan sebum (minyak).
Bila berwarna hitam itu mengandung unsur melamin disebut komedo terbuka (black comedo).
Bila berwarna putih itu akibat letaknya yang lebih dalam sehingga tidak mengandung unsur melamin, komedo ini disebut komedo tertutup (white comedo).
Jenis-jenis jerawat:
Sudah tahu apa itu jerawat, bukan?
Besok kita akan membahas terapi swamedikasi pengobatan jerawat yakk.
Jadi stay tune!
Dadah💕
KAMU SEDANG MEMBACA
TASYTALK
RandomChit chat seru bareng aku! Si calon apoteker gagal yang sok tahu. Mari berkelana jauh mencari definisi cantik yang sebenarnya. Tak butuh alat penunjang ataupun cara yang instan. Jadilah dirimu sendiri dan rawat kulit sedari dini. Definisi cantik ia...