Hai, Sobat tasytalk🤗
Karena Tasya sudah membahas perbedaan kosmetik dan skincare. Jadi kita akan mengulik lebih dalam tentang skincare.
Apakah itu skincare?
Skincare adalah suatu rangkaian perawatan kulit. Efeknya jangka panjang dan harus digunakan rutin setiap hari. Kalau kalian masih remaja, pasti akan bertanya "Kak tasya perlu nggak sih anak remaja pake skincare?"
Adik-adikku yang terkasih dan tersayang, nyatanya skincare itu perlu untuk kesehatan kulit kalian. Karena mengingat kondisi lingkungan yang rentan akan paparan sinar matahari langsung dan kumpulan polusi menempel di wajah.
Did you know? Jarang pakai sunscreens atau pelembab ber-SPF saat keluar rumah adalah salah satu faktor penyebab kanker kulit! Makanya kulit kalian harus dirawat dari sekarang.
Nah maka dari itu, ayo rawat kulit kalian. Nih Tasya punya tips, dibaca dulu yaa..
berikut ini adalah rangkaian skincare routine yang cukup sederhana, tidak perlu semuanya juga kamu gunakan. Cukup dengan mengkondisikan mana yang perlu untuk wajahmu dan mana yang tidak.
Ternyata oh ternyata banyak remaja yang pakai face wash (pembersih wajah) tanpa mencocokkan dengan kondisi wajahnya 😭 Miris banget nggak sih? Kalau kulit bisa ngomong pasti dia ngambek.
Jadi sebelum lanjut, tasya bakal kenalin dulu ke kalian beberapa Skin Type/Jenis Kulit:
1. Kulit berminyak
Biasanya kulit berminyak itu pori-porinya cenderung besar, mudah berjerawat, dan di seluruh bagian wajah mudah mengkilat alias berminyak. Kondisi ini sering dimiliki kulit remaja, biasanya karena puber juga.2.Kulit kombinasi
Beberapa orang yang kulitnya kombinasi itu pori-porinya besar, tapi ada juga yang biasa aja, nggak besar dan nggak rapat juga. Kulit ini cenderung berminyak di bagian T-zone (alias hidung, area dahi di atas alis, dan dagu. Kalau pipi sih cenderung kering atau normal ya)3. Kulit kering
Pernah ada sensasi kulit ketarik sehabis cuci muka, nggak? Atau rasanya kulit wajah haus banget? Apakah kulit kamu ada yang terkelupas? Nah, bisa jadi mungkin ini adalah kondisi kulit kamu. Agak sulit memang bedain kulit kering sama kombinasi, karena pengalaman Tasya juga gitu, habis cuci muka, terkadang bagian T-zone pun ikut kering. Tapi kalau tipe kulit kering itu, intinya kulitnya bakalan gersang banget.Nah, sekarang kita lanjut Setiap jenis kulit seperti kulit kering dan berminyak biasanya akan dibarengi dengan Skin Condition.
Apa itu Skin Condition? Skin Condition adalah kondisi atau keadaan kulit kita. Jenis kulit manusia pasti memiliki kondisi-kondisi yang berbeda. Ada 2 jenis kondisi kulit yang tasya tahu.
1.Dehydrated/Dehidrasi
Ini adalah kondisi di mana kulit kita mengalami dehidrasi akibat kekurangan kadar air dalam kulit. Biasanya kulit kering dan berminyak memiliki kadar air dan minyak yang tidak simbang di kulit wajah.2.Sensitif
Ini adalah kondisi kulit paling sering terjadi, di mana kulit kita menunjukkan rasa panas/perih jika menggunakan sapah satu produk yang tidak cocok di kulit kita. Kondisi kulit sensitif itu akan berakhir jika kita tidak nekat mencoba produk atau zat/bahan kimia terkandung yang tidak cocok di kulit kita.Sejauh ini kalian sudah mengerti? Kalau tidak mengerti, di bagian mana? Dan kalau sudah mengerti, selamat kamu akhirnya tahu dan paham.
Kalau masih ada yang ingin bertanya seperti, "Kak Tasya, aku sudah tahu jenis kulitku, nih. Terus produk apa yang cocok digunakan yaa?"
Tentu dengan senag hati akan tasya jawab. Nah, kalian pada kepo nggak?
Kalau iya, silakan lanjut baca ke bab selanjutnya aja, yaaa! Karena selanjutnya tasya akan memberikan informasi produk-produk yang sekiranya cocok.Jadi, tinggal next slide aja.
Semoga membantu.
Dadah💕
KAMU SEDANG MEMBACA
TASYTALK
RandomChit chat seru bareng aku! Si calon apoteker gagal yang sok tahu. Mari berkelana jauh mencari definisi cantik yang sebenarnya. Tak butuh alat penunjang ataupun cara yang instan. Jadilah dirimu sendiri dan rawat kulit sedari dini. Definisi cantik ia...