13. Mengapa Kantung Mata Menggelap?

696 37 7
                                    

Ini request pembahasan dari maulidyarachma dan Ogahmuncullagi

Bagaimana ceritanya hingga mata kita bisa mengelap seperti panda? Kalian mau tahu? Sama saya juga😆😂.

Oke-oke, tasya bakalan serius. Ya, benar. Mata kita bisa menggelap karena bermacam-macam penyebab, salah satunya yang paling umum akibat KURANG TIDUR.

Hal ini terjadi karena kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah kulit tipis mata kita melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuklah si kantung mata.

Ini 'kan baru secara umumnya saja ya, kalau faktor-faktor pendukung lainnya itu ada :

1. Faktor genetik.
Yap, genetik ikut andil dalam menciptakan warna gelap di mata. For your information tasya juga sebenarnya memiliki kantung mata karena faktor genetik, tidak begitu gelap cuma yah ketara aja keberadaannya.

Biasanya susah hilang, karena pada dasarnya 'kan bawaan lahir(gimana seh😑). Jadi, tugas kita ya mengikhlaskan saja dengan lapang dada😆😁

Namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna. Aseq.

2. Alergi.
Lingkaran mata ini juga bisa terjadi karena adanya alergi. Seperti alergi makanan, alergi sari bunga, alergi kosmetik dan masih banyak lagi.

Ini biasanya bisa sembuh kok guys, asal konsultasi dan minta penanganan dokter yang handal aja.

3. Hidung tersumbat.
Saluran hidung yang tersumbat dapat menimbulkan kantung mata karena pembuluh nadi dari mata ke hidung kalian melebar dan menggelap.

Dan biasanya kalau hidung sudah tidak tersumbat lagi, kantung mata akan hilang secara perlahan. Jadi, ini nggak permanen ya guys. Santai aja.

4. Kurang mengkomsumsi Vitamin dan minim nutrisi.
Nah, mengenai vitamin tasya sudah bahas di bab sebelumnnya yah. Jadi, vitamin ini penting banget keberadaannya bagi kesehatan serta kecantikan tubuh.

5. Dehidrasi.
Kekurangan cairan tubuh dapat berakibat fatal, jadi jangan lupa minum air putih. Oke? Oke dong😂😆. Karena dehidrasi menjadi salah satu faktor kantung mata yang menggelap, makanya jangan malas minum air putih.

Umm ... sebenarnya masih banyak lagi sih faktor lainnya, tapi yang paling umum dan mendasar selama tasya belajar mencari ilmu yah sebagian besar seputar faktor-faktor di atas saja.

Hehehe, mungkin banyak diantara kalian yang merasa malu, tidak percaya diri dan terpuruk dengan kondisi ini. Tetapi percayalah, rupa bukanlah unsur kehidupan yang utama.

Rawat saja kulit kalian, berikan tubuh kalian nutrisi seperlunya. Niscaya tubuh tidak akan pernah berdusta, kalau memang mereka suka dimanja dengan pola makan yang ideal.

Jadi, cantik itu bukan sekadar make up dan skincare saja :) tapi juga cara kalian mencintai tubuh kalian sendiri.

Udah deh, segitu aja.
Dadahhh💕

TASYTALKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang