03. Perawatan Kulit Sesuai Jenis Kulit

1.8K 105 28
                                    

Hai sobat tasytalk🤗

Mengulang pembahasan di bab sebelumnnya, tasya akan menjawab pertanyaan.

Contohnya seperti, "Kak Tasya, aku sudah tahu tipe kulitku, nih. Terus produk apa yang cocok digunakan yaa?"

Nah, tentu tasya bakal bagi list produk apa aja yang bisa kalian pakai untuk merawat kulit remaja *dewasa apalagi, boleh banget😆*

Rangkaian Skincare Sederhana:

1. Face Wash\ Pencuci Wajah.
Pembersih muka tujuannya adalah membersihkan sisa-sisa kotoran atau residu yang menempel pada kulit permukaan luar. Pembersih wajah ialah produk paling sering digunakan dan dibeli. Tasya juga merasa sangat tidak mungkin kalian melewatkan step awal ini. For your information, di bawah ini ialah tips pembersih muka menurut tipe kulit:

1. Untuk kulit berminyak cenderung berjerawat, pilih face wash dengan kandungan salicylic acid (kalau bisa). Cari face wash yang tidak begitu menguras minyak, karena pada dasarnya semua face wash itu akan menghilangkan minyak di muka(memang itulah fungsi dari face wash, guys).

2. Untuk kulit kombinasi, menurut tasya tipe kulit ini tidak begitu bermasalah dengan face wash. Selama itu cocok di kamu dan wajahmu tidak memperlihatkan tanda-tanda iritasi, why not?

2. Untuk kulit kering, coba cari face wash yang mengandung pelembab seperti Hyaluronic Acid, gliserin atau honey. Face wash jenis ini biasanya tidak membuat wajah kering setelah mencuci muka. Biasanya bentuknya creamy atau gel.

*Karena tasya tipe kulit kering, biasanya Tasya pakai clean & clear bright skin yang warnanya pink*

2. Moisturizer atau Pelembab.

Kalau ada yang bertanya, "Kak Tasya, Kulitku berminyak. Kalau pakai pelembab nanti tambah berminyak dong?"

Eits! singkirkan pikiran itu! Karena menurut yang tasya baca, ada kondisi di mana kulit kamu menjadi berminyak itu karena kulit kamu itu dehidrasi. Sudah tahu 'kan kondisi kulit dehidrasi itu apa? Ada di bab sebelumnnya.

Iya, jadi sebenarnya kulit kamu itu butuh kadar air lebih. Misalnya nih, kamu pakai face wash dengan embel-embel 'Menguras minyak' atau apalah itu. Lalu face wash itu akan bekerja dengan 'ngebuang' minyak yang ada di wajah kamu termasuk minyak alami.

Kalau minyak alami kamu dibuang, kulit jadi 'haus' dong? Butuh sesuatu buat ngejaga kulit biar tetep lembab.
Alhasil, kulit akan produksi minyak yang lebih untuk ngejaga kelembaban kulit kamu. Karena produksi minyak berlebih, kulit kamu jadi berminyak deh.

Sayang banget, kan? Maka dari itu tasya akan berbagi tips pemilihan pelembab menurut jenis kulit:

1. Untuk kulit berminyak, kalian bisa coba pelembab bertekstur gel, karena teksturnya ringan dan cepat meresap.

2. Untuk kulit kombinasi, kamu bisa aplikasikan pelembab di daerah selain T-zone kalau dirasa oily buat diaplikasiin di seluruh wajah. Untuk tekstur, bisa lotion atau cream,disesuain aja.

3. Untuk kulit kering, kalian bisa coba pelembab bertekstur gel, karena biasanya daya lembabnya lebih tinggi. Atau kalau dirasa oily, kamu bisa pakai tekstur creamy seperti lotion (contoh: Hadalabo lotion). Tidak padat dan seret ketika diaplikasikan di kulit.

Kalau menurut Tasya nih, moisturizer wardah termasuk bagus dan worth it to buy! atau nggak merek nature republik si skincare korea yang lagi booming itu! Tapi kalua sudah ada yang cocok sama kulitmu, pakai aja.

3. Sunblock atau Sunscreen

Siapa yang nggak pernah pakai sunblock ketika kegiatan outdoor? AYO NGAKU!!!

Atau kalian cuma mengandalkan SPF yang ada di kosmetik kalian aja seperti bedak atau fondation gitu? Haduh itu belum cukup loh, manteman!

Atau kalian termasuk golongan manusia yang di bawah ini, nih👇

"Kak Tasya, aku udah pakai sunblock cukup banyak, tapi tetep aja belang? Itu kenapa ya?"

Baiklah, tasya bantu jawab *hihi* tapi sebelum itu tasya mau tanya ke kalian. Apa habis pakai sunblock, kalian langsung terkena sinar matahari? Ayo ngaku! Pasti pernah, deh! Nggak salah lagi.

Ternyata oh ternyata, mungkin itu terjadi karena kalian salah mengerti. Lebih tepatnya, belum tahu kalau sebenarnya sunblock/sunscreens itu ada 2 jenisnya, chemical dan physical.

Jenis physical itu bisa kita gunain walau langsung terkena matahari, tapi jenis chemical tidak bisa. Pernah baca 'tunggu 15 - 20 menit sebelum terkena matahari langsung' di bagian belakang kemasan sunblock/suncreens, nggak? Jangan bilang kalian beli-beli aja tapi males baca bagian belakang *XD*

Oh, apa malah kalian beneran nggak pernah baca bagian belakangnya? *Haduhh*

Dalam petunjuknya, kalian disuruh menunggu 15-20 menit. Mengapa begitu? Itu dianjurkan karena menunggu waktu mengaktifkan bahan utama sunblok. Karena untuk menjadi tabir surya, sunblock atau suncreens membutuhkan waktu untuk menjadi lapisan pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Jadi kalau kalian kena sinar matahari langsung, bahan pelindungnya itu belum aktif.

Udah tahu, kan? bilang terima kasih dong *ngarep😭*

4. Masker Wajah dan Scrub
Yang terakhir ialah Masker wajah dan scrub. Jadi bagian ini, menurut Tasya penting nggak penting yang sebenarnya kulit kita PERLU.

Sebab kulit kita memiliki sel kulit mati yang perlu untuk di angkat. Bisa secara alami dari kulit atau dibantu dengan produk bernama masker wajah. Masker itu kegunaan lainnya menyejukkan, melembabkan, mencerahkan atau sekalian meremejakan kulit.

Kalau saran Tasya untuk kalian, mending pakai masker yang alami dulu. Contohnya seperti putih telur, bengkuang, madu, susu, air beras, pisang dan macam-macam makanan bernutrisi tinggi. Nanti tasya akan bahas bab khusus Masker alami, ditunggu aja.

Tapi kalau kalian mau pake masker yang di jual bebas di pasaran itu juga boleh kok, masih tergolong aman. Asal ingat betul-betul, pastikan kalau produk itu sudah memiliki nomer BPOM (yang kurang tahu cek bab sebelum ini 👈 mengenai BPOM).

Salah satu masker terkenal tapi tidak masuk BPOM adalah masker Naturgo dengan merek shinseido. Shinseido tidak pernah mengeluarkan produk masker berwarna hitam bernama naturgo, jadi sudah dapat dipastikan bahwa produk itu PALSU. HATI-HATI!

Jika kalian menggunakan itu? Tolong hentikan! Harus hati-hati, yaa. Jangan pakai yang palsu atau ilegal, bahaya!!

Jadi segitu aja dulu, aku udah mager.
Semoga membantu,
Dadah💕

TASYTALKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang