Halo, teman-teman!
Aku nggak update tasytalk berapa lqma ya? Selama itu, ternyata maaih ada yang mau membaca. Aku terharu😭Terimakasih sudah setia dan rela menunggu lama. Semoga informasi baru ini bermanfaat yaa! Hayuk belajar!
Selama aku buat tulisan ini yang berumur 1 tahun lebih sangking keseringan baca beberapa jurnal lalu dengerin ocehan para beauty skincare guru, alhasil aku hanya mampu mengehela napas panjang. Semakin paham seseorang, semamin dia merasa dirinya bodoh🙃 seperti aku saat ini.
Susah, memahami suncreens. Kamu nggak akan kuat,Dahlah aku aja🤣
Tapi serius deh, suncreens itu paling susah dimengerti. Setiap tahun ada jurnal baru, penelitian baru dan produk baru yang berbeda. Jadi ya informasinya baru juga.Bahkan Di bagian negara lain suncreens termasuk obatyang tersedia di pharmacy atau apotek, karena beberapa negara warganya memiliki penyakit kulit akibat seringnya terpapar sinar matahari maka dari itu penggunaan suncreens akan berguna sebagai obat pelindung kulit. Kalau di Indonesia mah boro-boro, padahal iklim tropis *ups*
Pada akhirnya aku harus belajar pasal hitung-hitungan karena peng-upply-an suncreens ke wajah ada aturannya. Nggak sembarangan, jangka waktu dan massa/berat dari suncreens itu berpengaruh pada hasil perlindungan.
Bahkan ada kok kasus besar di belahan dunia, kita sebut saja Amerika. Di mana sebagain orang heboh karena ada suncreens dengan nama produk Purito yang tertulis SPF 50 tetapi perlindungan yang diberikan tidak sesuai dan hanya SPF 19 saja. Itu informasi yang aku dapat, kalau penasaran search di google aja yah!
Miris rasanya kalau aku memberikan informasi yang salah padahal tujuan awalnya hanya untuk membagi informasi supaya kita sama-sama pandai dan mengerti. Aku takut dosa, aku takut menebar fitnah, dan membawa orang lain ke jalan yang salah. Namun, memang benar, tasya hanyalah manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan. Jadi yuk lanjut.
Jujur nggak bisa aku pungkiri, bab ini paling banyak kalian minta sampai aku lupa siapa-siapa saja yang minta segera agar cepat di publish. Maaf karena kalian harus menunggu lama untuk otakku yang lemot ini menerima data :) And yeah, here we are!
Sunblock or Sunscreens, apa bedanya? Pasti banyak yang bingung, nggak mengerti dan berpikir apa sih perbedaan keduanya? Perbedaan nama sajakah? Perbedaan hasil akhir? Atau perbedaan daya serap?
Sebenarnya, cukup sulit menemukan perbedaan keduanya dalam bentuk jurnal digital *awalnya* Jarang sekali ada karya ilmiah yang membahas ini, atau aku aja yang kuper dan kudet cari tahu karena otakku buntu cari kata kunci?
Dulu, pernah ada salah satu pertanyaan yang menanyakan perbedaan keduanya, dan aku cuma bisa menjawab dengan alakadarnya karena waktu itu informasi yang aku tahu cukup minim. Saat itu juga yang pakai suncreens sangat langka, peduli akan produknya apalagi kebanyakan produk luar negeri. Karena pengetahuan akan sepenting apa suncreens itu baru tersebar yaa 5 tahun ke belakang selebihnya orang-orang pada bodo amat.
Pemahaman tentang pentingnya menjaga kulit dari paparan sinar matahari jadi perhatian setelah jadi topik hangat bagi para beauty skincare guru. Kita mah, ikut-ikut aja yak, Bun. Walaupun kalau boleh jujur aku pakai suncreens udah dari awal SMK, rutin. Tydak kaleng-kaleng. Jangan kaget kalau efeknya wajahku flawless XD *canda seyenk*
Jadi apa bedanya? Tentu aja keduanya SAMA. BEDA NAMA AJA.
☀️SUNBLOCK
Berasal dari kata sun yaitu matahari, dan block yang kurang lebih seperti penghalang untuk sinar matahari. Katanya, langsung melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Sunblock ini bahasa Indonesianya TABIR SURYA.Pro : tahan air (untuk beberapa produk khusus penggunaan di air)
Con : meninggalkan whitecast pada kulit, teksturnya agak sulit menyerap di kulit.
☀️SUNCREENS
Menyaring efek buruk dari sinar matahari untuk perlindungan dari sinar UVA dan UVB. SEKALI LAGI, MENYARING.Pro : Teksturnya ringan, mudah menyerap di kulit.
Con : beberapa produk tidak tahan air, dan ada jangka waktu sebelum terpapar sinar matahari.
Ini perbedaan yang selalu tersedia sebagai perbedaan keduanya, kalau menurut sudut pandangku sebetulnya keduanya sama, tidak ada beda. Cuma suncreens adalah generasi terbaru dari kata sunblock. Kayak ipon 12 pro sama ipon 11 pro mereka berbeda. Body produknya, data penyimpanan, harga, dll. Semoga kalo contohnya henpun kalian ngerti :")
Kenapa kok aku bisa dengan percaya diri bilang itu? Saat ini penggunaan kata sunblock pada produk kecantikan jarang digunakan, kenapa bisa begitu?
Karena penggunaan kata sunblock dianggap memberikan keamanan berlebihan. Karena nyatanya sunblock itu tidak dapat memberikan perlindungan seperti memblock sinar matahari yang mengenai wajah kita. Well, FDA sendiri yang melarang penggunaan kata ini kalau kalian masih belum percaya.
Jadi, kata sunblock sudah tidak relevan lagi.
Bagaimana? Sudah paham, atau masih bingung? Sudah aku coba garis bawahi dan bold sih. Semoga informasi ini membantu, selanjutnya mungkin bakal lebih bikin otak mumet dan berotot.
Yaudah deh,
Segitu aja. Dadah💕
KAMU SEDANG MEMBACA
TASYTALK
RandomChit chat seru bareng aku! Si calon apoteker gagal yang sok tahu. Mari berkelana jauh mencari definisi cantik yang sebenarnya. Tak butuh alat penunjang ataupun cara yang instan. Jadilah dirimu sendiri dan rawat kulit sedari dini. Definisi cantik ia...