Praktik pertama sebagai perawat.
Awalnya bingung kaya gimana.Waktu itu nama mata pelajarannya dkw.(dasar keperawatan).Nah kebetulan angkatan aku tuh perawat ada 6 kelas jadi setiap kelas beda ya pembimbing praktiknya.Banyak mapel yang namanya aneh aneh pokonya semuanya tentang kesehatan.Bu dekstra adalah pembimbing praktik kelasku.Dia menjelaskan praktik kami akan diajari dasar keperawatan terlebih dahulu.Praktik pertama aku adalah bad making.Bad making itu adalah menyiapkan tempat tidur pasien.Dalam teori ternyata bad making itu gak segampang yang kita lihat kaya pasang sprei dikasur kamu.Gak.Jauh banget.
Dari pengalamanku bad making itu gak gampang gak ribet juga.Aku pikir yaudah tinggal masang kan.Ternyata gak temen temen.Jadi dari lipatan ajah ada tata caranya.Misal sprei besar prinsipnya lipatan memanjang terbalik dan yang lain juga ada prinsipnya.Ada tata caranya buat lipat.Salah lipat bisa fatal sama jalannya praktik.Nah sekarang kita ikutin penjelasan bu Dekstra dulu ya.
Yang pertama cuci tangan terus siapin alatnya.
Yang pertama tentu nampan.Nah habis itu kita susun alat alatnya.Dari alat alatnya saja harus berurutan ya.Mulai dari pertama
-sprei besar (laken) dia ditaro paling atas diikuti selanjutnya.
-perlak.
-sprei kecil(stik laken)
-selimut
-dan sarung bantal ditaro paling bawah
Selanjutnya pake APD ya (alat pelindung diri) kalau buat bad making cukup hanscoon(sarung tangan),masker.Selanjutnya.
Cara kerja nya juga ada beberapa tahap mulai dari pertama letakan laken dengan garis tengah laken ditengah tengah tempat tidur.terus untuk memasukan laken bagian kepala menggunakan sudut dalam 90° dan luarnya 45°.Begitupun dengan bagian bawah laken.Kemudian letakan perlak melintang tempat tidur diikuti stik laken diatasnya.Terus masukan secara bersama laken perlak dan stik laken.
Note: dari awal memasukan laken pada bagian kepala dilakukan disatu sisi terlebih dahulu.kemudian setelah semuanya selesai.Lakukan hal yang sama pada bagian sisi lain tempat tidur.
Setelah rapi letakan selimut secara terbalik dan masukan bantal kedalam sarungnya.
Sekian info dari bu Dekstra.
Kami memperhatikan baik baik pelajaran yang diberikan bu Dekstra setelah selesai kami mencoba satu persatu karena di lab 2 hanya terdapat dua bad.Disini terdapat 2 lab perawat dan klinik sementara analis memliki 1 lab dan farmasi 1 lab tapi lumayan besar aku pernah masuk lab farmasi sewaktu pelajaran anfis.Soalnya kelas bu Vertebra-guru anfis di lab mau gak mau kami harus masuk lab farmasi bukan apa apa tapi baunya ituloh yang gak tahan.Aku tipe orang gak suka obat.Serius ga enak ajah gitu baunya bikin mual.Pertama masuk bau parfum keluar bau obat.Bener deh coba papasan gitu sama anak Farmasi walaupun gak nyengat banget tapi tetap ajah ada bau obatnya.
Lab-nya luas bersih.Lab sedang tidak dipakai hari ini jadi kami boleh menggunakan lab untuk belajar.Semisal pas pelajaran bu Vertebra lab dipake.Pj biasanya disuruh nyari kelas kosong buat belajar.
Lab analis aku belum pernah masuk sama sekali serius penasaran banget kaya gimana isinya.Ya mudah mudahan nanti dapet kesempatan buat lihat.
***
Aku mengusap keringat di dahiku saat aku sudah selesai menyelesaikan praktikku itu juga dibantuin sama pj,kenapa gak bu Dekstra karena bu Dekstra sudah pergi dari tadi ia menyerahkan pengawasan kepada pj lab gak tau kelas lain apa begini sering ditinggal sama pembimbingnya.Aku hanya geleng geleng kepala melihat kelakuan teman temanku mereka sedang selfi mengunakan jas lab dengan background alat alat kesehatan dengan pantom bayi di tangan mereka.aku melihat sekeliling untuk memastikan tidak ada cctv dan tidak ada.
Mereka sempat mengajakku namun aku malas untuk hal seperti itu jadi aku lebih memilih main hape.Maklumin ajah kami masih bau bau anak smp dan agak norak pertama kali kami praktik pertama kami sangat bangga menggunakan jas lab.Ngomong ngomong jas lab aku belum dapet tapi karna persyaratan bu Dekstra yang menyuruh semua muridnya menggunakan jast lab mau gak mau harus minjem.Padahal salah siapa coba stok jast labnya habis.
Ya aku minjem sama kaka kelas untung banget waktu itu punya kenalan kaka kelas smp jadi kaka kelas smk sekarang.Sebenarnya bukan hanya aku doang yang minjem ada 2 temanku juga belum dapet.Kita minjem tuh ke kelas Analis,kelas 12 analis ini cakep cakep gais,kalem lagi.Lumayan lah cuci mata.
Tapi kayanya cowonya gak ganjen ganjen sama adek kelas.Biasa ajah.Perlu disyukurin atau disayangkan kalau ada kaka kelas begitu?
****
KAMU SEDANG MEMBACA
Yakin,Mau Perawat?
Teen FictionBanyak yang bilang kalau anak SMK itu setengah matang,mateng engga mentah engga dan aku termasuk salah satu anak SMK.Aku sekolah di salah satu SMK jurusan kesehatan,awal awal aku masuk kesekolah ini cuman gara gara iming iming gais. Aku ini gak bisa...