Mungkin setiap smk jurusan apapun,mapel yang difokusin pasti yang kita ambil jurusannya.Begitupun smk kesehatan banyak banget mapel kesehatannya hampir setiap hari ada.Salah satunya mungkin paling mengerikan kali ya buat anak kesehatan kalau bahas masalah pelajaran Anatomi Fisiologi.
Masalahnya anatomi tuh mesti dipahami luar dalem dan bahasanya luar biasa susah dihafal.
Mungkin setengah kelasku gak ada yang suka sama pelajaran ini.Anatomi ini dipejarin dikelas 10 sama kelas 11.Guru anatomi kelas kitatuh bu Veterbra dia itu kalau kasih tugas gak tanggung tanggung.Waktu itu kita disurah gambar terus.Sampai se-isi kelas mikir ini kelas seni kali ya.Soalnya hampir semua bagian tubuh kita digambar termasuk sampai sistem tubuh juga kaya jantung,ginjal dan kawan kawan.Aku dan temen temen sempet gak ngerti apa fungsinya gitu kita gambar.Masalahnya walaupun kita gambar belum tentu kita jadi langsung hafal semuanya.Engga.Masalahnya bahasanya itu loh belum biasa.
Jadi gambarnya itu ada yang kelompok ada yang individu kalau gambar kelompok itu kita sekalian persentasi.Bener deh buku ku tuh penuh banget sama gambar.Untung lah gambarku gak jelek jelek amat.Ada temenku yang ngeluh soalnya dia gak suka gambar.
Mungkin niat guru buat kita bisa cepet hafal kali ya kalau kita gambar.Nyatanya engga malah meles belajar apalagi kalau liat gambarnya gak karuan.Kalau menurutku sih tergantung orang kalau cara ngafal.Pernah aku tanya temen kelasku satu satu masih inget apa engga anatomi tubuh pas udah kelas dua belas.dan 90% pada lupa.haha.Iya emang gitu kalau hafalan mah gak dipake udah lupa.Padahal nih waktu kelas sepuluh kita hafal banget anatomi tubuh soalnya buat pengambilan nilai.Untung waktu itu gak disuruh ngafal anatomi jantung dan kawan kawan bisa lieur.
Beda lagi sama mapel k3lh(kesehatan keselamatan kerja dan lingkuhan hidup ) gurunya asik sih jadi ya dibawa enjoy ajah.Kalau k3lh ini kebanyakan praktik kaya misalnya cangkok taneman terus belajar pake perban pada orang kecelakaan,kebakaran dll.
Ada lagi mapel alkes (alat kesehatan) materinya sih ya itu kita kenalan sama alat kesehatan yag lumayan banyak dan ada alat kesehatan yang mirip mirip gitu jadi kita harus teliti banget, gunting ajah ada berapa jenis gitu.Ya intinya sama tapi beda.Gurunya enak banget asik.Dia bahkan pernah ngomong kalau dia itu gak bisa marah dan terbukti dia gak pernah marah, sekalinya marah lucu banget kaya orang bercanda.
Lalu ada keperawatan.Kalau ini lebih ngejalasin tentang sejarah perawat,perawat itu gimana pokoknya seputar perawat dibahas disini.Mana guru keperawtan itu tegas banget gak mau dia kalau materi difoto kopi maunya ditulis terus dan cobaannya ketika gurunya jelasin itu ngantuk .Ngantuk banget.
Berikutnya ada gerontik itu bahas lansia(lanjut usia) gitu cara perawatan kelansia itu seperti apa intinya tentang lansia.Gurunya hmmmmm pokoknya tipe tipe ngasih tugas seabrek ditulis tangan dipolio terus disalin dibuku tugas dan cuman dikasih tanda tangan doang.Bukan 3 lembar doang tapi bisa sampai 7 lembar gimana gak kriting tuh tangan.Jadi kaya makalah disalin dibuku tulis.Pernah sekali waktu itu kita ngerjainnya pas pelajaran lain karna deadline nya bentar lagi soalnya gurunya agak killer takutlah kita kalau gak ngumpulin.Bukan kita males ngerjain dirumah.Engga.Tugas tuh bukan dari dia doang apalgi waktu itu pelajaran gerontik pas kelas 12, lagi sibuk sibuknya Dan kebetulan pelajaran lainnya itu walas kita kena tegurlah kita akhirnya kita ngadu kalau pelajaran gerontik bener bener menyulitkan siswanya.Karna walasku waktu kelas 12 punya jabatan penting disekolah jadi kena nasihat lah ibu gerontik.Guru baru masalahnya.Akhirnya bener juga dia agak mengurangi tugas nulisnya.Dan sampai dia cuti hamil.Berkibarlah bendera kelas.Haha maksudnya merdeka.Dan guru penggantinya asik banget.Terbitlah matahari sehabis hujan.
Selanjutnya ada ikm (ilmu kesehatan masyarakat)kayanya dari artinya pasti udah tau kan bahas apaan.Ya ini kaya bahas kesehatan masyarakat itu seperti apa terus bahas posyandu, gizi masyarakat dan lain lain gurunya sama yang jadi guru alkes.Mapel ini dikelas 11 dan diuji praktikan.
Terus mapel penkes (pendidikan kesehatan) bahasa lainnya penyuluhan.Ini lebih ke praktik sih gimana cara kita penyuluhan sama masyarakat langsung cuman waktu kelas aku praktiknya sama adek kelas.Ada kelas lain yang langsung terjun kelapangan tergantung gurunya maunya gimana.Kalau aku Jadi adek kelasnya itu jadi pasien kaya penyuluhan sama pasien.
Praktiknya lumayan seru deg degan takut yah pokoknya campur aduk lah.Soalnya semuanya dikerjain sendiri mulai dari pilih materi.Dan materinya gak boleh sama temen kelas.Harus beda beda.Cari meteri sendiri cari pasien sendiri mana aku gak kenal adek kelas udah asal ambil ajah waktu itu untung adek kelasnya mau.Persentasi sendiri.bikin makalah sendiri.Terus juga kita harus jawab pertanyaan dari sipasien.Pliss jangan ditiru ini pengalaman aku dan anak kelas.Kita kompakan.Jadi sebelum masuk buat praktik.Oh iya praktiknya sekalian pengambilan nilai.Jadi kita briefing dulu tuh kaya artis artis.haha.Kita nyuruh si adek kelas ini buat nanya pertanyaan yang udah kita siapin.Nah nanti pas sesi tanya kita bisa jawab pertanyaan si adek ini.Soalnya kalau gak begitu kadang kan dede gemes ini suka malu sama bingung gitu kalau disuruh nanya akhirnya dipaksa sama penguji buat nanya atau kadang dibantuin sama penguji buat nanya apaan.Daripada begitu mending kita siapin skenario sendiri.Walau pada akhirnya ditanya tanya juga sama pengujinya.Gurunya asik banget.Tapi semnjak dia jadi ketua jurusan perawat agak galak sikit.
Ada mapel ppd (persiapan pemeriksaan diagnostik) ini materinya kaya pengambilan sempel gitu jadi semacam persiapan pemeriksaan labolatorium kaya anak analis tapi kalau kita cuman dasar dasarnya ajah gak kaya anak analis yang harus langsung praktik.Kalau belajar ppd semacam sersan lah.Serius engga tapi kalau santai amat juga gak boleh.Soalnya dia ini pembina osis.Agak segan segan gimana gitu tapi orangnya asik kalau lagi asik.
Yang lainnya ada keperawatan keluarga,kebidanan dan Keperawatan anak.Iya kita belajar juga kebidanan cuman yang dasar dasarnya ajah.
Ada KDM (kebutuhan dasar manusia) sama DKW (Tindakan keperawatan).Kalau kata guruku sih mereka itu berhubungan jadi dkw itu praktik keperawatannya materinya kaya prosedur prosedur praktik.Nah kalau kdm itu materi dari dkw.Ya pokoknya begitulah mereka bersaudara.Pasti deh kalau udah pambagian jadwal baru pasti satu hari itu dari pagi sampe sore kdm kdm dkw dkw itu artinya kita praktik full hari itu.Dan lebih special lagi setiap semester mereka ada.Gak pernah absen.
Mapel selanjutnya mungkin agak mengerikan bagiku dia level kesulitannya diatas anatomi fisiologi apa lagi kalau bukan mapel PIP (pengantar ilmu penyakit) kita bener bener mesti harus kudu menguasi anatomi terlebih dahulu yah seengganya dasar ajah lah.Penyakit kan otomatis berhubungan dengan anggota tubuh jadi kalau misal dijelasin tentang penyakit jantung terus kita gak tau anatomi jantung, gak tau cara kerja jantung,alamat gak bakalan nyambung tuh materi.
Yah walaupun orang macem saya coba coba ajah paham otodidak tapi bener deh susah banget menguasi ilmu penyakit tanpa anatomi tuh sulit.Apalgi guru pip ini sering nanya dadakan tentang anatomi.Aku pernah ditanya dan gak bisa jawab alhasi satu kelas yang kena omel karna gak ada yang bisa jawab juga.Dia itu guru paling ditakutin disekolah ini.Bener deh kalau masuk pelajaran dia pasti deg degan sampai sampai setelah kejadian diomelin itu kita coba hafalan anatomi tubuh dan lupa lupa mulu.Saya nyerah deh sama anatomi.Padahal saya suka banget sama ilmu penyakit.Tapi mau gimana lagi saya harus melewati anatomi dulu.
Oke Selanjutnya ada yang tingkat kesulitannya lebih dari anatomi sama pip yaitu P3D (Pencatatan,pengumpulan dan pengolahan data).Jadi untuk bener bener paham sama p3d mesti nguasian dua pelajarn itu.Gimana rasanya tuh mesti kudu menguasi pelajaran yang bikin gigit jari.Karna kami orang yang semangat berusaha.Haha.Jadi mau gak mau.ngusasin gak nguasin kita dituntun paham apa yang si p3d ini maksud.P3d ini kaya data pasien.Nanti kita bikin asuhan keperawatan.Ini yang pengen bikin nangis setiap dikasih tugas asuhan keperawatan.Selalu deh kalau ngerjain asuhan keperawatan kerja sama hampir sekelas.Soalnya guru kita juga ngomong sebenarnya p3d ini adanya dikuliahan cuman disekolahku khusus dikasih pelajaran ini gak tau kalau sekolah kesehatan lain.Dan syukur gurunya itu gak pernah marah kalau kita sering diskusi si asuhan keperawatan ini.Diskusi ya bukan nyontek.Beda beda dikit lah.Haha.
Sering banget ngeluh sama pelajaran ini apalagi kalau udah ketemu symtom,etiologi,problem.Aduh itu mesti mikir keras.Kalau jelasin asuhan keperawatan disini bisa satu part lebih gak bakal selesai jadi kalau kalian mau liat bentuk asuhan keperawatan cari ajah diinternet "Contoh asuhan keperawatan".Aku gak bisa jelasin karna sampai sekarang aku juga belum paham bener materi ini.Katanya dismk itu baru dasar apa kabar dikuliah yah pokoknya tetep semangat pejuang perawat.
***
Ini mapel yang aku rangkum dari kelas 10-12 kira kira segini yang aku pelajari mapel kesehatannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Yakin,Mau Perawat?
Fiksi RemajaBanyak yang bilang kalau anak SMK itu setengah matang,mateng engga mentah engga dan aku termasuk salah satu anak SMK.Aku sekolah di salah satu SMK jurusan kesehatan,awal awal aku masuk kesekolah ini cuman gara gara iming iming gais. Aku ini gak bisa...