8-Ujian praktik

869 30 24
                                    

Gak terasa udah tiga bulan aku sekolah di sini aku mulai bisa beradaptasi dengan sistem belajar di sini dimulai dari jam yang tidak teratur,naik tangga turun tangga sampai mengikuti peraturan sekolah yang terkadang tidak aku sukai dan sudah tiga bulan juga aku belajar itu artinya aku akan melaksanakan ujian tengah semester atau sering kita sebut uts.

Nah sebelum uts kita juga akan melaksanakan ujian praktik ini yang bikin deg degan soalnya kami belum pernah ujian praktik bisa dibilang ini perdana walaupun pengujinya hanya bu Dekstra-guru praktik kami tapi tetep ajah takut.Kata kaka kelas ujian ini gak seberapa soalnya kalau udah UAS yang nguji semua guru praktik perwat.Nah lo serem kan baru bu Dekstra ajah udah begini padahal dia baik apalagi kalau udah semua guru praktik kumpul. Denger denger ada guru praktik yang killer kalau ngomong gak disaring dulu bikin sakit hati.

Sebelum ujian dimulai suasana kelas yang biasanya riuh digantikan dengan raut muka khawatir,pucat, cemas semuanya bercampur jadi satu saat ini kami di depan lab menunggu jam ujian kami semua tidak lepas dari buku yang mereka pegang yaitu buku panduan praktik keperawatan. jadi yang dipraktikannya ada 4 yaitu bad making,oral hygine(membersihkan mulut),vulva hygine(membersihkan vagina dan sekitarnya), dan memotong kuku pasien.

Sistemnya saat kita masuk kita akan disuruh ngambil salah satu kertas kecil yang udah dikocok nah kita dapetnya apa itu yang nanti bakal kita praktekin.

Rasanya setiap menit begitu mencekam maklum pertama kami UP atau ujian praktik.Kami terus menghafal setiap prosedur setiap materi.Bayangin ngafal prosedur sebanyak empat itu kaya gimana.Sebenarnya ada cara gampang untuk menghafal prosedur yaitu membayangkan saat kita sedang praktik biasa urutan apa ajah yang harus kita lakuin cukup membayangkan saja cuman ada rasa tidak percaya diri takut ada yang terlewat saat ujian jadi aku mumutuskan ada baiknya hafal prosedur juga.begitu juga temanku yang lain.

Jantungnya semakin tak karuan saat bu Dekstra sudah datang sebari membawa buku absen.Ya ampun rasanya pengen bisa hentiin waktu.Haha lebay banget ya.Emang tapi degdegannya itu loh.

"Aduh gue sakit perut"ucap Patela memegang perutnya"degdegan gue"

Aku juga cemas seperti yang lainnya sindrom mendadak mules bukan hanya patela yang merasakan apalagi saat 4 absen pertama sudah masuk ke dalam.Oh iya kita cuman dikasih waktu 15 menit 5 menit nyiapin alat praktiknya 10 menit praktinya selesai gak selesai kalau udah 15 yasudah.

4 orang yang masuk tadi keluar dengar wajah lega kami langsung tanya tanya kaya gimana praktiknya ada yang bangga karena kedapetan yang gampang ada yang santai soalnya  bu Dekstra gak marah marah walaupun kita ngelakuin kesalahan dia cuman mantau doang dan dia sempet ngintip kalau nilanya gak jelek jelak amat padahal ngelakuin keslahan bu Dekstra the best deh.Kepercayaan diriku sedikit sedikit mulai kembali kecemasan yang sedari tadi beeganti dengan perasaan ingin cepat cepat praktik dan selesai.

Tanpa aku tahu kalau pengawasan bu Deksta seperti itu menjadi bumerang dikemudian hari.

***

Aku keluar dari lab dengan wajah lega dan bahagia ketegangan yang kurasakan tadi menjadi sebuah kesenangan.Seneng udah nyelesaian up berasa udah ngelewatin badai.Tadi aku kebagian membersihkan kuku, lagi hoki kan  sebenarnya yang ditakutin anak anak itu cuman bad making gak tau ajah agak ribet si belum paham bener.Karna tadi diruangan ada 4 orang jadi fokus bu Dekstra gak sama satu orang.Jadi gak terlalu gugup.Gak tau si cara ini efektif apa engga soalnya kan bu Dekstra harus fokus sama 4 orang.Mungkin itu yang bikin bu Dekstra gak marah marah.

Setelah badai terlewati terbitlah matahari setelah itu mendung lah terjadi.Seperti itu yang kurasakan setelah kami menyelesaikan up dengan wajah bahagia kami mendapat kabar kalau UTS akan diadakan dengan sistem lisan.

Apalagi pikirku saat itu katanya semacam kita ulangannya gurunya yang bacain dan cuman diulang dua kali apa kabar b inggris b mandarin sama matematika rasanya ini lebih parah dari up.

Ada perasaan tidak suka menghadapi ujian seperti itu.

****

Kalian mau aku jelasin gak setiap praktiknya kaya gimana kalau mau nanti aku bikin part khusus buat jelasin praktik praktiknya.gimana?

Yakin,Mau Perawat?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang