Menurutku ttv itu termasuk salah satu praktik yang mudah dihafal dari mulai alat alatnya sampai urutan praktiknya.Tapi paling sulit dalam praktiknya.Pendengeran kita harus bener bener jeli dan butuh latihan terus.Aku mulai jelasin dari alat alatnya dulu ya.Ini penjelasan dan praktik dari Bu Maksila.
Alat alat TTV
- Stetoskop.Udah tau dong alat yang satu ini.
-Termometer.
-Tensimeter/sphygmomanometer.waktu aku praktik disekolahku menggunakan tensimeter air raksa sama aneroid.(yang digambar tensimeter aneroid)Tensi meter itu ada 3 jenis.Ada ◆Tensimeter air raksa tensi yang duduk◆Tensimeter aneroid yang ada jarum jam itu loh yang bisa dibawa kemana kemana karena ukurannya yang kecil ◆ Tensimeter digital.Yang tinggal dipencet langsung tau hasilnya.Ini versi moderennya.
-tissu
-jam tangan
-hanscoon/sarung tangan
-Air sabun,air bersih,air klorin.Itu nanti tempatnya dibotol kecil kaya botol obat.Jadi totalnya ada tiga botol.-Bengkok
-bak istrumenSetelah melakukan Fase pre intraksi dan orientasi kita langsung masuk ke Fase kerjanya.(Siapa tahu ada yang lupa- pre intraksi itu kaya kita persiapan dulu alat alatnya Nah setelah siap semua lanjut ke -Fase Orientasi itu kaya kita komunikasi atau permisi dulu sebelum melakukan tindakan sama pasien)
●Menggunakan sarung tangan bersih/hanscoon.
●Atur posisi pasien.
●Bersihkan Aksila/Ketiak dari yang terjauh dari perawat.Pasang termometer dan letakan tangan pasien menyilang diatas dada untuk menahan termometer.(Biar gak jatoh maksudnya)
●Menggulung lengan baju pada lengan yang akan dilakukan pengukuran tekanan darah.
●Melakukan arteri brachialis.
Arteri brachialis itu ada di lengan.Lekukan antara lengan atas dan bawah.Jadi kita cari dulu tuh yang berdenyut sebelah mana.
●Memasang manset 2,5 cm diatas arteri brachialis.
●Meletakan Diafragma stetoskop diatas arteri brachialis.(stetoskop diatro diatas yang berdenyut tadi)
● Memompa manset sampai diatas titik dimana denyut tidak terdengar.
Jadi pas kita mompa. kita bakal denger suara kaya 'duk duk duk'lewat stetoskop.Misalnya di 140 udah gak denger suara itu lagi berarti mompanya sampai disitu tapi kalau masih denger naikin lagi.(Sebelum kita memompa kita harus kunci dulu ya katup/valve-nya. Caranya cuman diputer keatas sampai habis)
●Membuka katup dan membiarkan air raksa/jarum jam turun secara perlahan(maksudnya membuka katup itu kita turunin katupnya yang tadi di keatasin. Secara pelan pelan) .Tentukan tekanan sistolik dan diastolik.Ini yang susah.Menentukan sistolik dan diastolik jadi pas kita turunin katupnya kita bakal denger suara Duk duk lagi.
Jadi gini loh tadi kan kita mompa sampe 140 nah pas kita turunin katupnya secara pelan pelan ke 130,120,tiba tiba yang tadinya hening gak denger apa apa tapi di 110 kita denger suara duk duk duk berarti itu sistoliknya. Duk duk nya masih terdenger tuh pas kita turunin diangka 100,90,tapi pas di 80 duk duk nya hilang berarti itu diastoliknya.Begitu. Ada yang gak paham?.
Intinya sistolik bunyi pertama kali kita dengar dan diastolik terakhir kita dengar. Jadi hasil menensi diatas tadi adalah 110/80 gitu.
Dan nurunin katupnya harus pake perasaan.Iya untuk praktik ini kita harus baper baperan dulu.Masalahnya kalau nuruninnya kecepetan suara duk-nya gak kedengeran.Kalau pelan pelan juga gak boleh.Pokoknya harus pas.
●Setelah mengetahui sistolik dan diastoliknya rapikan alat tensimeter.
●Mengangkat termometer lalu baca hasilnya masukan dalam air desinfektan/klorin.Waktu itu sih aku pake air sabun sama klorinnya dengan menggunakan takaran 1:9(read: satu banding sembilan) misal saya masukan 1 tutup botol air sabun kemudian air biasanya 9 tutup botol.Itu yang dimaksud 1 banding 9.
●Menghitung denyut nadi selama satu menit penuh.
●Menghitung pernapasan dalam satu menit penuh.
● Setelah termometer direndam air klorin kemudian masukan kedalam air sabun. Angkat. lap dengan tisu dari pangkal keujung termometer(reservoir).Kemudian masukan kedalam air bersih lap dengan tisu dari ujung termometer kepangkal.(jadi buat bersihinnya ada tiga tahap ya)●mengeringkan termometer dan menurunkan suhunya.
●rapikan pasien kemudian fase terminasi.***
Sewaktu dijelasin sama bu Maksila kita merhatiin baik baik.Cuman tetepa ajah pertama kita gak paham mana bunyi sistolik sama diastolik.Akhirnya praktik satu satu yang lainnya disuruh keluar jadi yang didalem lab itu cuman 2 orang ditambah pj dua orang sama bu Maksila gimana gak semakin memcekam tuh.Kata bu Maksila ini supaya kita fokus dengerin bunyinya.Yah biasanya kan gak setegang ini kalau praktik jadi udah tau dong apa yang terjadi bu Maksila cuman dapet 5 orang selama seharian.Dan semuanya kena semprot.Malah ada temenku yang gak bisa nentuin sistolik sama diastoliknya gak boleh keluar sama bu Maksila sampai bener bener dia bisa.
Bisa dibilang TTV itu susah susah gampang. Banyakan susahnya ya.Haha engga juga ko sebenarnya kalau mau ahli banget TTV atau tensi itu cuman satu ko tipsnya latihan. Semakin sering kamu nensi orang semakin peka telinga kamu. Waktu itu guruku nyaranin buat nensi keberbagai orang. Jadi kalau mau latihan orangnya jangan itu itu ajah.
Malah waktu kelas sebelas disuruh sama bu Maksila nensi 100 orang. Sekelas udah sok ajah tuh 100 orang ya bukan 10 orang. Akhirnya setelah banyak yang ngeluh terus nego melulu sama bu Maksila terbebas juga dari tugas nensi tapi diganti tugas lain.Gak mudah tau buatku sendiri bisa nensi itu, telinga kita benar benar harus peka kaya perasaan.Eh?
Tapi nikmatin ajah prosesnya kalian akan puas dengan hasilnya kalau kalian bisa nensi. Bisa mantau tekanan darah kelurga juga kan kalau punya alatnya dan bisa nensi sendiri. Kisah nensiku selajutnya aku bakal ceritain di part "pkl".
Rumit temen temen. Hehe.
***
Note
Awalnya ku buat cerita ini mau bikin kaya cerita ada tokoh tokohnya gitu sekaligus sharing tentang pengalamanku. Tapi setelah kupikir pikir biarlah cerita ini kaya diary ajah ya.jadi jangan bingung ya baca cerita ini, alurnya gak jelas.
Dan disini saya hanya berbagi informasi tentang pengalaman saya ajah. Jadi kalau misal ada prosedur atau yang berhubungan dengan yang saya tulis tentang dunia kesehatan berbeda dengan yang kalian tahu boleh sharing disini. Maklum saya disini juga masih belajar. Ilmu saya sangat sedikit. sekali lagi saya tekankan saya hanya berbagi informasi menurut pengalaman saya.
Tentang ttv atau tensi ada yang belum paham prosedurnya?.
Sebenarnya saya ni pengen bikin prosedur praktik itu yang gak membosankan dibaca gitu. Soalnya saya sendiri terkadang males plus ngantuk kalau baca yang ada kata kata baku. Selanjutnya mungkin saya bakal jelasin sesuai bahasa saya ajah ya.niatnya sih pengen bikin yang gak menjemukan tapi mudah dipahami. Tapi gak tau ya lah nanti kita lihat ajah.Kalau part yang udah udah tentang praktik yang masih pake bahasa baku nanti insya Allah ya saya ganti pake bahasa yang lebih mudah dipahami.
Dan sejauh ini saya mau tanya apa kalian mudah? /Sulit memahami? Prosedur praktik yang saya jelasin dipart part sebelumnya? . Seengganya ada bayangan lah dipikiran kalian.
Gimana? Gimana?masukannya ya.*****
KAMU SEDANG MEMBACA
Yakin,Mau Perawat?
Teen FictionBanyak yang bilang kalau anak SMK itu setengah matang,mateng engga mentah engga dan aku termasuk salah satu anak SMK.Aku sekolah di salah satu SMK jurusan kesehatan,awal awal aku masuk kesekolah ini cuman gara gara iming iming gais. Aku ini gak bisa...