9-LDKS Dan Capping day

797 29 1
                                    

Mungkin ini ada hal yang paling mem bahagiankan untuk osis tapi tidak untukku setelah selesai uts bukannya libur malah  aku memerima selembaran pemberitahuan LDKS(Latihan dasar kepemimpinan siswa) hancur sudah mood ku.Saat ini aku sedang mencatat barang barang apa saja yang harus dibawa nanti,gak jauh beda dengan MOS banyak banget.Itu yang buatku malas.Wajar sih bawaannya banyak banget soalnya nginep 2 malem 3 hari akan jadi apa angkatanku sama anak osis.Waktu MOS ajah serem serem apalagi sekarang latihan dasar kepemimpinan.Aku menghela nafas kasar mencoba menyemangati diriku bahwa setelah semuanya berakhir aku akan disumpah dan bisa mengenakan baju putih putih tentunya ini keinginan kami semua.

***

LDKS Tidak jauh beda dengan Mos hanya saja tidak ada jalan malam menurutku lebih berat Mos dibandingkan ldks soalnya ldks kakanya banyak bercanda paling kalau ada yang nyinyir cuman sebagian kaka kelas.Ldks ini lebih difokusin kekompakan angkatan dan kelompok kelas.

Kalau mos jalan malam beda lagi sama ldks jalan siang sama ajah sih cuman ldks kebanyakan gamenya tiap pos.Waktu itu aku kebagian kelompok 13 dan baris yang paling rapih akan jalan terlebih dahulu. Kebetulan kelompokku rapih jadi kita jalan ke dua waktu itu gak tau gimana ya padahal kakanya udah ngingetin suruh ngikutin petunjuk eh kelompoku malah nyasar padahal ada kakanya waktu itu dijalan tapi mereka gak kasih tau kan jahat banget ya mana nyasarnya jauh banget kita taunya nyasar tuh gak nemu nemu pos sama sekali dan di kasih tau warga.

Kesel banget sama kaka kelas gak ngerti apa capeknya kaya gimna tinggal ngomong kita salah jalan susah banget.Emang kelompoku juga salah si gak merhatiin jalan.

***

Dari semua pos paling parah pos yang ini si kita suruh jalan diselokan yang beloknya ampun deh bukan aku anak mami ya kalau jalan ke sawah mah udah sering cuman lagi males ajah kotor kotoran.Tapi ini juga dijadiin ajang buat genit temen angkatanku sih soalnya pas mau turun ke selokannya dipegangin gitu tangannya sama kaka kelas yang ganteng anak analis.Cuman pas giliranku malah cewe yang megangin ngarap ya.Engga juga si.

Nah waktu itu aku dapet ide buat copot sepatu soalnya liat teman temanku sepatunya tertelan lumpur bener deh selokannya kaya lumpur hidup.Susah jalannya bray kotor sana sini pokonya udah gak berbentuk deh tuh baju.Aku sempet dinyinyirin sama kaka kelas yang jaga dipos itu katanya aku gak solid karena gak pake sepatu padahal yang gak pake sepatu banyak.Emang ada ada ajah pikiranku saat itu boda amat lah bawaanya pengen istirahat sama mandi.Setelah selesai menyelesaikan perjalanan sepatu kami jemur dilapangan dengan kondisi amat kotor bahkan sebagian temanku membuang koas kaki mereka karna sudah tidak layak disebut kaos kaki.

Kami melepas lelah sejenak sebari menunggu antrian kamar mandi.Jangan tanya gimana kamar mandi sebegitu banyaknya bisa gak ada yang nganggur.Semuanya penuh bahkan sempat kehabisan air.Paling gak enak emang kalau ngantri apalgi keadaan baju yang gak nyaman.

***

Katanya sih mau ada jerit malam tapi gak tau kenapa gak jadi.Ngebayanginnya ajah udah serem sih masalahnya sekolah kalau malem kaya angker angker gitu.Banyak temenku yang cerita ngeliat penampakan gitu mungkin karna itu kali ya jerit malem gak jadi akhirnya digantikan dengan nyanyi nyanyi diiringi gitar anak osis.Menurutku dari sekian banyak permainan ini yang paling seru soalnya ngerasa bebas gitu bisa nyanyi bareng bareng apalagi kalau lagunya ngena banget dan kalau ditanya parahan mana sama mos maka aku akan jawab mos paling parah soalnya ldks kebanyakan maen game seru seruan walaupun pernah dibentak bentak tapi gak separah mos.

Ldks ku ditutup dengan apel pagi setelah sarapan.ngomong ngomong soal sarapan aku gak sarapan soalnya nasinya basi tapi punya temanku yang lain engga cuman sebagian.Aku udah protes sama osis terus dikasih basi lagi aku balikin lagi eh malah gak diladenin yaudah akhirnya gak jadi sarapan.

Tapi aku puas soalnya semua penderitaanku berakhir bisa pulang ke rumah dan tidur dikasurku dan yang paling menyenangkan adalah 2 hari lagi aku akan disumpah itu hal yang menengangkan.

***

Dan disinilah aku dipinggir jalan nunggu angkot.Acaranya akan dilakasanakan digedung yang sudah disewa pihak sekolah dan itu lumayan jauh dari rumahku.iya naik angkot soalnya gak punya mobil sama bapakku gak punya sim jadi lah kami terpaksa naik angkot.Aku dan bapakku udah 15 menit nunggu angkot yang tak kunjung datang sebenarnya undangannya untuk kedua orangtuaku cuman sayang yang dateng cuman bapakku ya itu masalahnya kendaraannya kesana.

Setelah lama nunggu akhirnya aku dan bapakku berinisiatif kepangkalannya langsung daripada telat dateng.Lumayan jauh loh kepangkalan sedih sih pas pertama pake baju putih putih terus mesti jalan kaki aku cuman bisa ngeliatin saat orang orang yang pake seragam sepertiku berseliweran dijalan bahkan aku melihat Serambi lewat naik motor bersama bapaknya mungkin dia tidak melihatku jadi ia tak menyapaku aku hanya bisa berharap semoga aku tidak telat soalnya jam menunjukan sudah set8.

Mungkin Allah mendengar doaku saat sedang berjalan suara klason mobil menghentikku ternyata dia temen kelasku yang mangajakku bareng tentu saja aku tidak menolaknya aku dengan senang hati menerimanya padahal temenku ini gak deket sama aku kalau ngobrol ajah keitung jari dan bisa dibilang ia sering diomongin dibelakang sama temen temenku jujur ajah aku juga pernah.Bukan apa apa soalnya nih dia itu agak berbeda gitu.Jujur aku gak pernah bedain temen tapi dia itu kalau dibaikin ngelunjak, nyebelinnya dapet.Tapi gak kusangka dari sekian banyak orang Allah mengirimkan dia untuk saya dan sampai sekarang saya sangat mengingat kebaikannya.

Setelah sampai kami absen terlebih dahulu aku sudah melihat beberapa guru menjaga didepan menggunakan kebaya dan make up yang lebih dari biasannya.Saat aku ingin masuk aku melihat Serambi akhirnya aku duduk bersama Serambi dan Patela untunglah kami bertemu hanya saja kami berjauhan dengan pleura.ya tempat duduknya acak tapi masih dalam satu kelas.Siapa cepat ia dapat.

Seperti biasa acara di awali dengan pembukaan tilawah lalu sambutan lalu tim padus dan masih banyak lagi acara sudah berjalan cukup lama dan inilah acara yang ditunggu mengucapakn janji perawat yang dipimpin oleh temen angakatanku awalnya begitu menegangkan namun saat yang memipin baca terlalu cepat sehingga kami sulit menghafal kata katanya aku jadi kurang fokus mendengarkannya aku melihat temanku mereka juga tak jauh berbeda denganku sulit mengikuti rekan kami yang sedang mempin bacaan.Agak merasa bersalah sih soalnya kan acara sakral terus inti acara ini kan sumpah tapi mau gimna lagi semoga aku bisa sumpah lagi seperti ini saat kuliah nanti setelah itu dilanjut sumpah anak Farmasi dan Analis. Disi juga katanya bakal diumumin siapa nilai terbaik dari satu jurusan lalu satu angkatan aku merasa sedih soalnya aku termasuk tiga besar saat itu tapi saat mengetahui yang dikasih penghargaan ternyata bukan  rangking kelas tapi jurusan setelah itu setiap jurusan dilihat siapa yang paling tinggi dan ya analis yang menang.aku memejit keningku kalau kaya gitu sistemnya aku gak ada apa apanya dibanding mereka memenangkan rangking kelas ajah udah susah banget apalagi jurusan lalu angkatan aku menghela nafas kasar perlahan harapanku mulai pudar untuk mendapatkan beasiswa tapi aku belum menyerah aku sedikit bersyukur ibuku tidak ikut karna tau anaknya tidak mendapatkan apa apa atau dia akan kecewa walaupun sampai rumah aka akan memberitahunya.

Acara selesai jam 12 setelah melewati banyak rangkaian acara yang sudah disusun dari jauh hari.Saat ingin pulang kami berfoto foto terlebih dahulu foto kelas foto sama temen temen foto sama orangtua senang banget soalnya kan minggu depan ke sekolah udah bisa pake putih putih kaya kaka kelas entah kenapa membayangkannya saja serasa benae kalau kita praktik pake putih putih.Dari rasa khawatirku takut terlambat hingga akhirnya berakhir menyenangkan dan aku pulang naik angkot yang kebetulan sudah nangkring di depan tidak masalah harus naik angkot disaat teman temanku menggunakan mobil aku tetep bersyukur bisa hadir dalam acara ini.

****

Latihan dasar kepemipinan siswa atau LDKS adalah sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa/siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar – dasar sebuah organisasi

Capping Day adalah suatu seremonial yang dilakukan oleh mahasiswa baru yang telah menjalani perkuliahan selama kurang lebih satu semester, ketika acara berlangsung mereka akan mengucapkan janji mahasiswa, mendengarkan riwayat hidup Florence Nightingale, serta diberi pin dan kap (khusus perempuan)
serta peresmian penggunaan seragam perawat.

(karna aku masih smk jadi cuman ucap janji sama peresmian seragam)

Yakin,Mau Perawat?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang