Setelah 17 agustusan kemarin kami dikembalikan sibuk sama tugas tugas seabrek udah biasa ya kayanya kalau namanya sekolah pasti gak jauh jauh dari namanya ngerjain tugas,nulis,ulangan sama pr.Apalgi bentar lagi mau uts biasanya itu tugas sama ulangan berdampingan kaya misal sekarang nih minggu pertama nulis mulu,hampir setiap pelajaran ada nulisnya pengennya sih di fotokopi gitu tapi sama gurunya gak boleh kalau difotokopi katanya ilang ilangan.Tapi kelasku sih pernah nakal waktu itu suruh nulis banyak banget anak kelas pada ngeluh karna kebanyakn aku juga sama ngeluh soalnya banyak banget dan harus selesai hari itu juga dan sialnya pelajaran terakhir jadi mau gak mau kita gak punya alasan buat nego sama gurunya.Nah entah ide siapa katanya suruh foto ajah, untung kita gak ngumpulin hape tadi pagi sama walas.Jadi difotoin deh bilanganya sih udah selesai sama gurunya kalau ketahuan bisa bahaya.Masalahnya kalau ngomongin hape agak ketat nih peraturannya sebenarnya gak boleh bawa hape tapi anak anak pada protes katanya kalau dijemput gimana? alasan sekolah ada ajah katanya gini "Kan bisa ngubungin nomer sekolah".
Emang sih tapi kan agak risih ya kalau minta jemput harus ke kantor dulu apalagi kalau dijemutnya sama yang lain.. eh.Karna cara itu gak efektif akhirnya dibolehin bawa hape tapi setiap masuk kelas dititipin walas.Jadi setiap pagi kita ketemu walas dulu buat duha sama tilawah bareng baru deh setelah itu kita masuk kelas.
Gak tau deh kalau walas yang lain tapi walas kami tuh jarang banget datang.Aku pernah bilang kan kalau walasku ini super duper cuek dia kadang kadang datangnya itupun kalau ada pengumuman sama nagihin spp.Haha.ia emang walasku begitu jadi kami udah paham.Jadi kami jarang ngumpulim hape untung gak ada razia kan kalau ada yang kena bukan kelasku ajah tapi walasnya juga.
Bahkan kelasku pernah waktu itu pas awal awal masuk. kita kan gak tau kalau peraturan sekolaan ini diwajibin shalat duha sama tilawah tiap pagi.
Aku jelasin dulu deh tentang kelasnya.Jadi setiap guru itu punya kelas masing masing nah kalau kebetulan guru itu sebagai walas, kelasnya setiap pagi dipake sama anak kelasnya buat duha sama tilawah.Termasuk Pak Ligamen-walas kami dia itu guru olahraga jadi untuk sementara kami gak punya kelas karna kelas Pak ligamen dilapangan.
Akhirnya kami selama sebulan penuh gak pernah duha sama tilawah kalaupun iya itu pas lagi pelajarn agama kebetulan agama pelajaran pertama jadi kami sekalian numpang shalat di musola bareng kaka kelas analis soalnya mereka walasnya guru agama.Sebenarnya bisa ajah sih kita tiap hari numpang cuman kalau bukan jam kita ada kelas lain jadi gak muat malah gerah padahal kipas di mana mana.
Jadi kita yang satu kelas ketaatan agamanya beda beda.Maksudnya duha kan sunah jadi yang gak biasa shalat duha jadi kebiasaan gak ngelaksanain jadi yaudah kalau mau ya duha kalau engga pagi pagi nongkrong di lapangan.
Termasuk aku nih yang gak biasa shalat duha jadi jarang jarang ngerjainnya.Tapi itu hanya berlangsung satu bulan karna setelah itu kami dapet teguran saat dimintai absen duha otomatis kami gak bisa nyerahin apa apa karna emang gak pernah di absen jadilah kami dapat bimbingan sekitar 2 mingguan dari Bu Ilium kalau gak salah dia itu seksi keagaamaan jadi setiap pagi shalat sama duha dibimbing dia sampe kami bisa sendiri dan hikmahnya kita juga udah punya kelas tapi kelasnya dilantai paling atas lantai 4 gedung B.Mau gak mau setiap pagi harus olahraga.
****
Hari senin hari yang cerah tapi mungkin bagi sebagian orang hari senin adalah hari buruk.Begitupun denganku soalnya jadwal praktiku hari senin full dari pagi sampe sore.Sebenarnya aku gak suka yang namanya praktik kalau disuruh milih pasti aku milih teori.Terus kenapa gak masuk SMA?Haha.gak tau juga kenapa aku masuk SMK padahal aku gak suka praktik.Mungkin nanti aku akan dapat jawabannya.
Seperti biasa kami baris untuk melakukan upacara bendera setiap senin pagi.Aku masih pake baju abu abu tapi bentar lagi aku disumpah dan bisa pake baju putih putih.Ada yang aneh pagi ini kami tidak langsung dibubarkan setelah upacara selesai tapi kami disuruh nunggu tak lama kemudian bu Nasal-guru BK kami keluar dan menyuruh anak kelas 11 dan 12 masuk tapi kami kelas 10 dibiarkan dilapangan.
Banyak prasangka prasangka angkatanku suasana menjadi riuh saat anak anak penasaran tapi riuhan itu hanya sebentar karna kami mendapat bentakan dan ternyata benar apa yang diduga anak anak ada razia hari ini tapi kenapa cuman angkatan kami?
Banyak sekali yang melanggar aturan di mulai dari kukunya panjang ada yang belum pake almamater rambutnya panjang untuk cowo dan sialnya aku gak pake ciput atau dalamen kerudung jadi gak mau kami dijemur sampe siang hari.Dikelasku cuman 2 orang yang gak kena hukuman selebihnya kami kena semua dengan berbeda pelanggaran.Maklum kami kurang kasih sayang walas.
***
Aku pikir setelah dihukum kami akan terbebas dari praktik ternyata engga hari ini jadwalnya praktik sampai sore.Kelasku sampai saat ini sudah melakukan 4 praktik diantaranya bad making,oral hygine,merawat kuku sama vulva hygine.Nanti aku jelasin detail praktiknya.
"Ayo ah istirahat"ajak Serambi pada kami bertiga.Aku punya teman dekat 3 orang Patela,Serambi,pleura.Istirahat pertama kami tidak sempat istirahat jadi istirahat kedua kami memutuskan untuk makan setelah shalat zuhur.
"Brikey gue ga ada isinya"ucapku .Ngomong ngomong soal jajan kita tuh bayar pake kartu jadi mau bayar jajan sama parkir itu pake kartu ya sebutlah nama kartunya brikey.Jadi pas kita masuk sekolah ini kita udah dikasih kartunya tugas kita cuman ngisi.Ini nih yang gak enak ngisinya ada pajaknya seribu setiap kali pengisian.Apalah dayaku yang uang jajannya cuman seadanya jadi kalau isi brikey banyak rugi soalnya cuman isi lima ribu sepuluh ribu beda lagi sama yang uang jajanya perbulan langsung ngisi 50 ribu cuman diambil seribu bayangin yang cuman ngisi 5 ribu perhari.Ini yang bikin kesel.
"Patungan ajah isi brikeynya biar untung.Jadi kita jajan cuman pake satu kartu"
Ini nih taktik yang sering kita gunakan untuk megurangi pajak.Tapi yang selalu menjadi perdebatan siapa yang mau rela uangnya diambil buat bayar pajaknya.Biasanya kita bergilir.Soalnya nih katanya gak boleh jajan pake uang kes harus gesek gitu pake kartu maksudnya lan enakan kes sebenarnya tinggal kasih udah selesai gak perlu ribet harus ngisi lah bayar pajak lah itu pendapat kita beda lagi sama pihak sekolah entah apa alasannya jajan direbetin.
****
"Eh masa tadi gue liat kaka kelas bayarnya pake kes"ucap Serambi sambil berbisik saat ini kami sedang makan walaupun istirahat kedua tetep ajah meja penuh untung kami tadi dapat tempat.
"Emang boleh tau katanya orang banyak ko kaka kelas yang begitu ibu kantin ajah pada ngeluh katanya pake kartu ribet"timpal Patela.
"Lagian gue aneh ya kenapa mesti pake kartu gitu apa sekolah lain juga begitu?"tanyaku penasaran.
"Kagak lah cowo gue gak pake begituan disekolahnya"timpa Patela lagi.
"Eh tapi kalau ketahuan sama sekolah itu gimana ya berani banget kaka kelas lo tau sendiri kan waktu itu ada beberapa anak kelas 12 yang dijemur depan gerbang itu tuh yang telat ngerjain laporan pkl katanya"ucap Pleura menambahkan gosip baru.
"Maennya jemur mulu"gerutu serambi tidak suka."Jangan salah itu baru yang keliatannya dijemur gak tau kalau yang didalem apa lagi hukumannya"
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Yakin,Mau Perawat?
أدب المراهقينBanyak yang bilang kalau anak SMK itu setengah matang,mateng engga mentah engga dan aku termasuk salah satu anak SMK.Aku sekolah di salah satu SMK jurusan kesehatan,awal awal aku masuk kesekolah ini cuman gara gara iming iming gais. Aku ini gak bisa...