13-Praktik Kelas Sebelas

356 22 3
                                    

Tensi atau TTV jadi praktik terakhir dikelas sepuluh. Kalau kata kaka kelas, kelas sebelas praktiknya udah gak macem macem lagi kaya kelas sepuluh.

Kelas sebelas tuh udah wajib praktiknya 'Suntik'. Bukan satu macem loh suntiknya. Lumayan banyakk
Dulu waktu kelas sepuluh pernah ngeliatin kaka kelas tangannya ada kasa ditempelin plester gitu. Kaya orang habis suntik. Pernah juga ditawarin buat jadi pasien. Tapi pada tau lah yah jawabannya. Ogah.

Udah deg degan sih sebenernya dari kelas sepuluh kalau bakal ada praktik suntik. Masalahnya kan ini suntik. Kalau salah suntik gimana coba. Yaudah karena waktu itu masih kelas sepuluh masih enjoy. Dan sekarang dihadepin juga praktik suntik.

Takut? Iya. Seumur umur gak pernah disuntik sama temen. Jadi praktiknya itu kita giliran seperti biasa yang satu jadi perawat yang satu jadi pasien. Pasiennya gak bohongan loh. Biasanya kan pake pantom/patung tapi ini manusia asli. Teman jadi korban kita, begitupun kita jadi korban temen.
Deg degannya double karena disuntik sama yang gak berpengalaman.

Praktik pertama itu kita suntik IM(intramuksuler) Sebenarnya IM itu di empat bagian sih. Tapi yang kita praktekin hari ini praktik IM dibagian pantat.Awalnya pada gimana tuh satu kelas. Soalnya kan pantat bagian privasi ya. Terus nanti disuntik temen. Agak malu sih. Oh iya setiap naik kelas berarti guru perawat pembimbingnya juga beda. Kelas sebelah guru pembimbing bu Maksila.

Seperti yang aku bilang suntik macem macem termasuk infus juga loh. Infus sih paling seru. Tapi aku bakal jelasin dulu gimana pengalaman pertamaku suntik  dibagian IM.

***

Gak ada muka yang keliatan sumringah. Semuanya tegang. Seperti biasa setelah bu Maksila menjelaskan, kita praktik sendiri sendiri dengan dibimbing bu Maksila. Nunggu pas giliran tuh deg deganya beda banget. Kaya nunggu mau di sidang mati. Lebay sih emang tapi jujur emang takut. Apalagi pas absen pertama sama kedua udah selesai praktik. Udah deh doi tiba tiba berubah jadi artis dadakan terus diwawancara.

'Gimana rasanya disuntik? Sakit gak? '

' Takut gak? Bu Maksila marah marah gak?? Bisa gak? '

Ya intinya gitu. Kebetulan abesn ku tuh ditengah tengah pas sekitar absen ketujuh. Temenku nangis karena takut disuntik. Jadi heboh deh pas dia nangis. Tau kan jawabannya ya pasti ditegur lah. Kan gak boleh takut sama suntikan kalau mau jadi perawat. Tapi emang ada ko yang masuk jurusan perawat takut sama suntikan. Cuman kalau udah praktik begini mau gak mau gak boleh takut.

Soalanya kata guruku kalau kitanya gak berani gimana pasien percaya sama kita.

Tiba sesiku. Itu jantung udah dag dig dug ajah. Kebetulan aku yang akan jadi perawat sebelum nanti sesi kedua jadi pasien. Jadi pertama cuci tangan+ siapin alat. Alat alatnya simple banget dan gampang dihafal. Cuman,spuit 3 ml/suntikan, kapas alkohol, obat yang diresepkan dari dokter,bak instrument dan bengkok karena ini cuman praktik jadi obatnya diganti sama cairan infus.

Sumpah ini tangan gemeteran, keringetan udah gak bisa dijelasin gimana gugup nya pas praktik suntik ditambah guru pembimbingnya belum bersahabat. Setelah kita siapain alat kita masuk ke fase orientasi: kita mengucapkan salam, menjelaskan tujuan dan prosedur. Jadi disini tuh kita dituntut buat bisa berkomunkasi dengan pasien. Ini tuh penting banget soalnya kan disini buat ngebangun kepercayaan pasien sama kita jadi harus pinter ngomong sama ramah itu wajib. Sampai pasien itu nyaman sama kita percaya sama kita. Ini pas ujian praktik dinilai.

Setelah itu baru kita deket dektin alatnya. Kita pake sarung tangan dan mengatur posisi pasien tengkurap. Aku pikir tuh yah dibuka celananya ternyata engga cuman dibuka bagian samping yang mau disuntik ajah terus menetukan area yang mau disuntik. Ini kalau yang belum pengalaman agak susah nentuin posisinya. Jadi waktu itu dibimbing sama Bu Maksila. Kita nyebutnya sepertiga iliaca(lihat gambar).

Melakukan desinfeksi :Kaya kapas alkohol diolesin dimana area yang akan disuntik. Setelah itu melepaskan tutup jarum dengan teknik satu tangan. Karena waktu itu aku gemeteran jadi ya agak susah tapi berhasil ko. Habis itu kita merenggangkan/mencubit area yang akan disuntik dan masukan jarum kedalam muskulus dengan 90°

Jadi gini. Tangan kiri tuh nyubit tangan kanan yang nyuntik. Pengalaman pertamaku dan kacau.
Jadi aturannya pas sijarum udah masuk semua. Jadi posisi 90°,tegak jarumnya. Habis itu kan aturannya diaspirasi : dimana kita menarik spuit sedikit keatas untuk menentukan ada darah masuk atau tidak kespuit.Dan apabila ada darah cabut kembali spuit. Terus habis itu langsung masukin obatnya pelan pelan. Setelah itu mencabut jarum sambil menekan tempat tusukan dengan kapas alkohol terus dimassage :Kaya di goyang goyangin kapasnya diatas bekas suntik tadi.

Kesalahan ku adalah. Gak bisa aspirasi. Gak tau yang ditarik sebelah mana. Wkwk jadi sijarum agak lama tuh nusuknya akhirnya pasien ku berdarah. Sempet panik karena yang kutusuk temen ku. Tapi langsung ditegur sama bu Maksila katanya gak boleh panik. Berdarah itu karena aku kelamaan aspirasinya. Bayangin deh lagi gugup terus aspirasi pake sebelah tangan butuh konsentrasi tinggi bagi aku, darahnya yang keluar dikit tapi panik . Setelah ditenangin+bimbing akhirnya berhasil juga praktik suntik ku. Tak lupa aku minta maaf pada temenku yang jadi pasien.

Setelah itu aku jadi pasien. Rasanya sakit. Bohong kalau orang bilang disuntik tuh kaya digigit semut.Wong jarum masuk kerasa banget. Gak tau mungkin karena disuntik sama yang praktik atau aku emang jarang disuntik. Tapi serius aku gak suka jarum suntik bukan takut ya. Bukan mau nakut nakutin juga nih.

Dan setelah aku tahu sakitnya IM itu belum seberapa sama suntik IC.

****
Note

Bila ada keselahan tentang prosedur suntik IM mohon beritahu. Saya hanya menjelaskan sesuai pengalaman saya waktu praktik.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Dec 03, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Yakin,Mau Perawat?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang