Ada saatnya yang sering disepelekan akan beralih menjadi yang paling dibutuhkan.
- Olive in Miraclass -
Orang waras, biasanya kalo ngelakuin suatu pekerjaan itu kudu gesit, pengennya cepat selesai, biar bisa cepet ngelakuin aktivitas yang lain juga. Lah ini, hampir dua jam aku, Yudha sama Alvin ngerjain hukuman bersihin toilet satu sekolah nggak kelar-kelar.
Aku udah nyuruh mereka buat ngerjain hukuman ini sendiri-sendiri, pencar, satu orang satu toilet. Tapi mereka nggak mau, dan tetep keukeh buntutin aku.
Jadinya terpaksa kita bagi tugas di toilet yang sama. Alvin ngepel, aku bersihin wastafel. Yudha kebagian ngurus kamar mandi, nyikat wc.
Tapi bukannya bantu, mereka malah asik becanda. Kerjanya dilambat-lambatin biar nggak ikut pelajaran. Kan, stress aing lama-lama.
"Oy, senangnya dalam hati~ Kalau beristri lima~"
"Bosen Yud, ganti lagu lain kek."
"Lha motivasiku biar tetep semangat cuma lagu itu e, Vin. Bayangin punya istri lima."
"Heleh, istri satu aja diselingkuhin, begayaan istri lima. Kayak aku dong, istri satu tapi setia dan selalu bersama. Ya nggak, Beb?"
Yudha yang masih sibuk sama kerjaannya di dalem kamar mandi masih terus nyahut, "Inget ngab, istrimu ada di sini juga karena aku, kalo nggak tak ajak ngobrol di pojok kelas tadi, kita nggak bakal ada disini. Palingan cuma kamu doang yang dihukum."
"Yowes kalo gitu, aku ucapin terima kasih. Tapi tak peringatin sekali lagi ya! Jangan ngajak ngobrol istri orang di pojokan. Kena santet baru tau rasa lu."
Aku menghela napas.
Kan, gimana mau cepet selesai kalo mereka malah sibuk ngobrol, nggak fokus sama kerjaannya.
"Sini biar aku aja yang ngepel, Vin." Aku ngerebut gagang pelnya, tapi si Alvin malah menghindar.
"Udah, Bebeb Olive lanjut bersihin wastafel aja. Kalo ngepel, yang ada nanti bakalan capek. Ini pekerjaan berat, Bebeb nggak akan kuat, biar aku saja."
Aku berdecak. "Ya tapi kalo gini caranya kapan mau selesai, Alvin?! Kamu tuh mbok ya pinter dikit. Kalo ngepel itu jalannya harus mundur, bukannya majuuu... Liat! Lantai yang udah dibersihin malah kamu injek-injek sendiri."
Cowok itu celingak-celinguk sambil garuk-garuk rambutnya. "Iya, ya? Pantesan kok aku muteeer terus dari tadi, masih aja ada yang kotor." Dia meringis hambar. "Hehe, tapi tenang ae, Beb. Aku bakal bilas lagi ini sampe bersih."
"Cepetan!" ketusku.
"Iya Beb, iyaaa."
"Yowes ben, duwe bojo sing galak~ Yowes ben, sing omongane sengak~"
"Kamu juga Yudha!! Geraknya yang cepet dikit kek! Biar cepet kelar!" sentakku ke orang yang daritadi sibuk nyanyi.
"Sabar atuh Lip, Mas Yudha belum puas ini, pelan-pelan aja ngelakuinnya, nikmatin."
Kok ambigu anjir.
Si Alvin nyahut. "Puas apa maksudnya, Yud? Awas ae coba-coba ganggu istriku."
"Sensi banget si kalian." Kepala Yudha nyembul dari balik pintu. "Aku belum puas nikmatin waktu bebas hambatan dari Bu Ratih iniii. Kapan lagi kita nggak dibikin pusing sama pelajaran si kanjeng ratu itu."
"Ya kamu tinggal molor aja terus pas pelajarannya Bu Ratih kalo ketagihan nguras wc," sahutku balik bersihin wastafel lagi.
"Kalo nggak ya kayak aku aja Yud, pura-pura nggak paham kalo dikasih pertanyaan sama Bu Ratih." Alvin nambahin, "pasti langsung disuruh keluar kelas."
KAMU SEDANG MEMBACA
Olive In Miraclass
HumorHanya cerita keseharianku bersama anak-anak kurang waras di sini. Ini kisahku.. Olive in Miracle Class. * * * * "Katanya, kalo cari pacar tuh gausah yang cakep-cakep. Nanti kalo dah jadi mantan juga bakal dijelek-jelekin.. Untung aja aku nyari ya...