***
Aku terlalu sering mencari jawaban tentang apa yang memang tak pernah ada jawabannya. Aku terlalu sering mengeluhkan tentang apa yang tak seharusnya aku keluhkan. Sampai akhirnya aku selalu mengeluarkan kata "mengapa?" pada keadaan yang sudah jelas tak bersalah. Bukankah tidak ada cerita yang sempurna? Tuhan juga tak pernah memberi kisah yang sempurna bukan? Lalu kenapa aku terkejut atas apa yang terjadi?
Langit tak selalu cerah, bunga tak selalu indah, suasana hati tak selalu ceria. Begitupun dengan harapan, tak semuanya bisa berjalan dengan apa yang kita kehendaki. Karena sejatinya manusia hanya bisa berencana bukan?
Aku seperti sedang tenggelam dalam harapan yang kubuat sendiri. Seperti ada sosok yang menghampiri dan berbisik meyuruhku berteriak dalam ruangan tak berpenghuni ini. Terlalu lama tenggelam dalam ketidakpastian hanya akan membuatku mati dalam harapan.
Weslly Johannes pernah mengatakan, "Kau kuat karena kau dicintai, setidaknya oleh dirimu sendiri". Musuh terbesar dalam hidup ini adalah diri sendiri. Jika Aku ingin keluar dari ruangan ini, bukankah aku harus berdamai dengan diriku sendiri? Berdamai? Iya, karena untuk melawan aku tak sanggup, aku bukan Sailor Moon yang memiliki kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya untuk melawan musuhnya dari kegelapan, atau Doraemon dengan segala peralatan ajaibnya. Aku hanya mampu mencintai diriku sendiri untuk menjadikanku kuat sebagai senjataku untuk melawan. Ya, berdamai adalah cara yang indah yang kupilih. Meskipun tak seindah cara Pangeran tampan yang menyelamatkan Putri Aurora dari kutukan tidur panjangnya.
Aku harus melangkah dengan caraku sendiri...
Kata-kata yang membuatku terpikat selain kata-kata Weslly Johannes itu adalah, sebuah untaian kata dari PEPATAHKU yang mengatakan bahwa "Ulat tidak pernah malu meski dianggap menjijikan, karena Ia tau suatu saat Ia bisa menjadi sesuatu yang indah dengan usaha dan juga proses". Ah, kata-kata itu membuatku semakin ingin cepat-cepat keluar dari ruangan yang membosankan ini.
Tuhan selalu memiliki cara untuk membuat hamba-Nya nyaman, caranya yang elegant dan berkelas membuatku jatuh hati. Kita tak bisa melawan garis Tuhan, tapi kita bisa mengambil sesuatu darinya. Karena Tuhan tak pernah lupa memberikan kejutan-kejutan di setiap garis yang dibuatnya. Tak ada satu pun manusia yang tak ingin harapannya menjadi nyata, semua tentu ingin sebuah kepastian dari semua harapan yang telah tersusun bukan? Meski di dalamnya terdapat hambatan yang menahan ketika kita sedang berproses untuk mencapainya.
Untuk semua mimpi dan harapan yang terangkai indah dalam setiap bait do'a, bersedialah untuk bersabar. Aku sedang memperjuangkanmu, karena kamu terlalu berharga untuk aku jemput tanpa persiapan apapun. Semoga sketsa impian yang aku buat dapat menjadikanmu nyata. Menjadi karya jadi yang dapat aku perlihatkan pada semesta.
****
TERIMAKASIH TELAH MEMBACA :) KITA BELAJAR MENJADI PEMBACA YANG ELEGANT YA, SETIDAKNYA DENGAN MENINGGALKAN JEJAK KEHIDUPAN DI SINI :D
FOLLOW ;
SKETSA SALAM DARI SEMUA SKETSA :)