Beberapa hari setelah perayaan magadha , beberapa kerajaan sudah kembali ke kerajaan masing masing , yang tersisa hanya kerajaan terbesar kedua dan ketiga setelah magadha,yakni kerajaan malviya dan kalingga.kedua kerajaan ini diminta untuk seminggu di magadha karena setelah perayaan , putra mahkota akan bertunangan dengan putri dari kalingga .sehingga raja chandragupta meminta agar calon ratu magadha sebaiknya harus lebih mengenal magadha lebih dalam. Permintaan sang raja pun diterima oleh kedua kerajaan tersebut. Demikian pula dengan kerajaan Malfiya , karena akan diadakan pernikahan antara putra mahkota malfiya pangeran vishwakarma dan putri tillotama putri dari Madaf ( sepupu chandra ) dan Malti ( sepupu Nandini ) .
........... Di kamar raja chandragupta maurya .............
Raja chandragupta : ( sedang memeriksa petisi )
Ratu Nandini : ( masuk ke kamar ) chandra ! ( sapanya )
Raja chandragupta : apa ada yang bisa kubantu ??
Ratu Nandini : apa kau sudah selesai bekerja ?
Raja chandragupta : sebentar lagi selesai . Memangnya kenapa ?
Ratu Nandini : Ada yang ingin ku bicarakan denganmu .
Raja chandragupta : (membereskan petisi - petisi yang telah di periksanya) .
Raja chandragupta : katakan saja kau merindukanku , dan tidak ingin jauh jauh dariku walaupun aku sedang bekerja , jadinya kau mencari kesempatan untuk bersamaku .
Ratu Nandini : ya ampun chandra kau benar benar percaya diri !
Raja chandragupta : katakan saja Nandini tidak perlu berpura-pura.
Ratu Nandini : aku tidak berpura pura chandra , ada yang ingin ku bicarakan denganmu.
Raja chandragupta : baiklah kalau begitu , apa yang ingin kau bicarakan denganku ?
Ratu Nandini : chandra , aku ingin bindusara menikah dengan putri Almytra dari kerajaan Malfiya .
Raja chandragupta : tapi bukankah bindusara akan menikah dengan putri phool kanwar ? Apa kau ingin membatalkan pernikahan mereka dan menimbulkan peperangan dengan kalingga ?
Ratu Nandini : bukan itu maksudku . Bindusara sebentar lagi akan menjadi raja , dan raja bebas menikahi beberapa orang istri .
Raja chandragupta : tapi apakah bindusara mencintai Putri Almytra ?
Ratu Nandini : lalu apa bindusara mencintai putri phool kanwar ?
Raja chandragupta : tentu saja , phool kanwar itu sangat cantik dia pasti mampu membuat bindusara mencintainya .
Ratu Nandini : lalu apa kau pikir putri Almytra itu tidak cantik ? Dia itu sangat cantik dan pintar . Bindusara itu membutuhkan wanita berbakat seperti itu .
Raja chandragupta : menurutku putri phool kanwar juga cantik dan berbakat .
Ratu Nandini : tunggu sampai kau melihat putri Almytra , bisa jadi kau juga bisa jatuh hati kepadanya .
Raja chandragupta : ( menggoda Nandini ) jika aku jatuh hati kepadanya apa kau tidak cemburu ???
Ratu Nandini : tentu ..... tentu saja tidak , untuk apa aku cemburu , kau itu sudah tua .
Raja chandragupta : Benarkah ? Bukankah kau itu juga sudah tua ?
Ratu Nandini : chandra .... aku pikir kau sudah lupa,kau lebih tua daripada ku, saat kau berumur 11 thn aku baru berumur 5 tahun .tentu saja kau yang lebih tua...(kata nandini dengan serius)
Raja chandragupta : (mengangguk) tapi...jika aku sudah tua berarti kau bisa menikah lagi .kau bisa jatuh cinta lagi dan meninggalkan ku menghabiskan sisa umurku di sini. Apakah kau akan meninggalkan ku dengan putra kita dan kau memilih untuk menikah dengan pria yang lebih muda?
Ratu Nandini : sepertinya apa yang kau katakan itu tidak ada salahnya.
Raja chandragupta : jika aku tahu pada akhirnya kau seperti ini aku tidak akan pernah mencintaimu .
Ratu Nandini : Aku tidak pernah memaksamu untuk mencintaiku chandra , hanya kau saja yang terpesona dengan kecantikan dan kecerdasanku.
Raja chandragupta : sudahlah tidak ada gunanya kita berdebat . Aku harus pergi ke balairung sidang .aku ada masalah (kata chandra dengan suara yang tegas)
Ratu Nandini : chandra apakah kau marah , kau tahu tadi aku hanya bercanda bukan ???
Belum sempat menjawab pertanyaan dari nandini .chandra langsung bergegas pergi tanpa harus melihat dan mengabaikan pertanyaannya. setelah chandra pergi nandini merasa bersalah dengan perkataannya . berbagai macam perasaannya kini bercampur aduk antara merasa bersalah dan bingung .Setelah lama berpikir nandini memutuskan untuk menemui chandra .
***balairung sidang ***
Ratu Nandini berlari mengikuti raja chandragupta , ia sangat buru - buru sehingga tidak sengaja menabrak pelayan yang tengah memoles lantai , akhirnya ia terpeleset dan terjatuh , kakinya terluka , dahinya berdarah .
KAMU SEDANG MEMBACA
queen almytra
Historical FictionRajkumari almytra malhotra putri dari dinasti malhotra. laksana bidadari di surga seakan sang pencipta ingin menunjukkan keagungannya lewat paras cantik sang putri . putri almytra memiliki wajah blasteran arab india , dimana wajah arabnya diturunka...