Mina dari tadi masih nata roti di piring besar biar gampang kalau mau ngambil. Chaeyeon sama Saerom nata es kolak dari Jihyo. Sedangkan Jihyo sudah pasti lagi jadi chef mendadak. Karena tidak perlu diragukan lagi, masakan Jihyo emang paling top.
"sorry telat, nih dari nyokap" ujar Jeka sambil naruh kresek yang ternyata isinya kurma.
"lah siapa yang naik haji?" tanya Bambam.
"punya kurma kan gak harus naik haji dulu geblek" sungut Mingyu.
"ya mana gue tau" jawab Bambam santai.
Jihyo udah selesai masak, dan dengan kurang ajarnya sekarang Jaehyun sama Eunwoo lagi naruh masakan di piring sekalian bolak balik ke ruang tengah. Kalau makan di ruang makan June gak muat, jadi mereka milih pake ruang tengah aja sekalian lesehan biar lebih terasa feel bukber nya.
"wah gila adem banget gue lihat Jaehyun sama Eunwoo sebelahan gitu" ujar Roa santai.
"kalo gini lo adem gak?" tanya Mingyu sambil berdiri sebelahan sama June.
"kok tiba tiba panas ya" Roa ngomong sambil pura pura gak denger ucapan Mingyu.
Sekarang semua makanan sudah tertata rapi di tengah. Belum lagi kolak dan kurma yang berjajar. Semua anak juga udah duduk bentuk lingkaran. Cuma yang jadi masalah adalah sekarang masih setengah lima. Masih hampir satu jam lagi.
"kapan adzan sih?" tanya Yugyeom sambil senderan di pojok.
"ketauan gak pernah puasa lo" cibir Winwin sambil main hp.
"kayaknya iman gue semakin tebel deh, buktinya akhir akhir ini gue jadi sering rindu adzan maghrib" ujar Deka tanpa dosa.
"tampol nih" Eunha udah siap ngangkat tangan kanan sambil bawa centong nasi.
Akhirnya mereka semua ngobrol. Ngomongin apa aja udah pokoknya bisa buang waktu. Dan terbukti, itu semua berhasil. Jeka langsung berdiri di depan es kolak yang berjajar rapi. Senyumnya cerah banget.
"ayo antri, gue nomor satu tapi" ujar nya tanpa dosa.
Sehabis membatalkan puasa, Donghyuk ngajak semuanya buat sholat dulu. Jihyo dan anak lain yang memang puasa pun setuju.
"ah pencitraan doang lo" komentar Mingyu sewaktu lihat Chaeyeon gulung jeans nya biar bisa wudhu.
"paling kalo dirumah juga makan dulu baru sholat"
"gue pegang mau?" ancam Chaeyeon.
"eh jangan jangan chae, males bolak balik" ujar Mingyu sambil ketawa sok baik.
Semuanya sudah sholat berjmaah yang tertunya Donghyuk sebagai imam. Tapi yang namanya orang banyak, pasti ada aja kaum kaum ketinggalan. Kaya Jeka, June, Rose, Saerom dan Yuju. Dan sewaktu mereka udah sampai ke tempat sholat, Donghyuk dan kawan kawan sudah selesai. Mau nangis aja rasanya ini mana Jeka sama June gak ada yang meyakinkan gini.
"lo aja dah yang jadi imam"
"lah gue? Yakin?" tanya June.
"satu satunya harapan, si Jeka"
"gue cuma bisa An - Nas gapapa ya? Hehe" tawar Jeka dengan tanpa dosa.
Saerom kesel bukan main. Gimana ya meskipun Saerom sendiri ilmu agamanya masih sangat sedikit, tapi ya masa lo udah sma cuma bisa An - Nas???!
"yaudahlah sebahagia lo Jek" ujar Yuju final karena udah kelaparan.
Mereka beneran sholat. Beneran dah ini tuh udah lagi khusyu, terus Jeka lagi bener mode on. Mana June juga kayaknya sholat beneran. Tapi dengan kurang ajar nya Bambam teriak dari luar,
"Jek gue ngambil kurma yang di atas kulkas ya?"
Rose diem aja walaupun merasa terganggu. Tapi yang bikin kesel adalah Jeka justru balik badan dan bilang,
"Yoi"
Terus habis itu dia balik hadap depan lagi seperti semula.
"LAH ANJIR KAN GUE LAGI SHOLAT??!"
Mau nangis aja rasanya tuh sholat jamaah diimamin Jeka.
Maaf kalau ada typo 🙏