Laki-laki berkemeja hitam polos duduk di kursi milik temannya, sering kali ia menatap layar ponselnya yang sama sekali tidak menyala. Otaknya berputar, memikirkan kondisi istrinya yang hamil.
"Lu lebih baik pulang deh," saran Naeb yang memandang temannya sangat gelisah.
"Baiklah, gue pulang."
Laki-laki itu menjabat tangan teman sekantornya, ia melangkahkan kaki keluar dari rumah temannya. Pikirannya masih penuh dengan kebimbangan, tapi ia tak tau harus bagaimana.
Badannya memasuki mobil miliknya, tangannya meraih setir di depannya. Ia membelokan kunci di bawahnya, matanya menatap jarum panah kecepatan jalan mobil. Kaki kanannya menekan benda datar di bawah sepatunya, sedangkan matanya menatap kaca mobilnya.
Ia mengecek telepon genggamnya, menatap sekilas tapi beberapa kali. Ia mengharap ada orang yang menelfonnya untuk segera pulang, namun nihil.
Kini mobil telah beherti di teras rumah, matanya menatap pintu rumah yang terbuka. Tangannya mendorong pintu mobilnya, segera ia berlari kedalam rumah.
Pemandangan yang tidak mengenakan bagi Firman, semua hancur lebur karena ulahnya kemarin, ia menangkap seorang Wanita dengan baju dasternya. Wanita itu tergelempang lemah, kondisinya seakan sedang berada di ambang kritis.
Kedua tangannya mengangkat tubuh wanita yang tengah hamil itu, ia berlari kecil menuju mobilnya. Wanita itu mampu membuat Firman merasakan kesalahan yang amat terdalam, tubuh gadis itu tergeletak di kursi belakang mobilnya. Ia menduduki kursi supir, lalu membanting setir mobilnya dengan laju yang cepat.
Ia menghentikan mobilnya di rumah sakit, ia keluar dari mobil, lalu menarik pintu belakang dan mengangkat badan istrinya menuju ke rumah sakit.
Para suster menghampirinya dengan membawa tempat tidur pasien, laki-laki itu menaruh badan kecil milik istrinya dengan pelan.
"Bapak, tunggu sini ya," pinta suster itu sambari menghentikan langkah Firman.
Dokter itu melakukan tugasnya, dibantu oleh dua suster. Mata Firman menatap lemah pada objek didepannya, kesalahan itu terdapat pada dirinya.
"Silahkan masuk, Pak," ucap dokter itu, lalu melenggang keluar bersama susternya.
Kakinya memasuki ruang rawat istrinya, butir bening terjatuh di bola mata milik Firman. Istrinya kini berbaring lemas, selang medis menempel di tubuh Hanum.
Tangannya meraih jemari milik istrinya, "Sayang, bangun ya."
Air matanya lolos begitu saja, berulang kali ia mencium punggung tangan Hanum. Rasa bersalahnya begitu besar, jika saja bisa dirubah, mungkin saja ini tidak akan pernah terjadi.
"Aku dimana?" tanya Hanum dengan begitu pelan, ia menatap seluruh isi ruangan.
"Sayang, kamu sudah sadar?" Firman berdiri, tangannya merambat mulus di pipi istrinya, "Maafkan aku."
"Ada apa?"
"Aku egois, aku tidak memikirkanmu sama sekali."
Hanum tersenyum hangat, "Kamu darimana saja? Aku membutuhkanmu."
Air mata Firman kembali lolos di manik matanya, ia menggelamkan wajahnya di samping istrinya.
"Kenapa, Sayang? Kenapa menangis?" lirih Hanum, tangannya mendarat di atas kepala suaminya. Tatapan lembut terlontarkan pada Firman, ia tau apa yang dirasakan lelakinya.
"Kenapa gak bilang, dia sudah beristri?"
Firman menggeleng, ia tidak menyatakan apapun dengan pertanyaan ini. Baginya, ini jawaban yang begitu sulit untuk di utarakan.
Firman mengangkat kepalanya, "Aku tinggal keluar dulu ya."
Hanum mengangguk pelan disertai senyuman diwajahnya, laki-laki itu melenggang pergi keluar dari ruangan itu.
Hanum mengembuskan nafas dengan pelan, benda medis menempel begitu banyak di tubuhnya, "Bagas bukan milikku lagi, bukan hakku untuk mencampuri urusannya."
Hanum memiringkan badannya di atas ranjang, tangan kirinya terapit antara kepala dan bantal. Pikirannya begitu goncang, matanya begitu kosong.
"Hanum," panggil seseorang di belakang Hanum, ia berbalik badan menatap pemilik suara itu.
"Firman," ia melentangkan tubuhnya, "aku kira siapa, ternyata kamu."
Firman tersenyum manis, tangannya membawa sebungkus nasi untuk istrinya. Tidak tunggu lama, Firman membuka bungkus nasi lalu menyuapkan pada Hanum.
"Apakah, di rumah sakit ini tidak ada makanan?" tanya Hanum, matanya begitu polos.
"Aku rasa, kamu akan bosan makan yang disajikan rumah sakit ini."
Hanum membuka mulutnya lebar-lebar untuk suapan ke-lima, rasa bahagia tersirat di wajah laki-laki itu. Mata Firman menatap lembut istrinya, butir bening keluar dari manik indah milik Firman.
"Kenapa menangis, Sayang?" Tangan Hanum mendarat di bulatan pipi milik suaminya.
Firman menggeleng, "Tidak, hanya saja aku merasa bersalah."
"Jangan merasa salah, aku sekarang tidak apa-apa."
Firman tersenyum manis, menatap istrinya dengan wajah tenangnya. Sejak dulu, Hanum sebagai penenang kesedihan Firman. Laki-laki itu menatap manik istrinya dengan penuh arti, rasa kesalahannya belum pudar dibenaknya.
Firman mengambil sesendok nasi, "Kata dokter, kamu harus dirawat disini dulu," sendok berisikan nasi itu menjulur tepat di mulut Hanum, "Sampai melahirkan nanti."
"Apa!?" Mata Hanum terbelalak begitu saja, padahal dirinya merasa hanya sakit yang ringan.
Firman tertawa kecil, "Kenapa harus kaget? Bukankah itu akan mempermudah proses melahirkan mu."
Hanum menggeleng cepat, "Dengar, aku tidak masalah jika harus melahirkan disini. Tapi, aku hanya sakit ringan kenapa harus dirawat sampai aku melahirkan?"
"Kamu masih stres, badanmu juga belum sepenuhnya pulih."
Hanum mendengar penjelasan dari suaminya hanya menaikan satu sudut bibirnya, ia tidak percaya jika ia harus dirawat dengan begitu lama.
"Nak." Suara menua mengisi ruang rawat milik Hanum, beliau tersenyum malu menatap anak dan menantunya semakin lengket.
Pasangan suami-istri itu tersenyum, Hanum menatap lekat wanita paruh baya yang masuk dalam ruangannya.
"Ma, sejak kapan datang ke sini?" tanya Hanum, matanya masih saja melekat pada wajah milik ibunya.
"Firman yang menjemputku, bagaimana keadaanmu?" Kaki beliau melangkah dengan lembut, kedua tangannya sudah siap untuk memeluk anak semata wayangnya.
"Baik saja, Ma. Anakmu satu ini kuat," ujar Hanum, kedua tangannya memeluk tubuh milik ibunya.
Firman menatap kejadian romance didepannya membuat laki-laki itu tersenyum hangat.
.
.
.
.Maaf keterlambatannya, soalnya kerja. Mata belum bisa melek, pikiran belum bisa muter.
Maaf ya💖Salam penulis
KAMU SEDANG MEMBACA
Kaulah Imamku [SUDAH TERBIT]
Romance#1 Ijab qobul (25 Juni 2019) #1 wattys2019 ( 19 Desember 2019) Gaun cantik menempel di tubuh gadis itu, ijab qobul akan segera di mulai. Hatinya begitu gelisah, calon suaminya tak kunjung datang untuk mengujarkannya. Sah! Ini bukan suatu kebahagian...